Minggu, 28 Oktober 2012

soalmen 2



1.      Definisi singkat komunikasi adalah
a.       Penerimaan pesan
b.      Penyampaian pesan
c.       Penyampaian dan pemahanam suatu maksud
d.      Tidak ada penyampaian dan pemahaman maksud
2.      Dalam komunikasi yang dikirimkan oleh pengirim ke penerima adalah
a.       Saluran
b.      Pesan
c.       Kegaduhan
d.      Encode
3.      Mengubah pesan menjadi simbol
a.       Decoding
b.      Media
c.       Komunikasi
d.      Encoding
4.      Decoding
a.      Menerjemah ulang pesan pengirim
b.      Mengubah pesan menjadi simbol
c.       Media yang dilalui pesan
d.      Maksud yang disampaikan
5.      Yang bukan merupakan unsur proses komunikasi adalah
a.       Umpan balik
b.      Saluran
c.       Encoding
d.      Suara
6.      Individu yang kepadanya pesan itu ditujukan
a.       Pengirim
b.      Penerima
c.       Sumber
d.      Perantara
7.      Segala gangguan yang terjadi pada penyampaian, penerimaan atau umpan balik pesan
a.      Kegaduhan
b.      Decoding
c.       Encoding
d.      Kerusakan
8.      Kondisi yang tidak mempengaruhi keefektifan pesan yang diendode
a.       Keahlian
b.      Sikap
c.       Lingkungan
d.      Sistem Sosial Budaya
9.      Saluran
a.       Menerjemah ulang pesan yang dikirim
b.      Gangguan yang terjadi pada penyampaian, penerimaan ataupun umpan balik
c.       Media yang dilalui pesan
d.      Maksud yang akan disampaikan
10.  Komunikasi antar personal
a.       Komunikasi Organisasi
b.      Komunikasi antara dua orang atau lebih
c.       Komunikasi berpola
d.      Komunikasi di dalam suatu organisasi
11.  Manipulasi (pengubah-ubahan) informasi yang disengaja sehingga membuat informasi tersebut tampak lebih menyenangkan bagi penerima disebut ...
a.      Penyaringan
b.      Komunikasi
c.       Intonasi
d.      Emosi
12.  Jenis komunikasi non-verbal yang sangat diketahui adalah ...
a.       Bahasa tubuh dan bahasa isyarat
b.      Bahasa tubuh dan intonasi verbal
c.       Intonasi verbal dan ekspresi wajah
d.      Bahasa tubuh dan intonasi verbal
13.   Komunikasi yang disampaikan tanpa kata-kata disebut ...
a.       Bahasa tubuh
b.      Intonasi verbal
c.       Komunikasi non-verbal
d.      Komunikasi verbal
14.  Ketika seseorang mengatakan kepada manajernya apa yang ingin didengar oleh manajernya, individu itu menyaring informasi. Hal ini adalah contoh dari ...
a.       Persepsi selektif
b.      Penyaringan
c.       Kebanjiran informasi
d.      Emosi
15.  Penekanan seseorang pada kata-kata atau kalimat yang menyampaikan maksud adalah bentuk dari...
a.      Intonasi verbal
b.      Intonasi non-verbal
c.       Bahasa tubuh
d.      Komunikasi verbal
16.  Gerak-gerik, ekspresi wajah, dan gerakan tubuh lainnya yang menyampaikan maksud adalah bentuk dari ...
a.      Bahasa tubuh
b.      Intonasi verbal
c.       Intonasi non-verbal
d.      Komunikasi berbal
17.  Sirine yang nyaring atau lampu merah di persimpangan jalan mengatakan sesuatu kepada para pengguna jalan tanpa kata-kata. Hal ini adalah contoh dari ...
a.      Komunikasi non-verbal
b.      Komunikasi verbal
c.       Persepsi selektif
d.      Perilaku detensif
18.  Ketika seorang dosen mengajar di kelas, ia tidak perlu kata-kata yang memberi tahu dia bahwa para mahasiswa bosan ketika mereka menatap atau mereka mulai membaca sebuah koran universitas. Tindakan ini adalah bentuk dari komunikasi ....
a.       Verbal
b.      Non-verbal
c.       Langsung
d.      Tidak langsung
19.  Di bawah ini yang termasuk contoh ekspresi wajah, kecuali ...
a.       Marah
b.      Kecewa
c.       Khawatir
d.      Berteriak
20.  Yang termasuk pertanyaan para manajer untuk membantu para karyawan mengevaluasi berbagai metode komunikasi, kecuali...
a.       Berapa besar biaya untuk menggunakan metode itu?
b.      Apakah metode itu mempunyai jumlah formalitas yang diperlukan?
c.       Seberapa baik merode itu menyampaikan kehangatan antar personal?
d.      Berapa orang karyawan yang dibutuhkan dalam metode itu? 
21.  Yang termasuk variabel yang mempengaruhi bahasa yang digunakan seseorang adalah, kecuali ...
a.       Umur
b.      Pendidikan
c.       Jenis kelamin
d.      Latar belakang
22.  Terminologi khusus atau bahasa teknis yang digunakan oleh para anggota kelompok untuk berkomunikasi diantara mereka sendiri adalah ...
a.      Jargon
b.      Budaya
c.       Emosi
d.      Bahasa
23.  Masalah yang terdapat dalam berkomunikasi secara langsung adalah ...
a.       Bahasa yang baik
b.      Interaksi yang terjadi
c.       Kesalahpahaman
d.      Informasi yang jelas
24.  Menyimak saat seseorang berbicara bertujuan untuk ...
a.       Membuat penilaian dini
b.      Mendapatkan maksud yang lengkap
c.       Membuat penafsiran sementara
d.      Mendapatkan ketidakpastiaan
25.  Komunikasi tidak efektif terjadi jika pesan ...
a.       Diterima
b.      Dipahami
c.       Disimak
d.      Diacuhkan
26.  Bahasa yang ditujukan kepada penerima pesan harus ...
a.       Bertele-tele
b.      Jelas
c.       Rumit
d.      Berlebihan
27.  Berikut ini yang bukan merupakan penghalang keefektifan komunikasi adalah
a.       Penyaringan
b.      Bahasa yang jelas
c.       Emosi
d.      Perilaku defensif
28.  Keadaan yang terjadi ketika individu menerima informasi tidak lebih banyak dari yang dapat mereka gunakan adalah ...
a.      Mengingatnya
b.      Membuangnya
c.       Mengabaikannya
d.      Melewatkannya
29.  Berikut ini yang bukan merupakan kemajuan informasi yang dapat membantu jalannya komunikasi adalah ...
a.       E-mail
b.      Rapat
c.       Telepon
d.      Telepati
30.  Ketika seseorang merasa terancam, mereka cenderung menjadi defensif. Contoh dari perilaku defensif adalah ...
a.      Memberikan jawaban yang kasar
b.      Diam
c.       Mendukung pendapat seseorang
d.      Bercanda gurau
31.  Aspek penting komunikasi organisasi antara lain, kecuali…
                  a. komunikasi formal
                  b. komunikasi informal
                  c. pola arus komunikasi
                  d. jaringan teknologi formal
      32. Deskripsi dari komunikasi informal adalah…
                  a. komunikasi yang mengalir ke bawah dari manajer ke para karyawan
                  b. komunikasi yang mengalir ke atas dari karyawan ke menejer
                  c. komunikasi yang tidak didefinisikan oleh hierarki struktur organisasi
d. komunikasi yang terjadi dalam rancangan kerja organisasi yang telah ditentukan sebelumnya.
      33. Arah arus komunikasi dapat digolongkan menjadi empat, kecuali…
                  a. komunikasi melingkar
                  b. komunikasi lateral
                  c. komunikasi diagonal
                  d. komunikasi ke bawah
34. Dalam lingkungan sekarang yang kacau dan cepat berubah, komunikasi …. Sering diperlukan untuk menghemat waktu dan memudahkan koordinasi.
a. ke bawah
                  b. ke atas
                  c. diagonal
                  d. horizontal
      35. Peningkatan penggunaan email di kehidupan sekarang memudahkan komunikasi ….
      a. diagonal
      b. horizontal
      c. melingkar
      d. ke atas
36. Dalam jaringan komunikasi organisasi terdapat jenis jaringan komunikasi, antara lain, kecuali…
      a. jaringan rantai
      b. jaringan roda
      d. jaringan tali
      e. jaringan semua saluran
37. Terdapat empat kriteria dalam meringkaskan keefektifan berbagai jaringan yaitu, kecuali …
      a. kecepatan
      b. akurasi
      c. pentingnya kepuasan anggota
      d. kemungkinan munculnya pengikut
38. Jaringan komunikasi adalah penggabungan dari arus komunikasi …
      a. vertical dan horizontal
      b. vertical dan melingkar
      c. horizontal dan melingkar
      d. diagonal dan melingkar
39. Hal yang termasuk dalam penyimak aktif dalam komunikasi organisasi adalah, kecuali ….
      a. ajukan pertanyaan
      b. uraikan dengan kata – kata sendiri
      c. berbicara berlebihan
      d. lakukan kontak mata
40. Luasnya komunikasi ke atas tergantung pada …
            a. peraturan
      b. ketentuan
      c. syarat
      d. budaya organisasi
41.  Sistem komunikasi yang memberi kesempatan sekelompok orang untuk berpikir secara simultan dengan menggunakan telepon atau software komunikasi e-mail adalah
a.       voice mail                                              c.  teleconferencing
b.      chating                                                   d.  Instant messaging (IM)
42.  Konferensi komunikasi yang simultan dimana peserta dapat melihat satu sama lain, yaitu.....
a.       Faks                                                       c.  teleconferencing
b.      voice mail                                              d. videoconferencing
43.  Berikut ini yang bukan termasuk  aplikasi sistem jaringan dibidang komunikasi adalah
a.       radio                                                     c.  intranets
b.      instan messaging                                   d.  e-mail
44.  Berikut ini adalah pengaruh teknologi di bidang komunikasi, kecuali.....
a.       cepat                                                      c.  mudah           
b.      sulit                                                       d.  murah
45.  Sistem yang mendigitalkan pesan lisan, mengirimkannya melalui jaringan, dan menyimpan pesan itu ke dalam disket sehingga sehingga penerima dapat membuka pesan itu kemudian adalah.....
a.       voice mail                                              c.  eleqtronik data interchange
b.      kaset                                                      d.  e-mail
46.  Dalam komunikasi nirkabel,  sinyal dikirim melalui.....
a.       kabel                                                      c.  udara
b.      tanah                                                      d.  pesan digital
47.  Jaringan komunikasi organisasi yang menggunakan teknologi internet dan dapat diakses hanya oleh para karyawan adalah.....
a.       externet                                                 c. officenet
b.      intranet                                                 d. cybernet
48.  Dalam komunikasi dan pertukaran informasi masalah utama yang sering menjadi kendala sebelum adanya teknologi informasi pertama kali, yaitu....
a.       waktu dan geografi                             c. waktu dan biaya
b.      geografi dan bahasa                              d. cuaca dan biaya
49.  Potensi yang dapat ditingkatkan dengan penggunaan teknologi informasi dalam komunikasi organisasi adalah.....
a.       soft skill anggota                                   c. etika dalam berorganisasi
b.      efisiensi dan keefektifan organisasi   d. perekrutan anggota baru
50.  Cara organisasi untuk bertukar dokumen transaksi bisnis standar. Seperti faktur atau pesanan pembelian, dengan menggunakan jaringan komputer ke komputer secara langsung adalah.....
a.       electronic data interchange                 c.  nirkabel
b.      intranet                                                  d. extranet  


1.    Sebelum abad 20, tujuan spesialisasi kerja adalah
A.  Peningkatan Produktivitas yang tidak akan pernah berakhir
B.  Pemborosan kerja
C.  Memudahkan system komando
D.  Pemborosan biaya

2.    kerangka kerja formal organsasi yang membagi , mengelompokan dan mengkoordinasikan tugas suatu pekerjaan di sebut
A.  struktur organisasi
B.  proses organisasi
C.  desain oraganisasi
D.  fleksibilitas organisasi

3.    semakin tinggi spesialisai, maka pekerjaan akan semakin
A.  baik
B.  menurun setelah melampaui titik jenuh
C.  biasa saja
D.  tidak tentu

4.    Tingkat dimana tugas dalam organisasi dibagi menjadi pekerjaan yang berbeda di sebut juga
A.  Divisi kerja
B.  Bagi bagi kerja
C.  Penyederhanaan kerja
D.  Pembagian kerja

