1. Definisi
singkat komunikasi adalah
a. Penerimaan
pesan
b. Penyampaian
pesan
c. Penyampaian dan pemahanam suatu maksud
d. Tidak
ada penyampaian dan pemahaman maksud
2. Dalam
komunikasi yang dikirimkan oleh pengirim ke penerima adalah
a. Saluran
b. Pesan
c. Kegaduhan
d. Encode
3. Mengubah
pesan menjadi simbol
a. Decoding
b. Media
c. Komunikasi
d.
Encoding
4. Decoding
a. Menerjemah ulang pesan pengirim
b. Mengubah
pesan menjadi simbol
c. Media
yang dilalui pesan
d. Maksud
yang disampaikan
5. Yang
bukan merupakan unsur proses komunikasi adalah
a. Umpan
balik
b. Saluran
c. Encoding
d. Suara
6. Individu
yang kepadanya pesan itu ditujukan
a. Pengirim
b. Penerima
c. Sumber
d. Perantara
7. Segala
gangguan yang terjadi pada penyampaian, penerimaan atau umpan balik pesan
a. Kegaduhan
b. Decoding
c. Encoding
d. Kerusakan
8. Kondisi
yang tidak mempengaruhi keefektifan pesan yang diendode
a. Keahlian
b. Sikap
c. Lingkungan
d. Sistem
Sosial Budaya
9. Saluran
a. Menerjemah
ulang pesan yang dikirim
b. Gangguan
yang terjadi pada penyampaian, penerimaan ataupun umpan balik
c. Media yang dilalui pesan
d. Maksud
yang akan disampaikan
10. Komunikasi
antar personal
a. Komunikasi
Organisasi
b. Komunikasi antara dua orang atau lebih
c. Komunikasi
berpola
d. Komunikasi
di dalam suatu organisasi
11. Manipulasi
(pengubah-ubahan) informasi yang disengaja sehingga membuat informasi tersebut
tampak lebih menyenangkan bagi penerima disebut ...
a. Penyaringan
b. Komunikasi
c. Intonasi
d. Emosi
12. Jenis
komunikasi non-verbal yang sangat diketahui adalah ...
a. Bahasa
tubuh dan bahasa isyarat
b. Bahasa
tubuh dan intonasi verbal
c. Intonasi
verbal dan ekspresi wajah
d. Bahasa tubuh dan intonasi verbal
13. Komunikasi
yang disampaikan tanpa kata-kata disebut ...
a. Bahasa
tubuh
b. Intonasi
verbal
c. Komunikasi non-verbal
d. Komunikasi
verbal
14. Ketika
seseorang mengatakan kepada manajernya apa yang ingin didengar oleh manajernya,
individu itu menyaring informasi. Hal ini adalah contoh dari ...
a. Persepsi
selektif
b. Penyaringan
c. Kebanjiran
informasi
d. Emosi
15. Penekanan
seseorang pada kata-kata atau kalimat yang menyampaikan maksud adalah bentuk
dari...
a. Intonasi verbal
b. Intonasi
non-verbal
c. Bahasa
tubuh
d. Komunikasi
verbal
16. Gerak-gerik,
ekspresi wajah, dan gerakan tubuh lainnya yang menyampaikan maksud adalah
bentuk dari ...
a. Bahasa tubuh
b. Intonasi
verbal
c. Intonasi
non-verbal
d. Komunikasi
berbal
17. Sirine
yang nyaring atau lampu merah di persimpangan jalan mengatakan sesuatu kepada
para pengguna jalan tanpa kata-kata. Hal ini adalah contoh dari ...
a. Komunikasi non-verbal
b. Komunikasi
verbal
c. Persepsi
selektif
d. Perilaku
detensif
18. Ketika
seorang dosen mengajar di kelas, ia tidak perlu kata-kata yang memberi tahu dia
bahwa para mahasiswa bosan ketika mereka menatap atau mereka mulai membaca
sebuah koran universitas. Tindakan ini adalah bentuk dari komunikasi ....
a. Verbal
b. Non-verbal
c. Langsung
d. Tidak
langsung
19. Di
bawah ini yang termasuk contoh ekspresi wajah, kecuali ...
a. Marah
b. Kecewa
c. Khawatir
d. Berteriak
20. Yang
termasuk pertanyaan para manajer untuk membantu para karyawan mengevaluasi
berbagai metode komunikasi, kecuali...
a. Berapa
besar biaya untuk menggunakan metode itu?
b. Apakah
metode itu mempunyai jumlah formalitas yang diperlukan?
c. Seberapa
baik merode itu menyampaikan kehangatan antar personal?
d. Berapa orang karyawan yang dibutuhkan dalam metode itu?
21.
Yang termasuk variabel yang mempengaruhi
bahasa yang digunakan seseorang adalah, kecuali ...
a. Umur
b. Pendidikan
c. Jenis kelamin
d. Latar
belakang
22.
Terminologi khusus atau bahasa teknis
yang digunakan oleh para anggota kelompok untuk berkomunikasi diantara mereka
sendiri adalah ...
a. Jargon
b. Budaya
c. Emosi
d. Bahasa
23.
Masalah yang terdapat dalam
berkomunikasi secara langsung adalah ...
a. Bahasa
yang baik
b. Interaksi
yang terjadi
c. Kesalahpahaman
d. Informasi
yang jelas
24.
Menyimak saat seseorang berbicara
bertujuan untuk ...
a. Membuat
penilaian dini
b.
Mendapatkan maksud yang lengkap
c. Membuat
penafsiran sementara
d. Mendapatkan
ketidakpastiaan
25.
Komunikasi tidak efektif terjadi jika
pesan ...
a. Diterima
b. Dipahami
c. Disimak
d. Diacuhkan
26.
Bahasa yang ditujukan kepada penerima
pesan harus ...
a. Bertele-tele
b. Jelas
c. Rumit
d. Berlebihan
27.
Berikut ini yang bukan merupakan
penghalang keefektifan komunikasi adalah
a. Penyaringan
b. Bahasa yang jelas
c. Emosi
d. Perilaku
defensif
28.
Keadaan yang terjadi ketika individu
menerima informasi tidak lebih banyak dari yang dapat mereka gunakan adalah ...
a. Mengingatnya
b. Membuangnya
c. Mengabaikannya
d. Melewatkannya
29.
Berikut ini yang bukan merupakan
kemajuan informasi yang dapat membantu jalannya komunikasi adalah ...
a. E-mail
b. Rapat
c. Telepon
d. Telepati
30.
Ketika seseorang merasa terancam, mereka
cenderung menjadi defensif. Contoh dari perilaku defensif adalah ...
a. Memberikan jawaban yang kasar
b. Diam
c. Mendukung
pendapat seseorang
d. Bercanda
gurau
31. Aspek penting komunikasi organisasi antara lain,
kecuali…
a.
komunikasi formal
b.
komunikasi informal
c.
pola arus komunikasi
d. jaringan teknologi formal
32.
Deskripsi dari komunikasi informal adalah…
a.
komunikasi yang mengalir ke bawah dari manajer ke para karyawan
b.
komunikasi yang mengalir ke atas dari karyawan ke menejer
c. komunikasi yang tidak didefinisikan oleh hierarki struktur organisasi
d. komunikasi yang terjadi dalam rancangan kerja
organisasi yang telah ditentukan sebelumnya.