5.    Untuk melukiskan sejauh mana tugas-tugas di organisasi itu di  bagi bagi menjadi sebuah pekerjaan tersendiri di sebut dengan istilah
A.    Spesialisasi kerja
B.     Kemampuan individu
C.     Tidak ada istilah pasti
D.    departementalisasi

6.    pengelompokan spesialisasi kerja di sebut
A.  departementalisasi
B.  pengelompokan kantor bagian
C.  grup kerja
D.  jawaban a,b, dan c benar

7.    mengelompokan pekerjaan berdasarkan lini produk disebut
A.  departementalisasi produk
B.  departementalisasi fungsional
C.  departementalisasi geografis
D.  departementalisasi proses

8.    mengelompokan pekerjaan berdasarkan wilayah atau geografi
A.  departementalisasi produk
B.  departementalisasi fungsional
C.  departementalisasi geografis
D.  departementalisasi proses
E.    
9.    mengelompokan pekerjaan berdasarkan arus pemrosesan alami produk atau bahan pelanggan
A.  departementalisasi produk
B.  departementalisasi fungsional
C.  departementalisasi geografis
D.  departementalisasi proses

10.              mengelompokan pekerjaan berdasarkan kelompok pelanggan yang mempunyai kebutuhan atau masalah bersaing
A.  departementalisasi produk
B.  departementalisasi fungsional
C.  departementalisasi geografis
D.  departementalisasi pelanggan



Keputusan Desain Organisasi
Hal 291-294
Kelompok 8
Tri Utami Ningsih / A34100047
1.        Dibawah ini mana yang menunjukan tujuan pengorganisasian lebih tersentralisasi...
a.    Lingkungannya stabil
b.    Lingkungannya rumit, tidak pasti
c.    Keputusannya relatif kurang penting
d.   Perusahaan secara geografis terpencar

2.         Tujuan pengorganisasin terdesentralisasi yaitu, kecuali...
a.    Para manajer tingkatan rendah mampu dan berpengalaman dalam mengambil keputusan
b.    Para manajer tingkatan rendah menghendaki suara dalam keputusan
c.    Keputusanya relatif tidak penting
d.   Organisasi menghadapi krsis atau risiko kegagaln perusahaan

3.        Meningkatkan pemberian wewenang pengambilan keputusan yang baik oleh karyawan adalah...
a.    Pemberdaayaan karyawan
b.    Formalisasi
c.    Organisasi organis
d.   Organisasi mekanistis

4.        Tingkat dimana pekerjaan dalam organisasi itu terstandarisasi dan sejauh mana perilaku karyawan dibimbingoleh peraturan dan prosedur adalah...
a.    Pemberdaayaan karyawan
b.   Formalisasi
c.    Organisasi organis
d.   Organisasi mekanistis

5.        Desin organisasi yang dikendalikan secara kaku dan ketat adalah...
a.    Pemberdaayaan karyawan
b.    Formalisasi
c.    Organisasi organis
d.   Organisasi mekanistis

6.        Desain organisasi yang sangat fleksibel dan mudah diubah adalah...
a.    Pemberdaayaan karyawan
b.    Formalisasi
c.    Organisasi organis
d.   Organisasi mekanistis

7.        Di bawah ini merupakan ciri-ciri organisasi mekanistis, kecuali...
a.    Spesialisasi tinggi
b.    Departementalisasi kaku
c.    Rantai komando jelas
d.   Formalisasi rendah

8.        Yang bukan  merupakan fokus kerangka kerja strategi dibawah ini adalah...
a.    Inovasi yang mencerminkan usaha organisasi untuk mengejar inovsi yang berarti dn unik
b.    Minimalisasi biaya, yang mencerminkan usaha organisasi untuk melakukan pengendalian biaya secara ketat
c.    Imitasi, yang mencerminkan usaha organisasi untuk meminimalkan risiko dan memaksimalkan peluang laba dengan meniru para pemimpin pasar.
d.   Efektivitas pelaksanaan strategi perusahaan tergantung pada keterlibatn dan fleksibilitas para manajer dalam mengambil keputusan

9.        Di bawah ini merupakan ciri-ciri organisasi organis...
a.    Spesialisasi tinggi
b.    Departementalisasi kaku
c.    Rantai komando jelas
d.   Formalisasi rendah

10.    Menurut ilmuwan Inggris, Joan Woodward membagi perusahaan berdasarkan kategori ukuran produksi. Dibawah ini yang termasuk dalam kategori tersebut yaitu, kecuali...
a.    Produksi unit
b.    Produksi massal
c.    Produksi proses
d.   Produksi pasar

Desain Organisasi yang Umum
halaman 295-298
Kelompok 8
Yosi Febrianti Bangun / A34100005
1.Dibawah ini merupakan  struktur desain organisasi tradisional,kecuali....
a.    Struktur sederhana
b.    Struktur fungsional
c.    Struktur distribusional
d.   Struktur divisional

2.Desain  organisasi yang mengelompokan spesialisasi pekerjaan yang terkait kedalam  satu kelompok.Merupakan definisi dari  struktur....
a.    Struktur sederhana
b.   Struktur fungsional
c.    Struktur distribusional
d.   Struktur divisional

3.Manakah yang merupakan  kekuatan dari struktur sederhana,kecuali....
a.    Hemat biaya
b.   Fokus pada hasil
c.    Cepat
d.   flexibel
4.Manakah pernyataan dibawah ini  yang benar .....
Struktur  organisasi yang keseluruhan anggotanya  tersusun oleh sejumlah kelompok kerja atau tim merupakan srtuktur proyek matrik.
a.    Desain yang luwes dan lancar yang dapat menanggapi perubahan lingkungan merupakan keuntungan dari struktur berbasis tim.
b.   Struktur berbasis tim kurang efektif  karena tidak adanya rantai komando yang jelas.
c.    Struktur tanpa batas merupakan struktur yang paling ideal dalam desain organisasi kontemporer.
d.   semua benar
5. Dibawah ini merupakan  struktur desain organisasi kontemporer yang benar adalah.....
a.    Struktur tanpa batas
b.    Struktur organisasi manual
c.    Srruktur fungsional
d.   Struktur proyek
6. Manakah pernyataan dibawah ini  yang benar .....
a.    Struktur yang paling ideal dalam desain organisasi tradisional adalah struktur sederhana.
b.   Struktur divisional adalah struktur adalah struktur organisasi yang terdiri dari unit  atau devisi yang terpisah atau semi otonom.
c.    Desain organisasi tradisional memiliki lima struktur
d.   semua salah

7.Setiap struktur  masing-masing memiliki kelemahan,manakah dibawah ini yang merupakan  kelemahan dari struktur divisional....
a.    Tidak fokus pada hasil
b.    Tidak bertanggung jawab terhadap jasa mereka
c.    Tidak flexibel
d.   Kurang efisien dalam biaya  

8.Manakah yang merupakan  keuntungan dari struktur tanpa batas,kecuali...
a.    Flexibel
b.    Responsif
c.    Menarik bakat
d.   Desain yang luwes

9. Efek dari lingkungan yang dinamis terhadap struktur organisasi adalah...
a.    Percepatan inovasi produk sehingga meningkatkan permintaan
b.    Stuktur organisasi  akan  lebih flexibilitas
c.    Biaya pemasaran lebih murah
d.   Mengurangi hambatan dibidang-bidang fungsional

10.  Manakah pernyataan dibawah ini  yang benar .....
a.    Struktur tanpa batas tidak memiliki kerugian
b.    . Struktur divisional adalah struktur adalah struktur organisasi yang terdiri dari unit  atau devisi yang terpisah atau semi otonom.
c.    Struktur  organisasi yang keseluruhan anggotanya  tersusun oleh sejumlah kelompok  kerja atau tim merupakan srtuktur proyek matrik.
d.      Desain organisasi kontemporer memiliki empat struktur.


Struktur dan Desain Organisasi
Hal 299-303
Kelompok 8
Gita Sri Lesatari / A34100050

1.      Apa yang dimaksud dengan struktur matrik.....
a.    struktur organisasi dimana karyawan secara berkelanjutan bekerja pada suatu proyek
b.   Struktur organisasi yang menugaskan para spesialis dari departemen fungsional yang berbeda-beda untuk bekerja pada suatu proyek atau lebih
c.    Pusat organisasi kecil yang menyerahkan fungsi bisnis utamanya pada pihak luar
d.   Organisasi yang telah mengembangkan kemampuan untuk terus menerus beradaptasi dan berubah.

2.      Struktur organisasi yang dapat digunakan untuk meminimalkan batas-batas eksternal...
a.    Struktur organisasi virtual
b.    Struktur organisasi jaringan
c.    Struktur jaringan modular
d.   Semua benar

3.    StrawberryFrog suatu agen periklanan internasional di Amsterdam.Staf administratif dalam jumlah kecil dalam jumlah kecil mengakses suatu jaringan  terdiri dari sekitar 50 orang di seluruh dunia untuk menyelesaiksn proyek periklanan.Dengan mengandalkan penjelajah web diseluruh dunia,perusahaan menikmati suatu jaringan bakat tanpa biaya berlebih yang tidak diperlukan dan kerumitan struktural.Contoh diatas termasuk struktur organisasi....
a.    Struktur organisasi virtual
b.    Struktur organisasi jaringan
c.    Struktur jaringan modular
d.   struktur organisasi pembelajar

4.        Cisco tadinya adalah perusahaan riset dan pengembangan yang menggunakan pemasok dari luar dan produsen independen  untuk merakit Router Internet yang dirancang  oleh para perakitnya.Contoh diatas termasuk struktur  organisasi.....
a.    Struktur organisasi jaringan
b.    Struktur organisasi modular
c.    Struktur organisasi virtual
d.   Struktur organisasi pembelajar

5.        Ciri-Ciri penting organisasi pembelajara berkisar seputar....
a.    desain organisasi
b.    kegiatan berbagi informasi
c.    kepemimpinan
d.   semua benar  


6.        Terbuka,tepat waktu,dan akurat  termasuk bagian ciri-ciri
a.    kepemimpinan
b.   budaya organisasi
c.    kegiatan berbagi informasi
d.   desain organisasi

7.        Mempelancar terbentuknua visi bersama mengenai masa depan organisasi itu dan kemudian mempertahankan agar para anggota organisasi bekerja untuk mengikuti visi tersebut,merupakan peran penting dari...
a.    kegiatan berbagi informasi
b.    desain organisasi
c.    kepemimpinan
d.   organisasi pembelar

8.        Apa yang dimaksud dengan budaya organisasi....
a.    desain organisasi dengan departemenisasi rendah,rentang kendali luas,wewenang terpusat dan formalitas rendah
b.    struktur organisasi yang terdiri atas unit atau divisi yang terpisah atau semi otonom
c.    desain organisasi yang dikendalikan secara kaku dan ketat
d.   setiap orang menyetujui visi bersama dan setiap orang menyadari kaitan yang melekat diantara berbagai proses,kegiatan ,fungsi, dan lingkunga  eksternal organisasi.

9.      Organisasi moduler adalah....
a.    organisasi produksi yang menggunakan pemasok dari luar untuk menyediakan komponen produk atau modul yang kemudian dirakit menjadi produk jadi.
b.    organisasi yang telah mengembangkan kemampuan untuk terus menerus beradaptasi dan berubah.
c.    struktur organisasi dimana karyawan secara berkelanjutan bekerja pada suatu proyek
d.   struktur organisasi yang mengelompokkan spesialisasi pekerjaan yang serupa atau terkait dalam suatu kelompok.
10.  Berikut yang termasuk desain organisasi kontemporer...
a.    truktur sederhana
b.    struktur fungsional
c.    struktur divisional
d.   struktur matriks dan struktur proyek

1.      Manajer adalah anggota organisasi yang menyuruh orang lain melakukan sesuatu dan memberi tahu cara melakukannya.
2.      Manajer adalah seseorang yang bekerja dengan dan melalui orang lain dengan mengoordinasikan kegiatan-kegiatan pekerjaan mereka guna mencapai sasaran organisasi tersebut.
3.      Pada organisasi yang berstruktur tradisional (biasanya digambarkan dalam bentuk piramida, dimana jumlah karyawan lebih besar di bagian bawah daripada puncak).
4.      Manajer puncak merupakan manajer di dekat tingkatan puncak organisasi yang bertanggung jawab membuat keputusan yang berlingkup keseluruhan organisasi dan menyusun sasaran serta rencana yang memengaruhi organisasi secara keseluruhan.
5.      Manajer pada lini pertama merupakan manajemen tingkatan paling rendah dalam organisasi yang mengelola pekerjaan karyawan non-manajerial yang terlibat dalam produksi atau penciptaan produk oraganisasi.
6.      Manajer menengah merupakan manajer manajer di antara tingkatan lini pertama dan tingkatan puncak organisasi yang mengelola pekerjaan pada lini pertama.
7.      Manajer lini pertama mengelola pekerjaan karyawan non-manajerial terlibat dalam produksi.
8.      Dalam tingkatan keorganisasian manajer puncak menempati tingkatan tertinggi.
9.      Dalam tingkatan keorganisasian terdapat manajer puncak, manajer menengah, manajer lini pertama, dan karyawan non-manajerial yang terletak pada bagian paling bawah tingkatan keorganisasian.
10.  Tingkatan keorganisasian yang berbentuk piramida dimana jumlah karyawan lebih besar di bagian bawah daripada puncak.
Arlina
1.      Seseorang yang melakukan koordinasi dan pengawasan terhadap pekerjaan orang lain demi mencapai sasaran-sasaran organisasi disebut... (manajer)
2.      Melakukan pekerjaan secara tepat sasaran, atau menghasilkan output sebanyak mungkin dari input sesedikit mungkin merupakan... (efisiensi)
3.      Aktivitas kerja yang melibatkan koordinasi dan pengawasan terhadap pekerjaan orang lain, sehingga pekerjaan tersebut dapat diselesaikan secara efisien dan efektif disebut ...(manajemen)
4.      Melakukan pekerjaan-pekerjaan yang tepat, atau menyelesaikan aktivitas –aktivitas yang secara langsung mendorong tercapainya sasaran-sasaran organisasi merupakan... (efektivitas)
5.      Salah satu fungsi manajemen adalah mendefinisikan sasaran-sasaran, menetapkan strategi, dan mengembangkan rencana kerja untuk mengelola aktivitas-aktivitas yang disebut dengan fungsi ... (perencanaan)
6.      Menentukan apa yang harus diselesaikan , bagaimana caranya , dan siapa yang akan mengerjakannya, merupakan fungsi manajemen sebagai ... (fungsi penataan)
7.      Memotivasi , memimpin, dan tindakan –tindakan lainnya yang melibatkan interaksi dengan orang-orang lain merupakan fungsi manajemen sebagai ... (fungsi kepemimpinan)
8.      Mengawasi aktivitas-aktivitas demi memastikan segala sesuatunya terselesaikan sesuai rencana merupakan fungsi manajemen sebagai ... (fungsi pengendalian)
9.      Para manajer yang menduduki posisi diantara jenjang teratas organisasi yang mengelola pekerjaan para manajer lini pertama disebut... (middle manager)
10.  Para manajer dijenjang terbawah manajemen yang mengelola pekerjaan para karyawan non-manajerial dan biasanya terlibat secara langsung atau tak langsung didalam aktivitas memproduksi barang-barang atau jasa untuk para pelanggan organisasi disebut... (first-line manager)
Rois
1.      Sebutan lima fungsi manajer menurut Henry Fayol!
Jawab  : merancang, mengorganisasi, memerintah, mengoordinasi, dan mengendalian
2.      Sebutan empat fungsi dasar manajemen!
Jawab  : merencanakan, mengorganisasi, memimpin dan mengendalikan.
3.      Fungsi organisasi ada untuk mencapai......tertentu.
Jawab  : Tujuan
4.      Para manajer bertanggung jawab merancang pekerjaan guna mencapai sasaran organisasi. Fungsi tersebut disebut.......
Jawab  : Pengorganisasian
5.      Fungsi yang mencakup  proses perumusan sasaran, membangun strategi guna mencapai sasaran tersebut dan mengembangkan rencana adalah fungsi....?
Jawab  : Perencanaan
6.      Setiap orang mencakup oran-orang dan tugas manajemen adalah bekerja dengan dan melalui orang lain guna mencapai sasaran organisasi tersebut, merupakan fungsi dari....?
Jawab  : kepemimpinan
7.      Fungsi manajemen yang mencakup memantau kinerja aktual, membandingkan aktual dengan standar, membuat koneksi bila perlu merupakan fungsi dari?
Jawab : Pengendalian
8.      Peran yang mengacu pada katagori- atagori tertentu perilau manajerial adalah peran dari?
Jawab : Manajemen
9.      Peran manajerial yang melibatkan orang dan tugas yang lain yang bersifat seremonial dan simbiosis disebutperan ?
Jawab  : Peran antarpribadi
10.  Peran manajerial yang meliputi menerima, mengumpulkan, dan menyebarkan informasi disebut dengan peran?
Jawab  : Peran Informasional.
ADHILA ASRI YULIANI   A34100012     HAL 12-17
1.      Kemampuan berpikir dan konseptualisasi tentang situasi yang abstrak disebut ….(Keahlian Koseptual)
2.      Menurut Robert L. Katz manajer membutuhkan tiga keahlian kompetensi yang hakiki yaitu…(Keahlian Teknis, Keahlian tentang orang, Keahlian Koseptual)
3.      Menurut derajat kepentingan keahlian teknis dibutuhkan bagi ….. (manajemen tingkat bawah)
4.      Menurut  asosiasi manajemen Amerika keahlian penting bagi manager meliputi 4 aspek yaitu …..(keahlian koseptual, keahlian komunikasi, keahlian keefektifan, dan keahlian interpersonal)

5.      Keahlian manajerial yang di dalam nya terdapat poin jaringan di dalam dan di luar organisasi adalah …. ( Keahlian interpersonal)
6.      Dua perubahan yang akan berdampak besar pada pekerjaan manajer adalah ….. dan …. ( konsumen dan inovasi)
7.      Pemberian wewenang pada karyawan merupakan bentuk dari …. (perubahan teknologi/digitalisasi)
8.      Melakukan sesuatu yang berbeda, mempelajari wilayah baru, dan mengambil resiko disebut …. (inovasi)
9.      Contoh perusahaan di luar negeri yang meminta konsumen nya untuk menilai “kebutuhan dasar” dalam penerbangan adalah ….. (Qantas Airways)
10.  Keahlian manajerial yang memfokuskan pada konsumen adalah …. (keahlian keefektifan)
Lena Ayu Apriliani     A34100044     Halaman 18-22
1.      Pengaturan yang tersusun terhadap sejumlah orang untuk mencapai tujuan tertentu disebut… organisasi
2.      Salah satu contoh organisasi di lingkungan masyakat .. karang taruna
3.      Tiga syarat organisasi antara lain … tujuan, stuktur, dan orang
4.      Stabil, tidak fleksibel, berorientasi perintah dan peraturan merupakan ciri dari organisasi … tradisional
5.      Salah satu cirri organisasi modern antara lain … dinamis, fleksibel, focus paada keahlian, bekerja dimana saja dan kapan saja
6.      Hal-hal yang menyebabkan organisasi berubah antara lain … ekonomi, teknologi, dan lingkungan
7.      Beberapa tugas manajer anatara lain … merencanakan, mengorganisasi, memimpin, dan mengendalikan
8.      Aplikasi ilmu manajemen pada semua bidang organisasi disebut … keuniversalan manajemen
9.      Memotivasi pekerjaan dalam situasi yang kacau dan tak menentu merupakan … tantangan manajer
10.  Mendukung, melatih, dan membimbing yang lain merupakan .. tugas manajer

1.      Orang-orang yang bertanggung jawab memastikan tetap tersedianya bahan baku bagi       para pekerja disebut...................
Jawab : Paramajer
2.      Bentuk nyata dari Manajer masa lampau atau masa kuno adalah..................
Jawab: Bagunan piramida mesir
3.      Kota vanesia,Italia  Pada era 1400an merupakan pusat...............
Jawab: Perdagagaan dan perekonomian dibenua Eropa
4.      Pembagian tugas dan tanggung jawab kedalam bidang yang sempit dan khusus, serta dilakukan secara berulang-ulang merupakan pembagian kerja menurut......
Jawab : Adam Smith
5.      Pada Tahun 1776 Adam smith menerbitkan bukunya yang berjudul.........
Jawab: The wealth of nations
6.      Ada dua kejadian yang patut mendapat perhatian khusus dalam sejarah manajemen yaitu.........dan...........
Jawab : Pembagian kerja dan Revolusi industri
7.      Masa ketika tenaga mesin telah menggeser peran tenaga manusia disebut.............
Jawab: Revolusi industri
8.      Sebutkan empat pendekatan utama dalam ilmu manajemen territis................
Jawab : Klasik, kuantitatif, perilaku dan kontemporer
9.      Teori utama pendekatan klasik adalah......
Jawab : Manajemen ilmiah dan administrasi umum
10.  Sasaran utama pendekatan klasik adalah.............
Jawab : Pada rasionalitas dan berusaha menjadikan organisasi dan para pekerja berfungsi seefisien mungkin
11.  Bapak manajemen ilmiah adalah.....
Jawab : Frederick Winslow Tylor
12.  Sebuah pendekatan  manajemen yang menerapkam metode –metode ilmiah dalam rangka menemukan  suatu cara  terbaik untuk melakukan sebuah pekerjaan disebut dengan...............
Jawab: Manajemen ilmiah
13.  Pengikut taylor yang paling terkenal adalah...................
Jawab : Frank dan Lillian Gilbreth
14.  Eksprimen Frank yang terkenal adalah................
Jawab : Menyusun batu bata nya
15.  Teori yang lebih melakukan pendekatan dari sudut pandang organisasi secara keseluruhan disebut...............
Jawab : Teori administrasi umum
16.  Henri Fayol dan Max Weber merupakan dua orang yang paling berpengaruh dalam..........
Jawab : Perkembangan Terori administrasi umum.
17.  Sebutkan 5 fungsi yang harus dijalankam manajer menurut Fayol.................
Jawab : Perencanaan, penataan, penugasan, koordinasi dan pengendalian.
18.  Teori tentang otoritas dan hubungan-hubungan kewenangan  berdasarkan sebuah model organisasi ideal yang disebut  birokrasi, Teori ini dikemukakan oleh............
Jawab : Max Weber.
19.  sebuah bentuk organisasi yang bercirikan pembagian pekerjaan,sebuah hirarki kepemimpinanan yang jelas,arahan-arahan dan aturan-aturan yang lugas,serta hubungan antar anggota yang tidak bersifat pribadi disebut dengan................
Jawab : Birokrasi
20.  Sebutkan 3 dari 14 prinsip manajemen!
Jawab: 1. Pembagian kerja 2. Kewenangan 3. Disiplin

Samaja Purba_A34100008 : Bab 2. Halaman 40-43
1.      Manajemen mutu berfokus pada proses-proses kerja sebagai cara meningkatkan mutu barang dan jasa secara terus-menerus ialah..........
Berfokus Pada Proses.
2.      Manajemen mutu memamfaatkan teknik–teknik statistik untuk mengukur setiap variabel  kritis yang ada di dalam proses-proses kerja organisasi Disebut............
Pengukuran yang akurat
3.      Manajemen  mutu yang melibatkan orang di dalam proses perbaikan Disebut...........
Pemberdayaan Karyawan
4.      Penggunaan teknik–teknik kuantitatif untuk membantu proses pengambilan keputusan Disebut................
Pendekatan kuantitatif
5.      Bidang studi khusus yang mempelajari secara mendalam tindakan–tindakan (perilaku) yang bekerja di sebuah organisasi Disebut..............
Perilaku Organisasi
6.      Manajer yang melakukan penyusunan anggaran, penjadwalan, pengendalian mutu (quality control) dan pengambilan-pengambilan lain semacamnya yang mengandalkan bantuan tekik Disebut.................
Teknik Kuantitatif
7.      Sebuah “Pengkhianatan” terhadap pendekatan-pendekatan menajemen yang terdahulu yang terlalu berpengang teguh terhadap keyakinan bahwa menekan biaya adalah satu-satunya cara untuk meningkatkan produktivitas Disebut...................
TQM
8.      Penerapan teknik–teknik kuantitatif untuk memperbaiki proses pengambilan keputusan Disebut................
Sains Manajemen
9.      Model  kuantitas pemesanan ekonomis yang dapat membantu para manajer menentukan jumlah barang persedian  (inventory) yang optimal Disebut......................
Economic order quantity atau EQQ
10.  Pemanfaatan penelitian di bidang geometri ruang waktu perusahaan America West Airlines baru–baru ini merancang sebuah proses inovatis untuk menaikkan penumpaang ke dalam pesawat terbang yang disebut piramida terbalik. Bidang sains yang menelaah pengelolan antrian semacam ini Disebut............
Teori Antrian