33. Arah
arus komunikasi dapat digolongkan menjadi empat, kecuali…
a.
komunikasi melingkar
b.
komunikasi lateral
c.
komunikasi diagonal
d.
komunikasi ke bawah
34. Dalam lingkungan sekarang yang kacau dan cepat berubah,
komunikasi …. Sering diperlukan untuk menghemat waktu dan memudahkan
koordinasi.
a. ke bawah
b.
ke atas
c.
diagonal
d. horizontal
35. Peningkatan
penggunaan email di kehidupan sekarang memudahkan komunikasi ….
a. diagonal
b.
horizontal
c. melingkar
d. ke atas
36. Dalam jaringan komunikasi organisasi terdapat
jenis jaringan komunikasi, antara lain, kecuali…
a. jaringan
rantai
b. jaringan
roda
d. jaringan tali
e. jaringan
semua saluran
37. Terdapat empat kriteria dalam meringkaskan
keefektifan berbagai jaringan yaitu, kecuali …
a.
kecepatan
b. akurasi
c.
pentingnya kepuasan anggota
d. kemungkinan munculnya pengikut
38. Jaringan komunikasi adalah penggabungan dari arus
komunikasi …
a. vertical dan horizontal
b. vertical
dan melingkar
c.
horizontal dan melingkar
d. diagonal
dan melingkar
39. Hal yang termasuk dalam penyimak aktif dalam
komunikasi organisasi adalah, kecuali ….
a. ajukan
pertanyaan
b. uraikan
dengan kata – kata sendiri
c. berbicara berlebihan
d. lakukan
kontak mata
40. Luasnya komunikasi ke atas tergantung pada …
a. peraturan
b.
ketentuan
c. syarat
d. budaya organisasi
41.
Sistem komunikasi yang memberi
kesempatan sekelompok orang untuk berpikir secara simultan dengan menggunakan
telepon atau software komunikasi e-mail adalah
a.
voice mail c. teleconferencing
b.
chating d. Instant messaging (IM)
42. Konferensi
komunikasi yang simultan dimana peserta dapat melihat satu sama lain,
yaitu.....
a.
Faks c. teleconferencing
b.
voice mail d.
videoconferencing
43. Berikut
ini yang bukan termasuk aplikasi sistem
jaringan dibidang komunikasi adalah
a.
radio c. intranets
b.
instan messaging d.
e-mail
44. Berikut
ini adalah pengaruh teknologi di bidang komunikasi, kecuali.....
a.
cepat c. mudah
b.
sulit d. murah
45. Sistem
yang mendigitalkan pesan lisan, mengirimkannya melalui jaringan, dan menyimpan
pesan itu ke dalam disket sehingga sehingga penerima dapat membuka pesan itu
kemudian adalah.....
a.
voice mail c. eleqtronik
data interchange
b.
kaset d. e-mail
46. Dalam
komunikasi nirkabel, sinyal dikirim
melalui.....
a.
kabel c. udara
b.
tanah d. pesan digital
47. Jaringan
komunikasi organisasi yang menggunakan teknologi internet dan dapat diakses
hanya oleh para karyawan adalah.....
a.
externet c.
officenet
b.
intranet d.
cybernet
48. Dalam
komunikasi dan pertukaran informasi masalah utama yang sering menjadi kendala
sebelum adanya teknologi informasi pertama kali, yaitu....
a.
waktu dan geografi c. waktu dan biaya
b.
geografi dan bahasa d.
cuaca dan biaya
49. Potensi
yang dapat ditingkatkan dengan penggunaan teknologi informasi dalam komunikasi
organisasi adalah.....
a. soft
skill anggota c.
etika dalam berorganisasi
b. efisiensi dan keefektifan organisasi d. perekrutan anggota
baru
50. Cara
organisasi untuk bertukar dokumen transaksi bisnis standar. Seperti faktur atau
pesanan pembelian, dengan menggunakan jaringan komputer ke komputer secara
langsung adalah.....
a.
electronic data interchange
c. nirkabel
b.
intranet d.
extranet
1. Sebelum
abad 20, tujuan spesialisasi kerja adalah
A. Peningkatan Produktivitas yang tidak akan pernah berakhir
B. Pemborosan
kerja
C. Memudahkan
system komando
D. Pemborosan
biaya
2. kerangka
kerja formal organsasi yang membagi , mengelompokan dan mengkoordinasikan tugas
suatu pekerjaan di sebut
A. struktur organisasi
B. proses
organisasi
C. desain
oraganisasi
D. fleksibilitas
organisasi
3. semakin
tinggi spesialisai, maka pekerjaan akan semakin
A. baik
B. menurun setelah melampaui titik jenuh
C. biasa
saja
D. tidak
tentu
4. Tingkat
dimana tugas dalam organisasi dibagi menjadi pekerjaan yang berbeda di sebut
juga
A. Divisi kerja
B. Bagi
bagi kerja
C. Penyederhanaan
kerja
D. Pembagian
kerja
5. Untuk
melukiskan sejauh mana tugas-tugas di organisasi itu di bagi bagi menjadi sebuah pekerjaan tersendiri
di sebut dengan istilah
A. Spesialisasi kerja
B. Kemampuan
individu
C. Tidak
ada istilah pasti
D.
departementalisasi
6. pengelompokan
spesialisasi kerja di sebut
A. departementalisasi
B. pengelompokan
kantor bagian
C. grup
kerja
D. jawaban
a,b, dan c benar
7. mengelompokan
pekerjaan berdasarkan lini produk disebut
A. departementalisasi produk
B. departementalisasi
fungsional
C. departementalisasi
geografis
D. departementalisasi
proses
8. mengelompokan
pekerjaan berdasarkan wilayah atau geografi
A. departementalisasi
produk
B. departementalisasi
fungsional
C. departementalisasi geografis
D. departementalisasi
proses
E.
9. mengelompokan
pekerjaan berdasarkan arus pemrosesan alami produk atau bahan pelanggan
A. departementalisasi
produk
B. departementalisasi
fungsional
C. departementalisasi
geografis
D. departementalisasi proses
10.
mengelompokan pekerjaan berdasarkan
kelompok pelanggan yang mempunyai kebutuhan atau masalah bersaing
A. departementalisasi
produk
B. departementalisasi
fungsional
C. departementalisasi
geografis
D. departementalisasi pelanggan
Keputusan Desain
Organisasi
Hal
291-294
Kelompok
8
Tri Utami Ningsih /
A34100047
1.
Dibawah ini mana yang menunjukan tujuan
pengorganisasian lebih tersentralisasi...
a. Lingkungannya stabil
b. Lingkungannya
rumit, tidak pasti
c. Keputusannya
relatif kurang penting
d. Perusahaan
secara geografis terpencar
2.
Tujuan pengorganisasin terdesentralisasi
yaitu, kecuali...
a. Para
manajer tingkatan rendah mampu dan berpengalaman dalam mengambil keputusan
b. Para
manajer tingkatan rendah menghendaki suara dalam keputusan
c. Keputusanya
relatif tidak penting
d. Organisasi menghadapi krsis atau risiko kegagaln perusahaan
3.