shbatul Umami_A34100107 : Bab 2 Hlm. 44-47
1.      Organisasi merupakan sistem.........
[Terbuka]
2.      Berkomunikasi dg para karyawan dan mendorong mereka untuk mengerahkan usaha terbaik mereka merupakan.............seorang manager
[Tugas]
3.      Salah satu orang yg menyadari bahwa organisasi dapat dipandang dari prespektif perilaku individu dan kelompok orang mrupakan pendapat dari............
[Mary Parker Follettt]
4.      Serangkaian studi yang dilakukan di perusahaan Western Electric Company Works disebut.............
[Kajian-kajian Hawthorne]
5.      Studi tersebut bertempat di kota..............
[Cicero,Illions, A.S]
6.      Para insyinyur Western Electric meminta seorang profesor untuk bergabung di dalam proyrk kajian Hawthorne pada tahun.................
[1927]
7.      Kesisteman dan situasional merupakan pendekatan...............
[Kontemporer]
8.      Judul buku Chester Barnard adalah..................
[The Functions of an Executive]
9.      Sekumpulan bagian yang saling terkait dan saling bergantung antara satu dan lainnya di sebut..................
[Sistem]
10.  Bidang study khusus yang mempelajari secara mendalam perilaku orang yang bekerja di organisasi dikenal sebagai.............
[Perilaku Organisasi]
11.  Salah satu pendukung awal studi perilaku organisasi adalah..............
[Robert Own, Hugo Munsterberg, Mary Parker Follet, Chester Barnard]
12.  Tokoh yang menggagas bahwa sebuah tempat kerja yang ideal adalah...................
[Robert Owen]
13.  Seorang perintis di bidang psikologi industri tentang bagaimana orang bekerja adalah................
[Hugo Munsterberg]
14.  Penggagas yang pertama kali bahwa organisasi merupakan sistem terbuka adalah............
[Chester Barnard]
15.  Sistem yang tidak dipengaruhi dan tidak pula berinteraksi dg lingkungan sekitarnya disebut....................
[sistem tertutup]
16.  Sistem yang dipengaruhi dan berinteraksi dengan lingkungan yang tempatnya berbeda disebut......................
[sistem terbuka]
17.  Para peneliti ilmu managemen mulai mengalihkan perhatiannya ke hal-hal yang terjadi di luar batas2 organisasi pada tahun.................
[1960]
18.  Salah satu teori dasar di dalam ilmu fisika disebut...................
[Teori Sistem]
19.  Studi yang dijalnakan oleh kajian2 hawthorne dijalankan selama periode...................
[antara 192n hingga 193-n]
20.  Dua pendekatan managemen kontemporer adalah.......................
[Kesisteman dan situasional]


lischa_A34090048 : Bab 2 hlm. 47-49
1.      Ada 2 pendekatan manajemen kontemporer yaitu................dan...............yang merupakan bagian dari arus perubahan dalam manajerial.
Kesisteman dan situasional
2.      Terdapat pula 2 tipe dasar sistem yaitu.............dan...............
Sistem tertutup dan sistem terbuka
3.      Teori dasar ilmu fisika yang pada masa lampau belum pernah diterapkan di dalam organisasi-organisasi adalah..................
Teori sistem
4.      Ada sebuah pendekatan yang berpengaruh bagi manajer untuk mengatur sebuah organisasi, pendekatan ini disebut dengan..............
Pendekatan sistem
5.      Sekumpulan bagian yang saling terkait satu sama lain dengan saling bergantung antara satu sama lainnya, yang ditta sedemikian rupa hingga membentuk sebuah kesatuan yang utuh. Pengertian tersebut merupakan definisi dari.....................
Sistem
6.      Sistem yang tidak dipengaruhi dan tidak berinteraksi dengan lingkungannya disebut...............
Sistem tertutup
7.      Sedangkan sistem berinteraksi dengan lingkungannya disebut................
Sistem terbuka
8.      Organisasi juga dapat disebut dengan sebuah sistem yang termasuk pada............karena berinteraksi dengan lingkungannya
Sistem terbuka
9.      Organisasi bergantung pada lingkungannya untuk menyerap output yang dihasilkannya. Hal ini juga terkait dengan......................
Pendekatan sistem
10.  Dalam prinsip pembagian kerja (division of labor) ada sebuah pendekatan yang digunakan secara luas, namun pekerjaan menjadi lebih spesifik. Pendekatan ini disebut dengan...................
Pendekatan situasional
1.      Dalam budaya dan lingkungan terdapat 2 pandangan yaitu apa?
Jawab : Pandangan mumpuni dan pandangan simbolis
2.      Pada pandangan mumpuni para manager selaras dengan gambaran apa?
Jawab : stereotip
3.      Pada tahun 1958 Gore telah menerapkan metode kerja tim dengan susunan organisasi yang seperti apa?
Jawab : Felksibel dan Nonhierarkis
4.      Budaya organisasi telah diketengahkan sebagai apa?
Jawab : Nilai-nilai, prinsip-prinsip, tradisi dan cara-cara bekerja.
5.      Apa itu budaya yang kuat?
Jawab : Budaya yang menanmkan nilai-nilai utama secara kokoh dan diterima secara luasdikalangan para karyawan.
6.      Dalam budaya lemah nilai-nilai hanya dianut oleh siapa?
Jawab : Segolongan orang saja didalam organisasi
7.      Bagaimana para karyawan mempelajari budaya?
Jawab : Belajar melalui cerita, acara-acara simbolik (ritual), simbol-simbol kebendaan, dan bahasa
8.      Acara-acara simbolis (ritual) itu seperti apa?
Jawab : Penyerahan tiang  atau estafet tiang
9.      Apa kendala-kendala dalam kekuasaan manajemen?
Jawab : Lingkungan organisasi dan budaya organisasi
10.  Terakhir para karyawan beradaptasi dengan budaya organisasi melalui apa? jelaskan
Jawab : Sosialisasi, yaitu sebuah proses yang membantu para karyawan memahami cara-cara organisasi menjalankan berbagai pekrjaan.
Soal hal 71-80  (Buku acuan Manajemen edisi kesepuluh jilid 1)
Stephen P. Robbins       Mary Coulter
(Urwatil wutsqo)

1.                  Tingat kepedulian manajemen pada kepuasan karyawan merupakan fungsi dari cara manajer menjalankan tugas dalam hal apa?
Jawab : Kepemimpinan
2.      Benar atau salah menciptakan budaya beretika, menciptakan budaya inovatif, menciptakan budaya yang cepat tanggap terhadap tuntunan pelanggan ,menciptakan budaya yang mendukung kebhinekaan merupakan isu-isu budaya organisasi?
Jawab : Benar
3.       Sebutkan salah satu contoh bahwa budaya organisasi menegakkan standar etika yang tinggi di kalangan para anggota organisasi.
Jawab :  budaya yang memberikan toleransi tinggi terhadap risiko, memberi ruang bagi agrestivitas yang rendah atau sedang-sedang saja, dan memberi penekanan yang sama kuat pada hasil maupun proses.
4.      Faktor apa yang menjadi penggerak terpenting bagi timbulnya inovasi dalam sebuah perusahaan?
Jawab : Budaya perusahaan yang mendukung hal itu.
5.      Sebutkan tiga ciri-ciri bahwa perusahaan menciptakan budaya inovatif?
Jawab : Tantangan dan keterlibatan, kebebasan, kepercayaan dan keterbukaan
6.      Mempekerjakan orang-orang dengan latar belakang yang heterogen, baik ras, etnik usia, jenis kelamin merupakan isu-isu budaya organisasi terkini yang bersifat apa?
Jawab : Menciptakan budaya yang mendukung kebhinekaan tenaga kerja.
7.       Faktor-faktor dan kekuatan yang berada diluar organisasi namun mempengaruhi kinerja organisasi merupakan definisi dari apa?
Jawab : Lingkungan eksternal
8.      Sebutkan dua komponen lingungan eksternal!
Jawab : Lingkungan spesifik dan lingkungan generik (umum)
9.      Benar atau salah lingkungan spesifik sebuah organisasi bersifat khas bagi organisasi itu sendiri?
Jawab : Benar
10.  Sebutkan tiga kekuatan utama yang membentuk lingkungan umum!
Jawab : Kondisi ekonomi, kondisi politik atau hukum, Kondisi sosial budaya.
Soal hal 81-90  (Buku acuan Manajemen edisi kesepuluh jilid 1)
Stephen P. Robbins       Mary Coulter
(Johana)

1.      Kondisi eksternal yang lebih luas yang dapat mempengaruhi kinerja sebuah organisasi disebut dengan ………… (Lingkungan umum)
2.      Perubahan penghasilan yang dapat dibelanjakan disebut dengan……….. (Disposable income)
3.      Salah satu komponen dari lingkungan umum yang membatasi hak dan wewenang para manajer dengan mempersempit ruang gerak dan pilihan mereka adalah…… (Kondisi politik/hokum)
4.      Salah satu komponen dari lingkungan umum yang meliputi berbagai karakteristik kependudukan adalah……. (Kondisi demografis)
5.      Salah satu komponenn dari lingkungan umum yang paling cepat mengalami perubahan adalah….. (Teknologi)
6.      Jumlah komponen dalam sebuah lingkungan organisasi dan tingkat pemahaman organisasi mengenai komponen-komponen tersebut adalah….. (Kompleksitas lingkungan)
7.      Laju perubahan dalam sebuah lingkungan organisasi disebut…. (Ketiakpastian lingkungan)
8.      Lingkungan dimana pesaing baru tidak pernah muncul disebut dengan….. (Lingkungan stabil)
9.      Dimensi lain dari ketidakpastian lingkungan selain kompleksitas lingkungan adalah…… (Laju perubahan)
10.  Sembarang pihak yang ada dalam lingkungan organisasi yang terpengaruhi oleh tindakan organisasi disebut dengan…… (Stakeholders)


Soal hal 100-110  (Buku acuan Manajemen edisi kesepuluh jilid 1)
Stephen P. Robbins       Mary Coulter
(Markus)

1.      Salah satu fitur penting dalam lingkungan global masa kini adalah…. (Perdagangan global)
2.      Persekutuan-persekutuan perdagangan regional dan perjanjian dagang merupakan dua kekuatan yang membentuk….. (Perdagangan global)
3.      Satu-satunya organisasi global yang berwenang terkait peraturan dagang antarnegara adalah……. (World Trade Organization)
4.      Perusahaan yang mencakup semua tipe perusahaan internasional yang menjalankan operasi di banyak negara disebut….. (Perusahaan multinasional)
5.      Perusahaan yang menjalankan desentralisasi manajemen dan keputusan lainnya ke nedara lokal disebut……(Perusahaan multidomestik)
6.      Perusahaan yang mensentralisasi manajemen dan keputusan lainnya di negara asal disebut dengan…. (Perusahaan global)
7.      Kegiatan berupa mengumpulkan bahan mentah dan tenaga kerja dari seantero dunia berdasarkani harga termurah disebut dengan….. (Global outsorcing)
8.      Sistem ekonomi dimana kebanyakan sumber daya dimiliki dan diberdayakan oleh sector swasta disebut… (Ekonomi pasar bebas)
9.      Sistem ekonomi dimana keputusan-keputusan ekonomi diterapkan oleh pemerintah pusat disebut…. (Ekonomi berencana)
10.  Salah satu aspek yang berpengaruh terhadap tingkat suku bunga,nilai tukar mata uang,biaya hidup,dan kepercayaan diri menyeluruh dari system ekonomi dan politik suatu negara adalah……. (Inflasi)


Soal hal 111-120  (Buku acuan Manajemen edisi kesepuluh jilid 1)
Stephen P. Robbins       Mary Coulter
(Adyantara) Tidak Mengerjakan