Meningkatkan pemberian wewenang
pengambilan keputusan yang baik oleh karyawan adalah...
a. Pemberdaayaan karyawan
b. Formalisasi
c. Organisasi
organis
d. Organisasi
mekanistis
4.
Tingkat dimana pekerjaan dalam
organisasi itu terstandarisasi dan sejauh mana perilaku karyawan dibimbingoleh
peraturan dan prosedur adalah...
a. Pemberdaayaan
karyawan
b. Formalisasi
c. Organisasi
organis
d. Organisasi
mekanistis
5.
Desin organisasi yang dikendalikan
secara kaku dan ketat adalah...
a. Pemberdaayaan
karyawan
b. Formalisasi
c. Organisasi
organis
d. Organisasi mekanistis
6.
Desain organisasi yang sangat fleksibel
dan mudah diubah adalah...
a. Pemberdaayaan
karyawan
b. Formalisasi
c. Organisasi organis
d. Organisasi
mekanistis
7.
Di bawah ini merupakan ciri-ciri
organisasi mekanistis, kecuali...
a. Spesialisasi
tinggi
b. Departementalisasi
kaku
c. Rantai
komando jelas
d. Formalisasi rendah
8.
Yang bukan merupakan fokus kerangka kerja strategi
dibawah ini adalah...
a. Inovasi
yang mencerminkan usaha organisasi untuk mengejar inovsi yang berarti dn unik
b. Minimalisasi
biaya, yang mencerminkan usaha organisasi untuk melakukan pengendalian biaya
secara ketat
c. Imitasi,
yang mencerminkan usaha organisasi untuk meminimalkan risiko dan memaksimalkan
peluang laba dengan meniru para pemimpin pasar.
d. Efektivitas pelaksanaan strategi perusahaan tergantung pada keterlibatn
dan fleksibilitas para manajer dalam mengambil keputusan
9.
Di bawah ini merupakan ciri-ciri
organisasi organis...
a. Spesialisasi
tinggi
b. Departementalisasi
kaku
c. Rantai
komando jelas
d. Formalisasi rendah
10. Menurut
ilmuwan Inggris, Joan Woodward membagi perusahaan berdasarkan kategori ukuran
produksi. Dibawah ini yang termasuk dalam kategori tersebut yaitu, kecuali...
a. Produksi
unit
b. Produksi
massal
c. Produksi
proses
d. Produksi pasar
Desain Organisasi yang Umum
halaman
295-298
Kelompok
8
Yosi Febrianti Bangun / A34100005
1.Dibawah
ini merupakan struktur desain organisasi
tradisional,kecuali....
a.
Struktur
sederhana
b. Struktur
fungsional
c. Struktur distribusional
d. Struktur
divisional
2.Desain
organisasi yang mengelompokan spesialisasi pekerjaan yang terkait
kedalam satu kelompok.Merupakan definisi
dari struktur....
a. Struktur
sederhana
b. Struktur fungsional
c. Struktur
distribusional
d. Struktur
divisional
3.Manakah yang merupakan kekuatan dari struktur sederhana,kecuali....
a. Hemat
biaya
b. Fokus pada hasil
c. Cepat
d. flexibel
4.Manakah pernyataan dibawah ini yang benar .....
Struktur organisasi yang keseluruhan anggotanya tersusun oleh sejumlah kelompok kerja atau
tim merupakan srtuktur proyek matrik.
a. Desain
yang luwes dan lancar yang dapat menanggapi perubahan lingkungan merupakan
keuntungan dari struktur berbasis tim.
b. Struktur berbasis tim kurang efektif
karena tidak adanya rantai komando yang jelas.
c. Struktur
tanpa batas merupakan struktur yang paling ideal dalam desain organisasi
kontemporer.
d. semua
benar
5.
Dibawah ini merupakan struktur desain
organisasi kontemporer yang benar adalah.....
a. Struktur tanpa batas
b. Struktur
organisasi manual
c. Srruktur
fungsional
d. Struktur
proyek
6.
Manakah pernyataan dibawah ini yang
benar .....
a. Struktur
yang paling ideal dalam desain organisasi tradisional adalah struktur
sederhana.
b. Struktur divisional adalah struktur adalah struktur organisasi yang
terdiri dari unit atau devisi yang
terpisah atau semi otonom.
c. Desain
organisasi tradisional memiliki lima struktur
d. semua
salah
7.Setiap struktur masing-masing memiliki kelemahan,manakah
dibawah ini yang merupakan kelemahan
dari struktur divisional....
a. Tidak
fokus pada hasil
b. Tidak
bertanggung jawab terhadap jasa mereka
c. Tidak
flexibel
d.
Kurang efisien dalam biaya
8.Manakah
yang merupakan keuntungan dari struktur
tanpa batas,kecuali...
a. Flexibel
b. Responsif
c. Menarik
bakat
d.
Desain
yang luwes
9. Efek dari lingkungan yang dinamis
terhadap struktur organisasi adalah...
a. Percepatan inovasi produk sehingga meningkatkan permintaan
b. Stuktur
organisasi akan lebih flexibilitas
c. Biaya
pemasaran lebih murah
d. Mengurangi
hambatan dibidang-bidang fungsional
10. Manakah pernyataan dibawah ini yang benar .....
a. Struktur
tanpa batas tidak memiliki kerugian
b. .
Struktur divisional adalah struktur adalah struktur organisasi yang terdiri
dari unit atau devisi yang terpisah atau
semi otonom.
c. Struktur organisasi yang keseluruhan anggotanya tersusun oleh sejumlah kelompok kerja atau tim merupakan srtuktur proyek
matrik.
d.
Desain organisasi kontemporer memiliki
empat struktur.
Struktur dan
Desain Organisasi
Hal
299-303
Kelompok
8
Gita
Sri Lesatari / A34100050
1. Apa
yang dimaksud dengan struktur matrik.....
a. struktur
organisasi dimana karyawan secara berkelanjutan bekerja pada suatu proyek
b. Struktur organisasi yang menugaskan para spesialis dari departemen
fungsional yang berbeda-beda untuk bekerja pada suatu proyek atau lebih
c. Pusat
organisasi kecil yang menyerahkan fungsi bisnis utamanya pada pihak luar
d.
Organisasi
yang telah mengembangkan kemampuan untuk terus menerus beradaptasi dan berubah.
2.
Struktur
organisasi yang dapat digunakan untuk meminimalkan batas-batas eksternal...
a. Struktur
organisasi virtual
b. Struktur
organisasi jaringan
c. Struktur
jaringan modular
d. Semua benar
3. StrawberryFrog suatu agen periklanan
internasional di Amsterdam.Staf administratif dalam jumlah kecil dalam jumlah
kecil mengakses suatu jaringan terdiri
dari sekitar 50 orang di seluruh dunia untuk menyelesaiksn proyek
periklanan.Dengan mengandalkan penjelajah web diseluruh dunia,perusahaan
menikmati suatu jaringan bakat tanpa biaya berlebih yang tidak diperlukan dan
kerumitan struktural.Contoh diatas termasuk struktur organisasi....
a. Struktur organisasi virtual
b. Struktur
organisasi jaringan
c. Struktur
jaringan modular
d. struktur
organisasi pembelajar
4.