Imam Sholikhin (Bab 5: 120-124)
1.      Tanggung jawab sosial manajemen menurut pandangan klasik adalah ... . (memaksimalkan laba)
2.      Menurut Milton Friedman tanggung jawab utama manajer adalah menjalankan bisnis sesuai dengan ... pemegang saham. (kepentingan terbesar)
3.      Pandangan ... menyatakan bahwa tanggung jawab sosial manajemen bukan sekedar menghasilkan laba tetapi juga mencakup melindungi dan meningkatkan kesejahteraan sosial. (sosial ekonomi)
4.      Para penganut ajaran klasik akan mengatakan bahwa pemegang saham atau pemilik adalah ... . (satu-satunya  yang berhak memerhatikan).
5.      Tahap model progresi yang pertama dari tanggung jawab sosial organisasi adalah ... . (pemilik dan manajemen)
6.      Tahap model progresi yang keempat dari tanggung jawab sosial organisasi adalah ... . (masyarakat luas)
7.      Kewajiban perusahaan untuk memenuhi tanggung jawab ekonomis dan hukum merupakan pengertian dari ... . (kewajiban sosial)
8.      Kemampuan perusahaan untuk menyesuaikan diri dengan keadaan masyarakat yang berubah-ubah merupakan pengertian dari ... . (ketanggapan sosial)
9.      Kewajiban perusahaan bisnis di luar yang dituntut oleh hukum dan pertimbangan ekonomi, untuk mengejar berbagai sasaran jangka panjang yang baik bagi masyarakat merupakan pengertian dari ... . (tanggung jawab sosial).
Andika Septiana (Bab 5: hlm 125-129)
1.      Cara lain untuk memadang masalah tanggung jawab social dan kinerja ekonomi adalah dengan mengevaluasi dana saham bersama (reksadana)
2.      Reksadana menggunakan jenis penyaringan social yang menerapkan criteria social ke keputusan investasi
3.      Kesadaran yang erat kaitannya antara keputusan dan kegiatan organisasi dengan dampaknya terhadap lingkungan alam disebut sebagai manajemen yang ramah lingkungan
4.      Pendekatan yang digunakan oleh perusahaan dengan memperlihatkan sedikit kepekaan lingkungan adalah pendekatan hukum
5.      Pendekatan yang menyediakan permintaan pelanggan atas produk yang ramah lingkungan adalah pendekatan pasar
6.      Pendekatan yang memilih menanggapi banyak tuntutan yang dibuat oleh karyawan, pemasok, investor atau masyarakat disebut pendekatan pemercaya
7.      Perusahaan mencari cara guna menghormati dan melestarikan bumi serta sumber-sumber alamnya merupakan pendekatan aktivis
8.      Pendekatan terhadap pengelolaan dimana para manager menetapkan, memajukan, dan mempraktikan nilai-nilai bersama sebuah organisasi disebut manajeman berbasis nilai
9.      Salah satu tujuan nilai bersama yang bertindak sebagai pedoman bagi keputusan dan tindakan manajerial
Dayang Diani Putri (Bab 5: 130-134)
1.      Peraturan dan prinsip yang mendefinisikan tindakan benar salah disebut... (Etika)
2.      sebutkan empat sudut pandang mengenai etika bisnis... (pandangan utilitarian, pandangan hak, pandangan teori keadilan, pandangan teori kontrak sosial terpadu)
3.      Pendekatan etika yang konsisten dengan sasaran bisnis seperti efisiensi, produktivitas, dan laba adalah... (pendekatan utilitarian)
4.      Tingkatan penegembangan moral pertama pada tahap-tahap perkembangan moral  disebut... (tingkatan pra-konvensional)
5.      (pandangan etika teori kontrak sosial terpadu)... merupakan pandangan etika yang mengusulkan bahwa keputusan etika harus didasarkan pada keberadaan norma-norma etika dalam industri dan masyarakat  sehingga menentukan apakah undang-undang benar atau salah.
6.      Orang yang bertanggungjawab dalam menetapkan dan memelihara nilai-nilai perusahaan yang ingin ditanamkan pada karyawan adalah... (manajer organisasi)
7.      Pandangan etika dimana para manajer memaksakan dan mendorong peraturan secara adil, tidak memihak, dan tindakan itu dilakukan dengan mengikuti seluruh peraturan dan perundang-undangan di bidang hukum disebut... (pandangan etika teori keadilan)
8.      Pada tingkatan ... (prinsip) individu melakukan upaya yang jelas untuk mendefinisikan prinsip-prinsip moral terlepas dari wewenang kelompok yang menaungi mereka atau masyarakat pada umumnya
9.      Nilai-nilai bersama perusahaan berperan dalam... (memandu cara karyawan bekerja dan menyatukan mereka dalam tujuan yang sama)
Susilawati (Bab 5: 135-139)
1.    Tingkatan perkembangan moral individu terdiri dari . . .
Prakonvensional
Konvensional
Prinsip
2.    Ukuran kepribadian tentang kekuatan keyakinan seseorang disebut . . .
Kekuatan ego (ego strength)
3.    Kemampuan seseorang mengendalikan nasib sendiri disebut . . .
Kendali internal
4.    Sifat kepribadian yang mengukur derajat sampai seberapa orang yakin bahwa mereka mampu mengendalikan nasib mereka sendiri disebut dengan . . .
Tempat kendali (locus of control)
5.    Menaati peraturan saat hanya ketika berbuat seperti itu merupakan kepentingan langsung, dan menaati peraturan untuk menghindari hukuman fisik termasuk tingkatan perkembangan moral individu yang . . .
Pra-konvensional
6.    Individu yang lebih cenderung melakukan apa yang mereka anggap benar, merupakan individu yang mempunyai skor kekuatan ego yang . . .
Tinggi
7.    Tahap perkembangan moral terkait dengan karakteristik individu, desain struktur organisasi, intensitas dari issu etis dan . . .
Budaya organisasi
8.    Yang termasuk tempat kendali adalah . . . dan . . .
Kendali internal dan kendali eksternal
9.    Secara garis besar terdapat tiga prinsip dalam kesepakatan global, yakni . . .
Hak asasi manusia, standar buruh, dan lingkungan
Jayang Arumansyah (Bab 5: 140-144)
1.        Dalam organisasi terdapat wawancara , tes, penelitian latar belakang, dan sebagainya harus digunakan untuk menghilangkan para pelamar yang etikanya dipertanyakan, ini merupakan proses dari seleksi karyawan
2.        Pernyataan formal mengenai nilai utama dan peraturan etika organisasi yang diharapkan akan diikuti oleh para karyawan disebut kode etik
3.        Dalam Audit Sosial Independen, sebuah unsur penting perilaku yang tidak etis adalah  rasa takut tertangkap
4.        Bagian yang mengevaluasi keputusan dan praktek manajemen berdasarkan kode etik perusahaan maupun meningkatkan kemungkinan pengungkapan tadi disebut Audit Sosial Independen
5.        Siapa yang menentukan irama budaya dalam melakukan bisnis secara etis memerlukan komitmen maupun melalui berbagai praktek pemberian hadiah dan hukuman adalah manajer puncak
6.        Dalam pelatihan etika, semakin hari semakin banyak organisasi yang menyelenggarakan seminar, lokakarya, dan progam pelatihan etika serupa untuk meningkatkan perilaku etis
7.        Jika organisasi menginginkan karyawannya untuk menjujung tinggi standar etika, maka organisasi harus menyertakan dimensi tersebut ke dalam proses penilaian kinerjanya
8.        Agar sasaran tersebut dapat mengurangi ketidakjelasannya bagi para karyawan dan memberi motivasi maka sasarannya harus jelas dan realistis
Tiara Suciaty (Bab 5: 145-148)
1.      Sebuah pendekatan untuk mengelola di mana manajer membangun, mempromosikan, dan mempraktekkan nilai-nilai organisasi bersama adalah .......... nilai berbasis manajemen
2.      hal yang harus dilakukan untuk mengembangkan pernyataan perusahaan yang baik diantaranya adalah........
melibatkan semua orang di perusahaan dan menyesuaikan nilai-nilai oleh masing-masing departemen atau unit.
3.      dalam hal mengejar tujuan-tujuan sosial perusahaan, seorang manager akan mempromosikan kepentingan pemegang saham dengan berusaha meminimalkan biaya dan memaksimalkan keuntungan dengan mengikuti semua hukum dan peraturan yang berlaku dan manajer tidak merasa berkewajiban untuk memenuhi kebutuhan masyarakat lainnya. Hal ini konsisten dengan pandangan........ tanggung jawab sosial klasik Friedman 
4.      pandangan utilitarian, pandangan hak, teori pandang keadilan, dan kontrak sosial adalah.... empat perspektif etika bisnis
5.      etika mengatakan bahwa keputusan etis yang dibuat semata-mata atas dasar hasil atau konsekuensi adalah definisi dari..... Pandangan utilitarian
6.      kelemahan dari Utilitarianisme adalah... bisa mengakibatkan hak-hak dari beberapa stakeholder diabaikan.
7.      teori yang akan digunakan oleh seorang manajer ketika memutuskan untuk memberikan tingkat yang sama dari membayar untuk individu yang serupa di tingkat mereka keterampilan, kinerja tanggung jawab, atau dan tidak mendasarkan keputusan itu pada perbedaan sewenang-wenang seperti jenis kelamin, kepribadian, ras, atau favorit pribadi adalah........teori perspektif keadilan 
8.      Pandangan etika didasarkan pada integrasi dari dua "kontrak": kontrak sosial umum yang memungkinkan perusahaan untuk beroperasi dan mendefinisikan aturan-aturan dasar dapat diterima, dan kontrak yang lebih spesifik di antara anggota komunitas yang membahas cara-cara berperilaku yang dapat diterima adalah definisi dari................. teori kontak integratif sosial
9.      Sisi negatif dari perspektif hak asasi adalah dapat menyajikan hambatan untuk produktivitas dan efisiensi yang tinggi dengan menciptakan iklim kerja yang lebih peduli dengan melindungi hak-hak individu dibandingkan dengan mendapatkan pekerjaan yang dilakukan. Namun disisi lain, perspektif hak asasi dapat mendatangkan hal positif yaitu dengan…… melindungi hak-hak dasar individu, tetapi memiliki sisi
10.  melindungi hak-hak kebebasan berbicara karyawan yang melaporkan pelanggaran hukum oleh majikan mereka berkaitan dengan menghormati dan melindungi kebebasan individu dan hak-hak istimewa seperti hak atas privasi, kebebasan hati nurani, kebebasan berbicara, kehidupan dan keselamatan, dan proses hukum merupakan contoh penerapan perspektif lain etika yaitu…… pandangan hak etika
11.  Seorang manajer di Amerika Utara mengambil suatu keputusan secara ..(intuitif)..
12.  Pengambilan keputusan para manajer Jepang lebih berorientasi ..(kelompok)..
13.  Tiga kriteria keputusan etis yaitu ..(utilitarian).., ..(hak).., dan ...(keadilan)...
14.  (Dalam kriteria....(utilitarian)...keputusan – keputusan diambil semata – mata atas dasar hasil atau konskuensi.
15.  Seorang tokoh yang mengambil keputusan berdasarkan pembangunan prinsip laba berimbang dari perusahaan dan tanggung jawab sosial...(Robert Holland)..
16.  Pengambilan keputusan, dalam organisasi yang mengejar laba cenderung merasa aman dan nyaman bila menggunakan ...(utilitarianisme)..
17.  Tahap ..(perkembangan moral).. merupakan suatu penilaian terhadap kapasitas seseorang untuk menimbang secara moral yang benar.
18.  Orang – orang dengan tempat kedudukan ..(kendali eksternal).. lebih kecil kemungkinannya untuk memikul tanggung jawab atas konsekuensi perilaku mereka.
19.  ..(lingkungan organisasional).. merupakan faktor yang mempengaruhi perilaku pengambilan keputusan etis yang merujuk pada persepsi karyawan mengenai pengharapan organisasional.
20.  Orang – orang yang ..(kekurangan).. rasa moral yang kuat akan jauh lebih kecil kemungkinannya untuk mengambil keputusan tak etis.
21.  Para individu mengambil keputusan dengan merancang bangun model-model yang disederhanakan yang menyuling ciri-ciri hakiki dari masalah tanpa mengangkat semua kerumitannya adalah..(rasioanlitas terbatas)..
22.  Suatu proses tak sadar yang ciptakan dari dalam pengalaman yang terasing adalah pengambilan keputusan..(intuitif)..
23.  Jalan pintas penilaiaan dalam pengambilan keputusan adalah..(heuristik)..
24.  Kecenderungan bagi orang-orang untuk mendasarkan penilaian pada informasi yang sudah ada di tanagan mereka adalah heuristrik..(ketersediaan)..
25.  Menilai kemungkinan dari suatu kejadian dengan menarik analogi dan meliaht situasi identik dimana sebenarnya tidak identik adalah heuristik..(representatif)..
26.  Suatu peningkatan komitmen pada suatu keputusan sebelumnya meskipun ada informasi negatif adalah..(peningkatan komitmen)..
27.  Pengakuan bahwa orang-orang itu berbeda sepanjang dua dimensi adalah..(fondasi dasar modal)..
28.  Cara berfikir ada yang logis dan..(rasional)..
29.  Ada pula cara berfikir yang..(intuitif)..dan kreatif
30.  Orang yang memiliki toleransi yangb rendah atas ambiguitas dan mencari rasionalitas orang yang menggunakan gaya..(direktif)..
31.  Memiliki toleransi yang jauh lebih besar terhadap ambiguitas termasuk tipe..(analitik)..
32.  Individu yang menjadi sangant luas dalam pandangan mereka dan mempertimbangkan banyak alternatif adalah gaya..(konseptual)..
33.  Gaya yang dicirikan pengambil keputusan yang bisa bekerja baik dengan yang lain adalah gaya..(prilaku)..
34.  Membentuk keputusan-keputusan, memasuki peraturan-peraturan formal dan untuk memenuhi batas waktu yang ditetapkan organisasi adalah hambatan..(organisasional)..
35.  Pengambilan keputusan kriteria yang mereka gunakan untuk mengevaluasi adalah..(evaluasi kerja)..
36.  ..(sistem imbalan)..yang mempengaruhi keputusan dengan mengemukakan terhadap mereka pilihan apa yang mereka suaki mengenai upah.
37.  Dengan memprogramkan keputusan mencapai level kinerja yang tinggi adalah..(rutinitas terprogram)..
38.  Organisasi menetukan batas waktu atas keputusan-keputusan disebut..(pembatasan waktu yang menentukan sistem)..
39.  Model rasional mengabaikan realitas bahwa..(keputusan datang dengan pembatasn waktu)..
40.  Memandang keputusan peristiwa independen adalah..(keputusan rasional)..
41.  Agar mampu mempengaruhi produktivitas, diperlukan untuk..(mempersepsikan)..pekerjaan mereka.
42.  Sedikit keputusan penting bersifat cukup sederahan dan ambigius untuk dapat diterapkannya asumsi..(pengandaian model rasional)..
43.  Sebuah halangan yang membuat pencapaian tujuan atau sasaran yang diinginkan menjadi sulit disebut..(masalah)..
44.  Sebuah pilihan dari dua atau lebih alternatif disebut..(keputusan)..
45.  Langkah awal dalam proses pembuatan keputusan adalah..(mengidentifikasi masalah)..
46.  Setiap pembuat keputusan memiliki..(kriteria).. yang memandu keputusannya
47.  Jenis pengambilan keputusan dimana pilihan bersifat logis dan konsisten serta memaksimalkan nilai disebut..(pengambilan keputusan rasional)..
48.  Pengambilan keputusan yang rasional tetapi terbatas (terikat) oleh kemampuan individu untuk memproses informasi disebut..(rasionalitas terikat)..
49.  Peningkatan komitmen terhadap keputusan sebelumnya walaupun ada bukti bahwa hal tersebut akan menjadi keputusan yang buruk  disebut..(eskalasi komitmen)..
50.  Pembuatan keputusan berdasarkan pengalaman, perasaan, dan akumulasi pertimbangan disebut..(pembuatan keputusan intuitif)..
51.  Langkah ke tiga proses pembuatan keputusan adalah..(mengalokasikan bobot pada kriteria)..
52.  Langkah ke empat dalam proses pembuatan keputusan  adalah..(mengembangkan alternatif)..


Kapan orang paling besar kemungkinannya untuk menggunakan pengambilan keputusan intuitif? Diidentifikasikan delapan kondisi(43)..(bila ada ketidak pastian dalam tingkat yang tinggi)..,(44)..(bila hanya sedikit preseden untuk diikuti)..,(45)..(bila variabel-variabel kurang dapat diramalkan secara ilmiah)..,(46)..(bila fakta terbatas)..,(47)..(bila fakta tidak dengan jelas menunjukan jalan untuk dituruti)..,(48)..(bila data analitis kurang berguna)..,(49)..(bila ada beberapa penyelesaian alternatif)..,(50)..(bila waktu terbatas)..

Pengantar Menejemen ( halaman 191-196) Sutarjo
1.      Jalan yang ingin ditempuh suatu organisasi atau suatu unit kerja untuk mencapai tujuan organisasi tersebut disebut.......(Perencanaan menejerial )
2.      Dua jenis perencanaan manejerial dalam perusahaan atau suatu unit adalah.....(perencanaan formal dan perencanaan informal)
3.      Jenis perencanaan yang dipakai oleh perusahaan skala kecil adalah......(Perencanaan informal)
4.      Hubungan perencanaan dipengaruhi oleh......(Kerangka waktu perencanaan)
5.      Dua elemen penting dalam perencanaan adalah (Sasaran dan rencana)
6.      Dokumen yang merangkum cara mencapai sasaran dan biasanya menggambarkan alokasi sumber daya, penyusunan jadwal dan tindakan lain untuk mencapai sasaran itu disebut......(Rencana)
7.      Istilah laba pada suatu organisasi disebut..... (Nirlaba)
8.      Dua jenis sasaran dalam suatu perusahaan .......( Sasaran keuangan dan sasaran stratejik)
9.      Pelaku dalam pembuat perencanaan disebut......(Stakeholder)
10.  Tujuan Nike adalah ........(Membawa dan inovasi pada setiap atlit)
11.  Sasaran yang sebenarnya yang harus dicapai oleh suatu perusahaan disebut.....(Sasaran nyata)
12.  Penilaian perencanaan yang dilakukan oleh stakeholder adalah.....(kriteria perencanaan)
13.  Tindakan merupakan definisi dari……..(Prioritas)

Pengantar Menejemen ( halaman 197-202) Imam Purnama
1.      Jenis- jenis rencana dibagi kedalam empat unsur yaitu ……luasnya,……kerangka waktu, ……kekhususan,dan ……frekuensi penggunaan
2.      Perencanaan berdasarkan kerangka waktunya dibagi menjadi dua yaitu……Jangka panjang dan ……..jangka pendek
3.      Rencana  yang berlaku bagi organisasi secara keseluruhan dan menjadikan sasaran umum organisasi tersebut dan berusaha menempatkan organisasi tersebut ke dalam lingkungannya adalah rencana…….Stratejik
4.      Perencanaan yang periode waktunya berada di antara jangka panjang dan jangka pendek adalah rencana……jangka menengah
5.      Rencana yang digunakan satu kali saja yang secara khusus dirancang untuk memenuhi kebutuhan situasi unik adalah……rencana sekali pakai
6.      Manajemen berdasarkan tujuan terdiri dari empat unsur yaitu……kerincian sasaran,……pengambilan keputusan,…….periode waktu,dan ……umpan balik kinerja
7.      Fleksibilitas yang melekat pada rencana pengarah harus lebih besar daripada hilangnya kejelasan yang diberikan oleh……rencana spesifik
8.      Penetapan sasaran tradisional adalah ……sebuah pendekatan untuk menetapkan sasaran dimana sasaran ditempatkan ditingkat atas organisasi dan kemudian dipecah menjadi sub sasaran untuk masing-masing tingkat organisasi.
9.      Pada sudut pandang tradisional mengasumsikan bahwa para ……manajer puncak mengetahui apa yang terbaik karena mereka mengetahui “gambar besarnya”.
10.  Salah satu masalah program MBO (Management by Objectives) adalah bahwa program tersebut bisa sia-sia ketika ada perubahan lingkungan yang ……dinamis
11.  Penekanan yang berlebihan oleh karyawan dalam rangka mencapai sasaran tanpa menghiraukan orang lain di unit kerjanya dapat menjadi kontra-prodiktif, yang merupakan salah satu masalah dari program ……MBO (Management by Objectives)
12.  Mengkaji misi organisasi yang akan menjadi tujuan organisasi, merupakan salah satu langkah dari…….penetapan sasaran

Pengantar Menejemen ( halaman 203-208) Yuyun Andriani
Tiga faktor kontingensi memengaruhi perencanaan (1) Tingkatan dalam organisasai, (2) derajat ketidakpastian lingkungan, (3) lamanya komitmen masa datang.
Untuk sebagian besar perencanaan operasinal mendominasi kegiatan perencanaan manajer tingkat rendah. Pada tingkat organisasi tinggi perencanaan semakin berorientasi pada (4) strategi. Ketika ketidakpastian lingkungan tinggi maka rencana haruslah (5) terperinci tapi (6) fleksibel. Perencanaan untuk jangka waktu yang terlampau panjang atau terlampau pendek akan (7) tidak efisien dan (8) tidak efektif.
Dalam pendekatan tradisional, perencanaan dilakukan sepenuhnya oleh para (9) manajer tingkat atas, yang sering dibantu oleh (10) departemen perencanaan formal.
Masalah kontemporer dalam perencanaan adalah kritik terhadap perencanaan yaitu (11) perencanaan dapat menciptakan kekakuan, (12) rencana tidak dapat disusun dalam lingkungan yang dinamis, (13) rencana formal tidak dapat menggantikan intuisi dan kreativitas.

Pengantar Menejemen ( halaman 209-214) Syifa Febrina
1.      Tipe rencana yang berkesinambungan yang menjadi pedoman untuk kegiatan yang berulang-ulang disebut...  rencana terus menerus
2.      Faktor-faktor yang mempengaruhi dalam perencanaan yaitu tingkatan manajer dalam Organisasi , Tingkat ketidakpastian lingkungan dan ... konsep komitmen
3.      Salah satu masalah kontemporer dalam perencanaan yaitu perencanaan efektif dalam lingkungan yang dinamis dimana harus menyusun rencana yang.. spesifik tetapi fleksibel
4.      Alasan untuk kesuksesan MBO  (Management By Objectives) adalah.. komitmen dan keterlibatan manajemen puncak
5.      Salah satu karakteristik sasaran yang dirancang dengan baik yaitu Ditulis berdasarkan hasil bukan tindakan maksudnya adalah.. fokus pada hasil, bukan sarana.
6.      Perencanaan yang efektif dalam lingkungan yang dinamis berarti .. meratakan hierarki organisasional sebagai tanggung jawab untuk menetapkan tujuan
7.      Salah satu faktor-faktor yang mempengaruhi dalam perencanaan  adalah tingkat ketidakpastian lingkungan yaitu salah satunya Lingkungan yang stabil, maksud dari lingkungan yang stabil adalah.. rencana spesifik
8.      Pendekatan terhadap Perencanaan ada dua yaitu Melibatkan anggota organisasi dalam proses dan ... Penyusunan rencana formal departemen
9.      Tipe rencana yang fleksibel yang menjadi pedoman umum, memberikan fokus, tetapi memberikan keleluasaan dalam implementasi yaitu .. rencana pengarah
10.  Tipe sasaran yang berkaitan dengan kinerja keuangan internal yang diharapkan organisasi adalah.. sasaran keuangan
11.  Perencanaan formal terkait dengan laba yang lebih tinggi dan pengembalian modal yang lebih tinggi serta.. hasil – hasil keuangan yang positif
12.  Rencana jangka panjang adalah.. rencana dengan jangka waktu lebih dari tiga tahun
13.  Rencana harus cukup jauh jangka waktunya (tidak terlalu panjang atau terlalu pendek) supaya.. dapat mencapai komitmen yang dibuat ketika rencana tersebut disusun.