Cisco tadinya adalah perusahaan riset
dan pengembangan yang menggunakan pemasok dari luar dan produsen
independen untuk merakit Router Internet
yang dirancang oleh para
perakitnya.Contoh diatas termasuk struktur
organisasi.....
a. Struktur organisasi jaringan
b. Struktur
organisasi modular
c. Struktur
organisasi virtual
d. Struktur
organisasi pembelajar
5.
Ciri-Ciri penting organisasi pembelajara
berkisar seputar....
a. desain
organisasi
b. kegiatan
berbagi informasi
c. kepemimpinan
d. semua benar
6.
Terbuka,tepat waktu,dan akurat termasuk bagian ciri-ciri
a. kepemimpinan
b. budaya organisasi
c. kegiatan
berbagi informasi
d. desain
organisasi
7.
Mempelancar terbentuknua visi bersama
mengenai masa depan organisasi itu dan kemudian mempertahankan agar para
anggota organisasi bekerja untuk mengikuti visi tersebut,merupakan peran
penting dari...
a. kegiatan
berbagi informasi
b. desain
organisasi
c. kepemimpinan
d. organisasi
pembelar
8.
Apa yang dimaksud dengan budaya
organisasi....
a. desain
organisasi dengan departemenisasi rendah,rentang kendali luas,wewenang terpusat
dan formalitas rendah
b. struktur
organisasi yang terdiri atas unit atau divisi yang terpisah atau semi otonom
c. desain
organisasi yang dikendalikan secara kaku dan ketat
d. setiap orang menyetujui visi bersama dan setiap orang menyadari kaitan
yang melekat diantara berbagai proses,kegiatan ,fungsi, dan lingkunga eksternal organisasi.
9. Organisasi
moduler adalah....
a. organisasi produksi yang menggunakan pemasok dari luar untuk
menyediakan komponen produk atau modul yang kemudian dirakit menjadi produk
jadi.
b. organisasi
yang telah mengembangkan kemampuan untuk terus menerus beradaptasi dan berubah.
c. struktur
organisasi dimana karyawan secara berkelanjutan bekerja pada suatu proyek
d. struktur
organisasi yang mengelompokkan spesialisasi pekerjaan yang serupa atau terkait
dalam suatu kelompok.
10. Berikut
yang termasuk desain organisasi kontemporer...
a. truktur
sederhana
b. struktur
fungsional
c. struktur
divisional
d. struktur matriks dan struktur proyek
1.
Manajer adalah anggota organisasi yang menyuruh
orang lain melakukan sesuatu dan memberi tahu cara melakukannya.
2.
Manajer adalah seseorang yang bekerja dengan dan
melalui orang lain dengan mengoordinasikan kegiatan-kegiatan pekerjaan mereka
guna mencapai sasaran organisasi tersebut.
3.
Pada
organisasi yang berstruktur tradisional (biasanya digambarkan dalam bentuk piramida,
dimana jumlah karyawan lebih besar di bagian bawah daripada puncak).
4.
Manajer puncak
merupakan manajer di dekat tingkatan puncak organisasi yang bertanggung jawab
membuat keputusan yang berlingkup keseluruhan organisasi dan menyusun sasaran
serta rencana yang memengaruhi organisasi secara keseluruhan.
5.
Manajer pada lini pertama merupakan manajemen
tingkatan paling rendah dalam organisasi yang mengelola pekerjaan karyawan
non-manajerial yang terlibat dalam produksi atau penciptaan produk oraganisasi.
6.
Manajer menengah merupakan manajer manajer di antara
tingkatan lini pertama dan tingkatan puncak organisasi yang mengelola pekerjaan
pada lini pertama.
7.
Manajer lini pertama mengelola pekerjaan
karyawan non-manajerial terlibat
dalam produksi.
8.
Dalam tingkatan keorganisasian manajer puncak
menempati tingkatan tertinggi.
9. Dalam
tingkatan keorganisasian terdapat manajer puncak, manajer menengah, manajer
lini pertama, dan karyawan
non-manajerial yang terletak pada bagian paling bawah tingkatan
keorganisasian.
10. Tingkatan
keorganisasian yang berbentuk piramida dimana jumlah karyawan lebih besar di
bagian bawah daripada puncak.
Arlina
1.
Seseorang yang melakukan koordinasi dan
pengawasan terhadap pekerjaan orang lain demi mencapai sasaran-sasaran
organisasi disebut... (manajer)
2.
Melakukan pekerjaan secara tepat
sasaran, atau menghasilkan output sebanyak mungkin dari input sesedikit mungkin
merupakan... (efisiensi)
3.
Aktivitas kerja yang melibatkan
koordinasi dan pengawasan terhadap pekerjaan orang lain, sehingga pekerjaan
tersebut dapat diselesaikan secara efisien dan efektif disebut ...(manajemen)
4.
Melakukan pekerjaan-pekerjaan yang
tepat, atau menyelesaikan aktivitas –aktivitas yang secara langsung mendorong
tercapainya sasaran-sasaran organisasi merupakan... (efektivitas)
5.
Salah satu fungsi manajemen adalah
mendefinisikan sasaran-sasaran, menetapkan strategi, dan mengembangkan rencana
kerja untuk mengelola aktivitas-aktivitas yang disebut dengan fungsi ... (perencanaan)
6.
Menentukan apa yang harus diselesaikan ,
bagaimana caranya , dan siapa yang akan mengerjakannya, merupakan fungsi
manajemen sebagai ... (fungsi
penataan)
7.
Memotivasi , memimpin, dan tindakan
–tindakan lainnya yang melibatkan interaksi dengan orang-orang lain merupakan
fungsi manajemen sebagai ... (fungsi
kepemimpinan)
8.
Mengawasi aktivitas-aktivitas demi
memastikan segala sesuatunya terselesaikan sesuai rencana merupakan fungsi
manajemen sebagai ... (fungsi
pengendalian)
9.
Para manajer yang menduduki posisi
diantara jenjang teratas organisasi yang mengelola pekerjaan para manajer lini
pertama disebut... (middle
manager)
10.
Para manajer dijenjang terbawah
manajemen yang mengelola pekerjaan para karyawan non-manajerial dan biasanya
terlibat secara langsung atau tak langsung didalam aktivitas memproduksi
barang-barang atau jasa untuk para pelanggan organisasi disebut... (first-line manager)
Rois
1.
Sebutan lima fungsi manajer menurut
Henry Fayol!
Jawab : merancang, mengorganisasi, memerintah, mengoordinasi, dan mengendalian
2.
Sebutan empat fungsi dasar manajemen!
Jawab : merencanakan, mengorganisasi, memimpin dan mengendalikan.
3.
Fungsi organisasi ada untuk
mencapai......tertentu.
Jawab : Tujuan
4.
Para manajer bertanggung jawab merancang
pekerjaan guna mencapai sasaran organisasi. Fungsi tersebut disebut.......
Jawab : Pengorganisasian
5.
Fungsi yang mencakup proses perumusan sasaran, membangun strategi
guna mencapai sasaran tersebut dan mengembangkan rencana adalah fungsi....?
Jawab : Perencanaan
6.
Setiap orang mencakup oran-orang dan
tugas manajemen adalah bekerja dengan dan melalui orang lain guna mencapai
sasaran organisasi tersebut, merupakan fungsi dari....?