Soal – soal Isian Singkat Pengantar Manajemen dari  Kelompok 16
1.       Dua pesaing di industry pengenceran diskon pada tahun 1962 yaitu ….. dan …. (Wal Mart , Kmart)
2.       …………. adalah sekelompok keputusan dan tindakan manajerial yang menentukan kinerja jangka panjang organisasi (Manajemen Strategik)
3.       Faktor yang mendukung kinerja organisasional akan menunjukkan hubungan yang positif antara …….. dan …….. (perencanaan streategik dan kinerja)
4.       Ketika manajer menggunakan proses manajemen strategik lebih baik dalam menghadapi lingkungan ….. (yang tidak pasti)
5.       Manajemen strategic mencangkup semua dasar funsi manajemen yakni ………, diorganisasi, dilaksanakan, dan dikendalikan (direncanakan)
6.       Baik tidak nya kinerja dalam organisasi di tentukan oleh ……. dan ……. (perbedaan strategi dan perbedaan kemampuan bersaing)
7.       Alasan manajemen strategic itu penting adalah berhubungan dengan kenyataan bahwa …….. dan ……… yang terus berubah (organisasi dan lingkungan)
8.       …………….. merupakan proses enam  langkah yang mencangkup perencanaan, implementasi, dan evaluasi strategic (Proses manajemen strategic)
9.       Pasar online yang sangat terkenal saat ini adalah …… yang mempunyai misi ‘‘membangun pasar online yang memungkinkan setiap orang berdagang secara praktis di hampir semua tempat di dunia. (e- Bay)
10.   ……. menjadi target kinerja yang dapat diukur yang secara keras diusahakan untuk dicapai para karyawan (Sasaran perusahaan)
11.   Proses manajemen strategic yang paling awal adalah ……. (Identifiksasi  organisasi dan lingkungan)
12.   SWOT kepanjangan dari ………,……., …….. dan …… (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Treats)
13.   Proses manajemen yang termasuk analisis eksternal yaitu ……. dan …. (peluang dan ancaman)
14.   Proses manajemen yang termasuk analisis internal yaitu ….. dan ….. (kekuatan dan kelemahan)
15.   ….. adalah kecenderungan positif factor – factor lingkungan eksternal (peluang)
16.   ….. adalah kecenderungan negative factor factor lingkungan eksternal (ancaman)
17.   …… adalah kegiatan yang dilakukan secara berbeda atau sumber daya yang unik dimiliki oleh organisasi (kekuatan)
18.   ……. adalah kegiatan yang tidak dapat dilakukanoleh suatu organisasi atau sumber daya yang dibutuhkan tetapi tidak dimilikinya (kelemahan)
19.   Kompetensi inti merupakan keterampilan, kemampuan, dan……  organisasi untuk  menentukan nilai dan senjata persaingan (sumber daya utama)
20.   Budaya organisasi dapat pula ……… atau …….. tindakan – tindakan strategic organisasi (memajukan dan menghambat)
21.   Langkah sesudah SWOT dalam proses manajemen strategic adalah adalah …….. (merumuskan strategi)
22.   Tindakan membuat atau  mengevaluasi alternative strategi dan menekankan pada kekuatan  atau memperbaiki kelemahan organisasi dengan melihat peluang dan ancaman lingkungan yang ada disebut ……. (Merumuskan strategi)
23.   Rumusan strategi hanya bagus jika …… (implementasi /penerapannya bagus)
24.   Langkah terakhir dalam proses manajemen yaitu …….. (mengevaluasi hasilnya)
25.   ……… adalah strategi organisasi yang berusaha menentukan bisnis apakah yang seharusnya dimasuki atau yang ingin dimasuki perusahaan (strategi tingkatan korporasi)
26.   Ada tiga strategi tingkat perusahaan yang utama yaitu ………, …….., dan  ……… (pertumbuhan, stabilitas, dan pembaharuan)
27.   Strategi pertumbuhan merupakan strategi tingkat perusahaan yang berusaha untuk meningkatkan operasi organisasi dengan ……. yang ditawarkan atau pasar yang dilayani (memperluas jumlah produk)
28.   ………. adalah integrasi perusahaan yang tumbuh dengan bergabung perusahaan lain di industry yang sama termasuk para pesaingnya (integrasi horizontal)
29.   Integrasi vertical ke belakang merupakan usaha untuk memperoleh kendali atas … (input)
30.    Integrasi vertical …….  merupakan usaha untuk memperoleh kendali atas output ( ke depan)
31.   …….. adalah strategi tingkatan korporasi yang dicirikan oleh tiadanya perubahan yang berarti  (strategi stabilitas)
32.   Diversifikasi yang tidak berkaitan  adalah ketika perusahaan bertumbuh dengan melakukan merger atau mengambil alih perusahaan  dalam industry yang ……. dan  ……  (berbeda dan tidak terkait )
33.   Manajer …….. sering sengaja memilih untuk mengikuti strategi stabilitas (usaha kecil)
34.   …….. adalah strategi tingkat perusahaan yang dirancang untuk mengatasi kelemahan organisasional yang menyebabkan penurunan kerja (streategi pembaharuan)
35.   Strategi pengurangan adalah strategi pembaharuan ……. (jangka pendek)
36.   ………. adalah strategi pembaharuan untuk saat dimana masalah kinerja organisasi menjadi lebih kritis (strategi perubahan haluan)
37.   ………. merupakan alat strategi yang menuntun keputusan pengalokasian sumber daya berdasarkanpangsa pasar dan tingkat pertumbuhan  SBU ‘’Strategic business unit’’ (Matriks BCG ‘’Boston Consulting Group’’)
38.   Bisnis - bisnis yang pertumbuhannya rendah tetapi pangsa pasarnya tinggi disebut ……. (Sapi Perah atau cash cow)
39.   Bisnis - bisnis yang pertumbuhannya tinggi dan pangsa pasarnya tinggi disebut …….. (Bintang atau Stars)
40.   Bisnis - bisnis yang pertumbuhannya tinggi tetapi pangsa pasarnya rendah disebut ….. (question marks atau tanda tanya)
41.    Bisnis - bisnis yang pertumbuhannya rendah dan pangsa pasarnya rendah juga  disebut ….. (mutu buruk atau Dogs)
42.   Apabila organisasi berberada dalam sejumlah bisnis yang berbeda  - beda , bisnis tunggal yang idependen dan yang merumuskan strateginya sendiri sering disebut ……… (unit bisnis stratejik ‘’SBU’’)
43.   …….. berpendapat bahwa beberapa industry ditakdirkan lebih menguntungkan dan oleh karena itu lebih menarik untuk dimasuki dan dihuni daripada industry lain (Porter)
44.   Lima kekuatan persaingan yang  mendiktekan peraturan persaingan yaitu ancaman pemain baru, ancaman produk subtitusi, pesaing yang ada sekarang  ,………… dan ……………. (kekuatan tawar – menawar pembeli dan kekuatan tawar  – menawar pemasok)
45.   Strategi kepemimpinan biaya merupakan strategi tingkatan bisnis satu perusahaan atau divisi tertentu yang membuat organisasi itu menjadi produsen berbiaya paling ………. Di dalam industry  (rendah)
46.   ………… adalah stretegi tingkatan bisnis satu perusahaan atau divisi tertentu yang membuat perusahaan tertentu yang mampu menawarkan produk unik yang dihargai secara luas oleh para pelanggannya (strategi diferensiasi)
47.   ………. adalah strategi tingkatan bisnis perusahaan yang membuat perusahaan tertentu mampu mengejar keunggulan biaya atau keunggulan differensiasi dalam segmen industry sempit (strategi focus )
48.   Porter menggunakan istilah …………. untuk menggambarkan organisasi yang mengalami kesulitan yang sangat besar untuk meraih kesuksesan jangka panjang atau organisasi tidak mampu mengembangkan keunggulan bersaing biaya rendah sekaligus keunggulan bersaing diferensiasi (‘’terjebak di tengah – tengah ‘’ stuck in the middle)
49.   Strategi tingkat fungsional merupakan strategi organisasi yang berusaha menentukan cara mendukung strategi ………. (tingkatan bisnis atau tingkatan perusahaan)
50.   Kekuatan bersaing dalam sebuah industry, bila dijaga tetap bebas dari campur tangan pemerintah atau situasi dimana tiga perusahaan akan mendominasi pasar disebut ……  (aturan tiga)

1.      Organisasi produksi yang menggunakan pemasok dari luar untuk menyediakan komponen produk atau modul yang kemudian dirakit menjadi produk jadi adalah ......( Organisasi Modular)
2.      Organisasi pembelajar disebut juga ....(Learning Organization)
3.      Organisasi yang telah mengembangkan kemampuan untuk terus-menerus beradaptasi dan berubah disebut .........(Organisasi pemb elajar)
4.      Ciri penting dari desain struktur organisasi pembelajar adalah .....(Kerja-sama)
5.        Visi bersama dan Kerja bersama merupakan salah satu prinsip dari ....(Kepemimpinan)
6.      Terbuka, tepat waktu, dan akurat adalah merupakan kegiatan dalam berbagi .....(Informasi)
7.      Hubungan timbal balik merupakan salah satu ciri dalam budaya….( Organisasi)
8.      Cara yang diterapkan agar kinerja karyawan dapat menjadi maksimal dan optimal adalah cara yang….(Efektif dan Efisien)
9.      “Persamaan dalam membangun sebuah rumah” disebut juga sebagai….(Analogi)
10.  GM adalah kepanjangan dari ....(General Manager)
11.  Visual struktur organisasi digambarkan dalam…(Grafik Organisasi)
12.  Pusat dari Perusahaan Ericsson terletak di negara….(Swedia)
13.  Pimpinan tertinggi dalam suatu perusahan adalah ....( Presiden Direktur)
14.  Suatu standar apakah pekerjaan-pekerjaan organisasi dan taraf dimana perilaku bekerja dipandu oleh beragam aturan dan prosedur disebut.... (Formalisasi)
15.  Formalisasi diperlukan untuk...( Mencapai konsistensi dan pengendalian)
16.  Formalisasi sangat terkait dengan ....( Aturan dan standardisasi organisasi)
17.  Adanya aturan dan standardisasi yang ketat dalam perusahaan yang terformalisasi tinggi adalah untuk  ..... perilaku pekerja (Memandu dan mengatur)
18.  Semakin tinggi tingkat formalisi perusahaan semakin  ..... keluluasaan pekerja terhadap cara dan prosedur penyelesaian pekerjaan mereka.( Sedikit / lemah)
19.  Model desain organisasi dibedakan menjadi ...... dan ..... (Organisasi mekanistik, organisasi organik)
20.   Organisasi dengan struktur yang kaku dan terkontrol ketat merupakan organisasi dengan model desain ....( Mekanistik)
21.  Model organisasi yang memiliki struktur yang sangat adapdif dan fleksibel disebut sebagai organisasi .... (Organik Tinggi)
22.  Organisasi  mekanistik dicirikan dengan tingkat formalisasi yang .... sedangkan organisasi organik memiliki tingkat formalisasi yang .....( Tinggi , rendah)
23.   Untuk memfasilitasi pencapaian sasaran organisasi diperlukan ..... yang baik.( Strategi  dan struktur  organisasi)
24.    Perusahaan menggunakan teknologi untuk membantu mengubah .... menjadi ....(Input, output)
25.   Semakin rutin teknologi digunakann oleh suatu perusahaan semakin .... struktur organisasinya.( Mekanistik)
26.   Dalam kondisi lingkungan yang stabil model desain yang efektif untuk digunakan perusahaan adalah model desain organisasi yang ...( Mekanistik)
27.   Semakin tinggi, maka organisasi tersebut semakin  membutuhkan model desain organisasi yang organis, agar dapat lebih fleksibel menghadapi perubahan lingkungan. (Ketidakpastian lingkungan)
28.  ........ akan lebih kesulitan dalam menghadapi ketidakpastian lingkungan, karena memiliki tingkat formalisasi yang tinggi. (Organisasi mekanistik)
29.  Desain organisasi tradisional terdiri atas 3 struktur, yakni...... ( struktur sederhana, struktur fungsional, dan struktur divisional)
30.  Struktur dengan ciri departementalisasi rendah, rentang kendali luas, wewenang terpusat pada seseorang, dan formalisasi rendah disebut struktur ...... (sederhana)
31.  Sruktur yang disebut di nomor dua banyak digunakan oleh ......(pengusaha kecil)
32.  Struktur yang dicirikan dengan desain organisasi yang ranah pekerjaanya terspesialisasi disebut .....(struktur fungsional)
33.  perusahaan yang menggunakan struktur nomor 4 adalah ............ dan .......... (Revlon dan Unilever)
34.  Kelemahan struktur yang dicirikan struktur organisasi dengan sejumlah unit dan divisi yang terpisah adalah ............... dan............... (sumber daya yang rangkap meningkatkan biaya, mengurangi esifiensi)
35.  Kelebihan desain struktur organisasi nomor dua adalah.....dan.....(fleksibel, cepat)
36.   Desain organisasi kontemporer adalah...... ( struktur organisasi di mana keseluruhan organisasi tersusun oleh sejumlah kelompok kerja atau tim)
37.  Struktur matrik adalah.........(struktur organisasi yang menugaskan para spesialis dari departemen fungsional yang berbeda-beda untuk bekerja pada satu proyek atau lebih yang dipimpin oleh para manajer proyek )
38.  Kelebihan organisasi pembelajar adalah..... (para karyawan dapat terus menerus berbagi dan menerapkan pengetahuan)
39.  Perbedaan struktur proyek jika dibanding dengan dengan struktur matrik yakni..... ( karyawan struktur proyek tidak memiliki departemen formal untuk kembali setelah proyek selesai)
40.  Kekurangan struktur organisasi tanpa batas yakni ..........(kurangnya kendali dan sulitnya komunikasi)
41.  ……………di definisikan sebagai proses penciptaan struktur organisasi. (pengorganisasian)
42.  Kerangka kerja formal suatu organisasi yang dengan kerangka kerja tersebut tugas-tugas pekerjaan dibagi-bagi , dikelompokan dan dikoordinasikan, merupakan definisi dari…………..(struktur organisasi)
43.  Ketika para manajer menyusun atau mengubah struktur organisasi, mereka terlibat dalam…………….., proses yang melibatkan keputusan-keputusan mengenai keenam unsur penting. (desain organisasi)
44.  ………………tingkat dimana tugas dalam sebuah organisasi dibagi menjadi pekerjaan yang berbeda juga dikenal sebagai divisi pekerja. (spesialisasi kerja)
45.  …………………mengelompokan pekerjaan berdasar fungsi yang dilakukan. (departementalisasi fungsional)
46.  …………………mengelompokan pekerjaan berdasarkan lini produk. (departementalisasi produk)
47.  ………………..mengelompkan pekerjaan berdasar wilayah geografi. (departementlisasi geografis)
48.  …………………mengelompokan pekerjaan berdasarkan arus produk atau pelanggan. (departemtalisasi proses)
49.  ………………..mengelompokan pekerjaan berdasarkan kelompok pelanggan yang mempunyai kebutuhan atau masalah bersaing yang dapat sangat baik dipenuhi dengan mempunyai tenaga spesialis pada masing-masing pelanggan itu. (departementalisasi pelanggan)
50.  …………………adalah garis wewenang yang tidak terputus yang terbentang dari tingkat atas organisasi hingga tingkatan paling bawah dan menjelaskan siapa melapor kepada siapa. (rantai komando)
51.  …………………mengacu pada hak-hak yang melekat pada posisi manjerial tertentu yang memberitahu orang apa yang harus dilakukan dan mengharapkan orang itu melakukannya. (wewenang)
52.  ………………….tingkat dimana pengambilan keputusan terkonsentrasi pada satu titik dalam organisasi. (sentralisasi)
53.  …………………..tingkat dimana karyawan tingkatan bawah memberikan masukan atau benar-benar mengambil keputusan. (desentralisasi)
1.      System komunikasi di dalam suatu organisasi disebut…. (Komunikasi organisasi)
2.      Control, motivasi, ekspresi emosional dan informasi merupakan….. (fungsi komunikasi)
3.      Segala gangguan yang terjadi pada penyampain atau penerimaan pesan merupakan….. (Kegaduhan)
4.      Mengubah pesan menjadi symbol disebut….. (Encoding)
5.      …………merupakan media yang dilalui pesan. ( saluran)
6.      Penggunaan internet, telpon merupakan komunikasi berbasis…….(teknologi informasi)
7.      Produk fisik actual yang disandikan oleh sumber merupakan definisi dari…..(pesan)
8.      Komunikasi yang di sampaikan tanpa kata-kata adalah…..(komunikasi non verbal)
9.      Penekanan intonasi terhadap kalimat yang menyampaikan maksud adalan…..(intonasi verbal)
10.  Penyampaian maksud dari satu orang ke orang lain merupakan proses…..(komunikasi)
11.  Komunikasi antara dua orang atau lebih disebut…….(komunikasi interpersonal)
12.  Komunikasi bertindak sebagai………prilaku anggota dalam berbagai cara. (control)
13.  Gerak gerik, ekspresi wajah dan gerakan tubuh lainnya merupakan ……..(bahasa tubuh)