Jawab : kepemimpinan
7.
Fungsi manajemen yang mencakup memantau
kinerja aktual, membandingkan aktual dengan standar, membuat koneksi bila perlu
merupakan fungsi dari?
Jawab
: Pengendalian
8.
Peran yang mengacu pada katagori-
atagori tertentu perilau manajerial adalah peran dari?
Jawab
: Manajemen
9.
Peran manajerial yang melibatkan orang
dan tugas yang lain yang bersifat seremonial dan simbiosis disebutperan ?
Jawab : Peran antarpribadi
10.
Peran manajerial yang meliputi menerima,
mengumpulkan, dan menyebarkan informasi disebut dengan peran?
Jawab : Peran Informasional.
ADHILA ASRI YULIANI A34100012 HAL
12-17
1.
Kemampuan berpikir dan konseptualisasi
tentang situasi yang abstrak disebut ….(Keahlian Koseptual)
2.
Menurut Robert L. Katz manajer
membutuhkan tiga keahlian kompetensi yang hakiki yaitu…(Keahlian Teknis, Keahlian tentang orang, Keahlian
Koseptual)
3.
Menurut derajat kepentingan keahlian
teknis dibutuhkan bagi ….. (manajemen
tingkat bawah)
4.
Menurut
asosiasi manajemen Amerika keahlian penting bagi manager meliputi 4
aspek yaitu …..(keahlian
koseptual, keahlian komunikasi, keahlian keefektifan, dan keahlian
interpersonal)
5.
Keahlian manajerial yang di dalam nya
terdapat poin jaringan di dalam dan di luar organisasi adalah …. ( Keahlian interpersonal)
6.
Dua perubahan yang akan berdampak besar
pada pekerjaan manajer adalah ….. dan …. ( konsumen dan inovasi)
7.
Pemberian wewenang pada karyawan
merupakan bentuk dari …. (perubahan
teknologi/digitalisasi)
8.
Melakukan sesuatu yang berbeda,
mempelajari wilayah baru, dan mengambil resiko disebut …. (inovasi)
9.
Contoh perusahaan di luar negeri yang
meminta konsumen nya untuk menilai “kebutuhan dasar” dalam penerbangan adalah
….. (Qantas Airways)
10.
Keahlian manajerial yang memfokuskan
pada konsumen adalah …. (keahlian
keefektifan)
Lena Ayu Apriliani A34100044 Halaman
18-22
1.
Pengaturan yang tersusun terhadap
sejumlah orang untuk mencapai tujuan tertentu disebut… organisasi
2.
Salah satu contoh organisasi di
lingkungan masyakat .. karang
taruna
3.
Tiga syarat organisasi antara lain … tujuan, stuktur, dan orang
4.
Stabil, tidak fleksibel, berorientasi
perintah dan peraturan merupakan ciri dari organisasi … tradisional
5.
Salah satu cirri organisasi modern
antara lain … dinamis,
fleksibel, focus paada keahlian, bekerja dimana saja dan kapan saja
6.
Hal-hal yang menyebabkan organisasi
berubah antara lain … ekonomi,
teknologi, dan lingkungan
7.
Beberapa tugas manajer anatara lain … merencanakan, mengorganisasi,
memimpin, dan mengendalikan
8.
Aplikasi ilmu manajemen pada semua
bidang organisasi disebut … keuniversalan
manajemen
9.
Memotivasi pekerjaan dalam situasi yang
kacau dan tak menentu merupakan … tantangan manajer
10.
Mendukung, melatih, dan membimbing yang
lain merupakan .. tugas
manajer
1.
Orang-orang yang bertanggung jawab
memastikan tetap tersedianya bahan baku bagi para pekerja disebut...................
Jawab
: Paramajer
2.
Bentuk nyata dari Manajer masa lampau
atau masa kuno adalah..................
Jawab:
Bagunan piramida mesir
3.
Kota vanesia,Italia Pada era 1400an merupakan pusat...............
Jawab:
Perdagagaan dan
perekonomian dibenua Eropa
4.
Pembagian tugas dan tanggung jawab
kedalam bidang yang sempit dan khusus, serta dilakukan secara berulang-ulang
merupakan pembagian kerja menurut......
Jawab
: Adam Smith
5.
Pada Tahun 1776 Adam smith menerbitkan
bukunya yang berjudul.........
Jawab:
The wealth of nations
6.
Ada dua kejadian yang patut mendapat
perhatian khusus dalam sejarah manajemen yaitu.........dan...........
Jawab
: Pembagian kerja dan
Revolusi industri
7.
Masa ketika tenaga mesin telah menggeser
peran tenaga manusia disebut.............
Jawab:
Revolusi industri
8.
Sebutkan empat pendekatan utama dalam
ilmu manajemen territis................
Jawab
: Klasik, kuantitatif,
perilaku dan kontemporer
9.
Teori utama pendekatan klasik adalah......
Jawab
: Manajemen ilmiah dan
administrasi umum
10.
Sasaran utama pendekatan klasik adalah.............
Jawab
: Pada rasionalitas dan
berusaha menjadikan organisasi dan para pekerja berfungsi seefisien mungkin
11.
Bapak manajemen ilmiah adalah.....
Jawab
: Frederick Winslow Tylor
12.
Sebuah pendekatan manajemen yang menerapkam metode –metode
ilmiah dalam rangka menemukan suatu
cara terbaik untuk melakukan sebuah
pekerjaan disebut dengan...............
Jawab:
Manajemen ilmiah
13.
Pengikut taylor yang paling terkenal
adalah...................
Jawab
: Frank dan Lillian
Gilbreth
14.
Eksprimen Frank yang terkenal adalah................
Jawab
: Menyusun batu bata nya
15.
Teori yang lebih melakukan pendekatan
dari sudut pandang organisasi secara keseluruhan disebut...............
Jawab
: Teori administrasi umum
16.
Henri Fayol dan Max Weber merupakan dua
orang yang paling berpengaruh dalam..........
Jawab
: Perkembangan Terori
administrasi umum.
17.
Sebutkan 5 fungsi yang harus dijalankam
manajer menurut Fayol.................
Jawab
: Perencanaan, penataan,
penugasan, koordinasi dan pengendalian.
18.
Teori tentang otoritas dan
hubungan-hubungan kewenangan berdasarkan
sebuah model organisasi ideal yang disebut
birokrasi, Teori ini dikemukakan oleh............
Jawab
: Max Weber.
19.
sebuah bentuk organisasi yang bercirikan
pembagian pekerjaan,sebuah hirarki kepemimpinanan yang jelas,arahan-arahan dan
aturan-aturan yang lugas,serta hubungan antar anggota yang tidak bersifat pribadi
disebut dengan................
Jawab
: Birokrasi
20.
Sebutkan 3 dari 14 prinsip manajemen!
Jawab: 1. Pembagian kerja 2. Kewenangan
3. Disiplin
Samaja
Purba_A34100008 : Bab 2. Halaman 40-43
1. Manajemen
mutu berfokus pada proses-proses kerja sebagai cara meningkatkan mutu barang
dan jasa secara terus-menerus ialah..........
Berfokus Pada Proses.
2. Manajemen
mutu memamfaatkan teknik–teknik statistik untuk mengukur setiap variabel kritis yang ada di dalam proses-proses kerja
organisasi Disebut............
Pengukuran yang akurat
3. Manajemen mutu yang melibatkan orang di dalam proses
perbaikan Disebut...........
Pemberdayaan Karyawan
4. Penggunaan
teknik–teknik kuantitatif untuk membantu proses pengambilan keputusan
Disebut................
Pendekatan kuantitatif
5. Bidang
studi khusus yang mempelajari secara mendalam tindakan–tindakan (perilaku) yang
bekerja di sebuah organisasi Disebut..............
Perilaku Organisasi
6. Manajer
yang melakukan penyusunan anggaran, penjadwalan, pengendalian mutu (quality control) dan
pengambilan-pengambilan lain semacamnya yang mengandalkan bantuan tekik
Disebut.................
Teknik Kuantitatif
7. Sebuah
“Pengkhianatan” terhadap pendekatan-pendekatan menajemen yang terdahulu yang
terlalu berpengang teguh terhadap keyakinan bahwa menekan biaya adalah
satu-satunya cara untuk meningkatkan produktivitas Disebut...................
TQM
8. Penerapan
teknik–teknik kuantitatif untuk memperbaiki proses pengambilan keputusan
Disebut................
Sains Manajemen
9. Model kuantitas pemesanan ekonomis yang dapat
membantu para manajer menentukan jumlah barang persedian (inventory)
yang optimal Disebut......................
Economic order quantity atau EQQ
10. Pemanfaatan
penelitian di bidang geometri ruang waktu perusahaan America West Airlines
baru–baru ini merancang sebuah proses inovatis untuk menaikkan penumpaang ke
dalam pesawat terbang yang disebut piramida terbalik. Bidang sains yang
menelaah pengelolan antrian semacam ini Disebut............
Teori Antrian
shbatul Umami_A34100107
: Bab 2 Hlm. 44-47
1.
Organisasi merupakan sistem.........
[Terbuka]
2.
Berkomunikasi dg para karyawan dan
mendorong mereka untuk mengerahkan usaha terbaik mereka merupakan.............seorang
manager
[Tugas]
3.
Salah satu orang yg menyadari bahwa
organisasi dapat dipandang dari prespektif perilaku individu dan kelompok orang
mrupakan pendapat dari............
[Mary Parker Follettt]
4.
Serangkaian studi yang dilakukan di
perusahaan Western Electric Company Works disebut.............
[Kajian-kajian Hawthorne]
5.
Studi tersebut bertempat di kota..............
[Cicero,Illions, A.S]
6.
Para insyinyur Western Electric meminta
seorang profesor untuk bergabung di dalam proyrk kajian Hawthorne pada tahun.................
[1927]
7.
Kesisteman dan situasional merupakan
pendekatan...............
[Kontemporer]
8.
Judul buku Chester Barnard adalah..................
[The Functions of an Executive]
9.
Sekumpulan bagian yang saling terkait
dan saling bergantung antara satu dan lainnya di sebut..................
[Sistem]
10.
Bidang study khusus yang mempelajari
secara mendalam perilaku orang yang bekerja di organisasi dikenal
sebagai.............
[Perilaku Organisasi]
11.
Salah satu pendukung awal studi perilaku
organisasi adalah..............
[Robert Own, Hugo Munsterberg, Mary
Parker Follet, Chester Barnard]
12.
Tokoh yang menggagas bahwa sebuah tempat
kerja yang ideal adalah...................
[Robert Owen]
13.
Seorang perintis di bidang psikologi
industri tentang bagaimana orang bekerja adalah................
[Hugo Munsterberg]
14.
Penggagas yang pertama kali bahwa
organisasi merupakan sistem terbuka adalah............
[Chester Barnard]
15.
Sistem yang tidak dipengaruhi dan tidak
pula berinteraksi dg lingkungan sekitarnya disebut....................
[sistem tertutup]
16.
Sistem yang dipengaruhi dan berinteraksi
dengan lingkungan yang tempatnya berbeda disebut......................
[sistem terbuka]
17.
Para peneliti ilmu managemen mulai
mengalihkan perhatiannya ke hal-hal yang terjadi di luar batas2 organisasi pada
tahun.................
[1960]
18.
Salah satu teori dasar di dalam ilmu
fisika disebut...................
[Teori Sistem]
19.
Studi yang dijalnakan oleh kajian2
hawthorne dijalankan selama periode...................
[antara 192n hingga 193-n]
20.
Dua pendekatan managemen kontemporer
adalah.......................
[Kesisteman dan situasional]
lischa_A34090048
: Bab 2 hlm. 47-49
1.
Ada 2 pendekatan manajemen kontemporer
yaitu................dan...............yang merupakan bagian dari arus
perubahan dalam manajerial.
Kesisteman dan situasional
2.
Terdapat pula 2 tipe dasar sistem
yaitu.............dan...............
Sistem tertutup dan sistem terbuka
3.
Teori dasar ilmu fisika yang pada masa
lampau belum pernah diterapkan di dalam organisasi-organisasi
adalah..................
Teori sistem
4.
Ada sebuah pendekatan yang berpengaruh
bagi manajer untuk mengatur sebuah organisasi, pendekatan ini disebut
dengan..............
Pendekatan sistem
5.
Sekumpulan bagian yang saling terkait satu
sama lain dengan saling bergantung antara satu sama lainnya, yang ditta
sedemikian rupa hingga membentuk sebuah kesatuan yang utuh. Pengertian tersebut
merupakan definisi dari.....................
Sistem
6.
Sistem yang tidak dipengaruhi dan tidak
berinteraksi dengan lingkungannya disebut...............
Sistem tertutup
7.
Sedangkan sistem berinteraksi dengan
lingkungannya disebut................
Sistem terbuka
8.
Organisasi juga dapat disebut dengan
sebuah sistem yang termasuk pada............karena berinteraksi dengan
lingkungannya
Sistem terbuka
9.
Organisasi bergantung pada lingkungannya
untuk menyerap output yang dihasilkannya. Hal ini juga terkait
dengan......................
Pendekatan sistem
10.
Dalam prinsip pembagian kerja (division of labor) ada sebuah pendekatan
yang digunakan secara luas, namun pekerjaan menjadi lebih spesifik. Pendekatan
ini disebut dengan...................
Pendekatan situasional
1.
Dalam
budaya dan lingkungan terdapat 2 pandangan yaitu apa?
Jawab : Pandangan mumpuni dan pandangan simbolis
2.
Pada
pandangan mumpuni para manager selaras dengan gambaran apa?
Jawab : stereotip
3.
Pada
tahun 1958 Gore telah menerapkan metode kerja tim dengan susunan organisasi
yang seperti apa?
Jawab : Felksibel dan Nonhierarkis
4.
Budaya
organisasi telah diketengahkan sebagai apa?
Jawab : Nilai-nilai, prinsip-prinsip, tradisi dan cara-cara bekerja.
Jawab : Nilai-nilai, prinsip-prinsip, tradisi dan cara-cara bekerja.
5.
Apa
itu budaya yang kuat?
Jawab : Budaya yang menanmkan nilai-nilai utama
secara kokoh dan diterima secara luasdikalangan para karyawan.