 (HAL 326-333)
1.      Komunikasi dalam sebuah organisasi yang mengikuti rantai komando dalam melakukan suatu pekerjaan disebut dengan komunikasi.........  (formal)
2.      Tujuan komunikasi yang memeberi kesempatan pada karyawan untuk memuaskan kebutuhan mereka dalam interaksi sosial merupakan  salah satu tujuan dari komunikasi......... (informal)
3.      Komunikasi organisasi dapat mengalir ........., ........, .......,dan.........  (ke bawah, ke atas, lateral dan diagonal)
4.      Luasnya komunikasi keatas dalam sebuah organisasi tergantung pada......... (budaya organisasi)
5.      Komunikasi yang terjadi di antara semua karyawan di tingkatan organisasi yang sama di sebut......... ( komunikasi lateral)
6.      Jaringan komunikasi merupakan gabungan dari komunikasi organisasi....... dan.........  (vertikal dan horizontal)
7.      Pemimpin berperan sebagai pusat jaringan komunikasi merupakan ciri dari jaringan.......... ( Roda)
8.      Jarinagn rantai dan roda merupakan pola jaringan yang membantu pada kriteria komunikasi ................ (akurasi)
9.      Menurut Watson Wyatt Worldwide  bahwa ......................... mempunyai dampak yang positif pada sikap karyawan (Komunikasi terbuka)
10.  ......................  telah memungkinkan orang-orang dalam organisasi untuk sepenuhnya dapat dicapai,  kapanpun dan dimanapun mereka berada. ( Teknologi informasi)
11.  Organisasi yang disainya tidak didefinisikan oleh batas-batas horizontal, vertikal, atau eksternal yang dipaksakan oleh struktur yang telah ditentukan sebelumnya, merupakan pengertian dari ...........  (organisasi tanpa batas)
12.  Dua perkembangan teknologi informasi yang akan berdampak paling berarti dalam komunikasi managerial terkini yaitu................... dan ................. ( sistem komputer jaringan dan kemampuan nirkabel)
13.  Cara organisasi untuk bertukar dokumen trnsaksi bisnis standar, seperti faktur, atau pesanan pembelian, dengan menggunakan jaringan komputer ke komputer lain secara langsung. Uraian tersebut merupakan cara kerja dari sistem komputer jaringan ................. (Electronic Data Interchange / EDI)

 (HAL 318-325)
1.Sebutkan perbedaan komuniksi formal dan komunikasi informal?
            Jawab
Komunikasi formal adalah komunikasi yng mengikuti rantai komando resmi atau bagian dari komunikasi yang dibutuhkan untuk melakukan suatu pekerjaan
Komunikasi informal adalah komunikasi yang tidak didefinisikan oleh hierarki struktur organisasi.
2.Apa yang dimaksud dengan arah komunikasi kebawah?
            Jawab
Segala komunikasi yang mengalir ke bawah dari manajer kepara karyawan
3.sebutkan apa yang di maksud dengan arah komunikasi keatas?
            Jawab
Komuniksi yang mengalir keatas yaitu dari karyawan kemanajer
4.Apa yang dimaksud dengan arah komunikasi ke lateral
            Jawab
Komunikasi yang terjadi diantara semua karyawan pada tingkat organisasi yang sama.
5.pa yang dimksud dengan arah komunikasi diagonal?
            Jawab
Komunikasi yang memotong baik bidang kerja maupun tingkat organisasi.
6.sebutkan dan jelaskan jenis-jenis jaringan komunikasi?
            Jawab
a.jaringan rantai yaitu komunikasi mengalir dengan ranti komando formal baik kebawah maupun keatas
b.jaringn roda yaitu komunikasi mengalir melalui pimpinan kelompok untuk seluruh anggota kelompok  tim kerja.
7.apa yang di maksud dengan  Grapevine?
            Jawab
Grapevine adalah jaringan komuniksi organisasi yang informal dan sering kali efektif dalam setiap organisasi.
8.Sebutkan keuntungan-keuntungn teknologi informasi  bagi suato organisasi?
            Jawab
-meningkatkan kemampuan manajer untuk memantau kerja individu
-mempunyai akses yang lebih besar kepada karywan
-dapat memperoleh informasi yang lebih lengkap untuk membuat keputusan yang lebih cept
-memberi banyak peluang untuk bekerja sama dan berbvagi informsi
9.Bagaimana informsi teknologi mempengaruhi organisasi?
            Jawab
-Menghilangkan kendala waktu dan jarak
-Memungkinkan untuk berbagi informasi
-mengintegrasikan  pengambilan  keputusan dan pekerjaan.
10.sebutkan kompone-komponen dalam proses penyampaian pelayanan konsumen?
            Jawab
-konsumen
-organissi pelaynan
-penyedian pelayanan
11.Komunikasin mengalir sesuai dengan rantai komando formal disebut dengan jringan?
                        Jawab
Jaringan formal
12.komunikasi yang memotong bidang kerja dan tingktan organisasi agar lebih efisien dan lebih cepat disebut ?
Jawab
            Komunikasi diagonal
13.komunikasi yang terjadi diantara semua karyawan ditingkat organisasi yng sama di sebut?

            Jawab
Komuniksi lateral
14.komunikasi mengalir melalui pimpinan kelompok untuk seluruh anggota kelompok termasuk kedalm jenis jaringan?
Jawab 
Jaringan roda
15.komunikasi mengalir dengan bebas diantara semua anggota tim kerja disebut dengan jenis jaringan?
Jawab
Jaringan semua saluran
 (334-339)
1.      Teknologi dapat mempengaruhi cara anggota organisasi berkomunikasi, berbagi informasi dan melakukan pekerjaan.
2.      Ketika seseorang melakukan suatu hal berdasar informasi yang diterima dalam cara yang tradisional, seorang manajer dapat mengabaikannya atau menanggapinya.
3.      Manajer dapat membentuk forum internal anonim, seperti intranet daripada di internet umum.
4.      Sumber daya pengetahuan organisasi dapat mempermudah karyawan untuk berkomunikasi dan melakukan pekerjaan dengan efektif dan efisien.
5.      William Wrigley Jr. Co meluncurkan situs web interaktif yang memudahkan para agen penjualan untuk mengakses data pemasaran dan informasi produk lainnya. 
6.      Agen penjualan dapat bertanya pada ahli perusahaan tentang produk atau mencarinya di bank pengetahuan online.
7.      Pengelolaan sumberdaya organisasi yang dilakukan oleh manajer disebut juga dengan pengetahuan.
8.      Sekelompok orang yang berbagi perhatian, sejumlah masalah, atau gairah tentang suatu topik yang memperdalam pengetahuan dan keahlian mereka dengan berinteraksi secara terus menerus disebut komunitas praktik.
9.      Tiga komponen dalam proses pemberian jasa adalah konsumen, organisasi jasa, dan penyedia jasa individual.
10.  Komunikasi merupakan bagian dari strategi layanan konsumen tertentu yang dilakukan oleh organisasi.
11.  Strategi yang banyak digunakan organisasi jasa adalah personalisasi.
12.  Mutu interaksi interpersonal antara konsumen dan karyawan kontak mempengaruhi kepuasan konsumen.
13.  Bahasa yang benar secara politik membatasi kejelasan dalam berkomunikasi.

Soal Pengamen, hal 52-56
1.       Siapa yang dikenal sebagai “bapak” manajemen ilmiah?
a.       Federick W. Taylor
b.      Frank
c.       Lilian
d.      Weber

2.       Weber menggagas tentang sebuah tipe organisasi ideal yang dinamakan..
a.       Administrasi
b.      Registrasi
c.       Birokrasi
d.      Legislasi

3.       Pendekatan kuntitatif bagi bidang manajemen melibatkan penggunaan, kecuali...
a.       Statistika
b.      Strategi manajemen
c.       Model-model optimasi
d.      Simulasi komputer

4.       Para pendukung awal ilmu perilaku organisasi meyakini bahwa kekayaan terpenting organisasi yang harus dikelola sebagaimana mestinya adalah...
a.       SDM
b.      SDA
c.       SDC
d.      SDK

5.       Sebuah organisasi menerima/mengambil input dari lingkungannya dan mengubah, atau memroses sumber-sumber daya tersebut menjadi output yang kemudian disebar kembali ke lingkungannya merupakan pemahaman dari pendekatan......
a.       Perilaku
b.      Kuantitatif
c.       Klasik
d.      Sistem

6.       Manajemen mutu total (total quality management) adalah sebuah manajemen yang sepenuhnya berfokus pada..
a.       Perbaikan secara terus menerus
b.      Kemampuan menjawab cepat berbagai kebutuhan dan harapan manajer
c.       Pilihan a dan b benar
d.      tidak ada pilihan yang benar

7.       Buku Wealth of Nations karya Adam Smith menggagas tentang...
a.       Strategi pemasaran
b.      Perilaku konsumen
c.       Pembagian kerja
d.      Sejarah manajemen

8.       Yang termasuk peristiwa penting dalam sejarah mejemen adalah..
a.       Revolusi Prancis
b.      Terbentuknya PBB
c.       Perang dunia kedua
d.      Revolusi industri

9.       Kontribusi terbesar suami-istri Gilbreth dalam dunia manajemen adalah..
a.       Menemukan gerakan-gerakan tangan dan tubuh yang paling efisien dan merancang berbagai peralatan tepat guna
b.      Menemukan pola birokrasi yang mengefisienkan kenerja dan produktifitas perusahaan.
c.       Menjadi penggagas awal teori administrasi umum dan mensosilisasikannya ke masyarakat luas
d.      Mengemukakan pendapat bahwa organsasi bergantung kepada lingkungan untuk mendapatkan input yang dibutuhkan

10.   Sumbangsih Fayol di bidang manajemen teoritis adalah...
a.       Menerbitkan buku mengenai konsep manajemen modern
b.      Mengembangkan teori manajemen mutu total
c.       Melakukan pendekatan situasional untuk menyelesaikan masalah-masalah manajemen
d.      Mengembangkan 14 prinsip manajemen





Tidak ada komentar:

Posting Komentar