6.
Dalam
budaya lemah nilai-nilai hanya dianut oleh siapa?
Jawab : Segolongan orang saja didalam organisasi
7.
Bagaimana
para karyawan mempelajari budaya?
Jawab : Belajar melalui cerita, acara-acara
simbolik (ritual), simbol-simbol kebendaan, dan bahasa
8.
Acara-acara
simbolis (ritual) itu seperti apa?
Jawab : Penyerahan tiang atau estafet tiang
9.
Apa
kendala-kendala dalam kekuasaan manajemen?
Jawab : Lingkungan organisasi dan budaya organisasi
10. Terakhir para karyawan
beradaptasi dengan budaya organisasi melalui apa? jelaskan
Jawab : Sosialisasi, yaitu sebuah proses yang
membantu para karyawan memahami cara-cara organisasi menjalankan berbagai
pekrjaan.
Soal hal 71-80 (Buku acuan Manajemen edisi kesepuluh jilid 1)
Stephen P. Robbins Mary Coulter
Stephen P. Robbins Mary Coulter
(Urwatil
wutsqo)
1. Tingat
kepedulian manajemen pada kepuasan karyawan merupakan fungsi dari cara manajer
menjalankan tugas dalam hal apa?
Jawab
: Kepemimpinan
2. Benar
atau salah menciptakan budaya beretika, menciptakan budaya inovatif,
menciptakan budaya yang cepat tanggap terhadap tuntunan pelanggan ,menciptakan
budaya yang mendukung kebhinekaan merupakan isu-isu budaya organisasi?
Jawab
: Benar
3. Sebutkan salah satu contoh bahwa budaya
organisasi menegakkan standar etika yang tinggi di kalangan para anggota
organisasi.
Jawab
: budaya yang memberikan toleransi tinggi terhadap risiko,
memberi ruang bagi agrestivitas yang rendah atau sedang-sedang saja, dan
memberi penekanan yang sama kuat pada hasil maupun proses.
4. Faktor
apa yang menjadi penggerak terpenting bagi timbulnya inovasi dalam sebuah
perusahaan?
Jawab
: Budaya perusahaan
yang mendukung hal itu.
5. Sebutkan
tiga ciri-ciri bahwa perusahaan menciptakan budaya inovatif?
Jawab
: Tantangan dan
keterlibatan, kebebasan, kepercayaan dan keterbukaan
6. Mempekerjakan
orang-orang dengan latar belakang yang heterogen, baik ras, etnik usia, jenis
kelamin merupakan isu-isu budaya organisasi terkini yang bersifat apa?
Jawab
: Menciptakan
budaya yang mendukung kebhinekaan tenaga kerja.
7. Faktor-faktor dan kekuatan yang berada diluar
organisasi namun mempengaruhi kinerja organisasi merupakan definisi dari apa?
Jawab
: Lingkungan
eksternal
8. Sebutkan
dua komponen lingungan eksternal!
Jawab
: Lingkungan
spesifik dan lingkungan generik (umum)
9. Benar
atau salah lingkungan spesifik sebuah organisasi bersifat khas bagi organisasi
itu sendiri?
Jawab
: Benar
10. Sebutkan
tiga kekuatan utama yang membentuk lingkungan umum!
Jawab
: Kondisi ekonomi,
kondisi politik atau hukum, Kondisi sosial budaya.
Soal hal 81-90 (Buku acuan Manajemen edisi kesepuluh jilid 1)
Stephen P. Robbins Mary Coulter
Stephen P. Robbins Mary Coulter
(Johana)
1. Kondisi
eksternal yang lebih luas yang dapat mempengaruhi kinerja sebuah organisasi
disebut dengan ………… (Lingkungan umum)
2. Perubahan
penghasilan yang dapat dibelanjakan disebut dengan……….. (Disposable income)
3. Salah
satu komponen dari lingkungan umum yang membatasi hak dan wewenang para manajer
dengan mempersempit ruang gerak dan pilihan mereka adalah…… (Kondisi politik/hokum)
4. Salah
satu komponen dari lingkungan umum yang meliputi berbagai karakteristik
kependudukan adalah……. (Kondisi demografis)
5. Salah
satu komponenn dari lingkungan umum yang paling cepat mengalami perubahan
adalah….. (Teknologi)
6. Jumlah
komponen dalam sebuah lingkungan organisasi dan tingkat pemahaman organisasi
mengenai komponen-komponen tersebut adalah….. (Kompleksitas lingkungan)
7. Laju
perubahan dalam sebuah lingkungan organisasi disebut…. (Ketiakpastian lingkungan)
8. Lingkungan
dimana pesaing baru tidak pernah muncul disebut dengan….. (Lingkungan stabil)
9. Dimensi
lain dari ketidakpastian lingkungan selain kompleksitas lingkungan adalah…… (Laju perubahan)
10. Sembarang
pihak yang ada dalam lingkungan organisasi yang terpengaruhi oleh tindakan
organisasi disebut dengan…… (Stakeholders)
Soal hal 100-110 (Buku acuan Manajemen edisi kesepuluh jilid 1)
Stephen P. Robbins Mary Coulter
Stephen P. Robbins Mary Coulter
(Markus)
1.
Salah satu fitur penting dalam
lingkungan global masa kini adalah…. (Perdagangan global)
2.
Persekutuan-persekutuan perdagangan
regional dan perjanjian dagang merupakan dua kekuatan yang membentuk….. (Perdagangan global)
3.
Satu-satunya organisasi global yang
berwenang terkait peraturan dagang antarnegara adalah……. (World Trade
Organization)
4.
Perusahaan yang mencakup semua tipe
perusahaan internasional yang menjalankan operasi di banyak negara disebut….. (Perusahaan multinasional)
5.
Perusahaan yang menjalankan
desentralisasi manajemen dan keputusan lainnya ke nedara lokal disebut……(Perusahaan
multidomestik)
6.
Perusahaan yang mensentralisasi
manajemen dan keputusan lainnya di negara asal disebut dengan…. (Perusahaan global)
7.
Kegiatan berupa mengumpulkan bahan
mentah dan tenaga kerja dari seantero dunia berdasarkani harga termurah disebut
dengan….. (Global
outsorcing)
8.
Sistem ekonomi dimana kebanyakan sumber
daya dimiliki dan diberdayakan oleh sector swasta disebut… (Ekonomi
pasar bebas)
9.
Sistem ekonomi dimana
keputusan-keputusan ekonomi diterapkan oleh pemerintah pusat disebut…. (Ekonomi berencana)
10.
Salah satu aspek yang berpengaruh
terhadap tingkat suku bunga,nilai tukar mata uang,biaya hidup,dan kepercayaan
diri menyeluruh dari system ekonomi dan politik suatu negara adalah……. (Inflasi)
Soal hal 111-120 (Buku acuan Manajemen edisi kesepuluh jilid 1)
Stephen P. Robbins Mary Coulter
Stephen P. Robbins Mary Coulter
(Adyantara) Tidak Mengerjakan
Imam
Sholikhin (Bab 5: 120-124)
1.
Tanggung jawab
sosial manajemen menurut pandangan klasik adalah ... . (memaksimalkan laba)
2.
Menurut Milton
Friedman tanggung jawab utama manajer adalah menjalankan bisnis sesuai dengan
... pemegang saham. (kepentingan
terbesar)
3.
Pandangan ...
menyatakan bahwa tanggung jawab sosial manajemen bukan sekedar menghasilkan
laba tetapi juga mencakup melindungi dan meningkatkan kesejahteraan sosial. (sosial ekonomi)
4.
Para penganut
ajaran klasik akan mengatakan bahwa pemegang saham atau pemilik adalah ... . (satu-satunya yang berhak memerhatikan).
5.
Tahap model
progresi yang pertama dari tanggung jawab sosial organisasi adalah ... . (pemilik dan manajemen)
6.
Tahap model
progresi yang keempat dari tanggung jawab sosial organisasi adalah ... . (masyarakat luas)
7.
Kewajiban
perusahaan untuk memenuhi tanggung jawab ekonomis dan hukum merupakan
pengertian dari ... . (kewajiban
sosial)
8.
Kemampuan
perusahaan untuk menyesuaikan diri dengan keadaan masyarakat yang berubah-ubah
merupakan pengertian dari ... . (ketanggapan sosial)
9.
Kewajiban
perusahaan bisnis di luar yang dituntut oleh hukum dan pertimbangan ekonomi,
untuk mengejar berbagai sasaran jangka panjang yang baik bagi masyarakat
merupakan pengertian dari ... . (tanggung jawab sosial).
Andika
Septiana (Bab 5: hlm 125-129)
1.
Cara lain untuk
memadang masalah tanggung jawab social dan kinerja ekonomi adalah dengan
mengevaluasi dana saham
bersama (reksadana)
2.
Reksadana
menggunakan jenis penyaringan social yang menerapkan criteria social ke keputusan investasi
3.
Kesadaran yang
erat kaitannya antara keputusan dan kegiatan organisasi dengan dampaknya
terhadap lingkungan alam disebut sebagai manajemen yang ramah lingkungan
4.
Pendekatan yang
digunakan oleh perusahaan dengan memperlihatkan sedikit kepekaan lingkungan
adalah pendekatan hukum
5.
Pendekatan yang
menyediakan permintaan pelanggan atas produk yang ramah lingkungan adalah pendekatan pasar
6.
Pendekatan yang
memilih menanggapi banyak tuntutan yang dibuat oleh karyawan, pemasok, investor
atau masyarakat disebut pendekatan pemercaya
7.
Perusahaan
mencari cara guna menghormati dan melestarikan bumi serta sumber-sumber alamnya
merupakan pendekatan
aktivis
8.
Pendekatan
terhadap pengelolaan dimana para manager menetapkan, memajukan, dan
mempraktikan nilai-nilai bersama sebuah organisasi disebut manajeman berbasis nilai
9.
Salah satu
tujuan nilai bersama yang bertindak sebagai pedoman bagi keputusan dan tindakan manajerial
Dayang
Diani Putri (Bab 5: 130-134)
1.
Peraturan dan
prinsip yang mendefinisikan tindakan benar salah disebut... (Etika)
2.
sebutkan empat
sudut pandang mengenai etika bisnis... (pandangan utilitarian, pandangan hak, pandangan teori
keadilan, pandangan teori kontrak sosial terpadu)
3.
Pendekatan
etika yang konsisten dengan sasaran bisnis seperti efisiensi, produktivitas,
dan laba adalah... (pendekatan
utilitarian)
4.
Tingkatan
penegembangan moral pertama pada tahap-tahap perkembangan moral disebut... (tingkatan pra-konvensional)
5.
(pandangan etika teori kontrak sosial terpadu)... merupakan pandangan etika yang mengusulkan bahwa keputusan
etika harus didasarkan pada keberadaan norma-norma etika dalam industri dan
masyarakat sehingga menentukan apakah
undang-undang benar atau salah.
6.
Orang yang
bertanggungjawab dalam menetapkan dan memelihara nilai-nilai perusahaan yang
ingin ditanamkan pada karyawan adalah... (manajer organisasi)
7.
Pandangan etika
dimana para manajer memaksakan dan mendorong peraturan secara adil, tidak
memihak, dan tindakan itu dilakukan dengan mengikuti seluruh peraturan dan
perundang-undangan di bidang hukum disebut... (pandangan etika teori keadilan)
8.
Pada tingkatan
... (prinsip)
individu melakukan upaya yang jelas untuk mendefinisikan prinsip-prinsip moral
terlepas dari wewenang kelompok yang menaungi mereka atau masyarakat pada
umumnya
9.
Nilai-nilai
bersama perusahaan berperan dalam... (memandu cara karyawan bekerja dan menyatukan mereka dalam tujuan yang
sama)
Susilawati
(Bab 5: 135-139)
1. Tingkatan perkembangan moral individu terdiri dari . . .
Prakonvensional
Konvensional
Prinsip
2. Ukuran kepribadian tentang kekuatan
keyakinan seseorang disebut . . .
Kekuatan ego (ego strength)
3. Kemampuan seseorang mengendalikan nasib sendiri disebut . . .
Kendali internal
4. Sifat kepribadian yang mengukur derajat
sampai seberapa orang yakin bahwa mereka mampu mengendalikan nasib mereka
sendiri disebut dengan . . .
Tempat kendali (locus of control)
5. Menaati peraturan saat hanya ketika berbuat seperti itu merupakan
kepentingan langsung, dan menaati peraturan untuk menghindari hukuman fisik
termasuk tingkatan perkembangan moral individu yang . . .
Pra-konvensional
6. Individu yang lebih cenderung melakukan apa yang mereka anggap
benar, merupakan individu yang mempunyai skor kekuatan ego yang . . .
Tinggi
7. Tahap perkembangan moral terkait dengan karakteristik individu, desain struktur organisasi, intensitas dari issu etis dan . . .
Budaya organisasi
8. Yang termasuk tempat kendali adalah . . . dan . . .
Kendali internal dan kendali eksternal
9. Secara garis besar terdapat tiga prinsip dalam kesepakatan global,
yakni . . .
Hak asasi manusia, standar
buruh, dan lingkungan
Jayang
Arumansyah (Bab 5: 140-144)
1.
Dalam
organisasi terdapat wawancara , tes, penelitian latar belakang, dan sebagainya
harus digunakan untuk menghilangkan para pelamar yang etikanya dipertanyakan,
ini merupakan proses dari seleksi
karyawan
2.
Pernyataan
formal mengenai nilai utama dan peraturan etika organisasi yang diharapkan akan
diikuti oleh para karyawan disebut kode etik
3.
Dalam Audit
Sosial Independen, sebuah unsur penting perilaku yang tidak etis adalah rasa takut tertangkap
4.
Bagian yang
mengevaluasi keputusan dan praktek manajemen berdasarkan kode etik perusahaan
maupun meningkatkan kemungkinan pengungkapan tadi disebut Audit Sosial Independen
5.
Siapa yang
menentukan irama budaya dalam melakukan bisnis secara etis memerlukan komitmen
maupun melalui berbagai praktek pemberian hadiah dan hukuman adalah manajer puncak
6.
Dalam pelatihan
etika, semakin hari semakin banyak organisasi yang menyelenggarakan seminar,
lokakarya, dan progam pelatihan etika serupa untuk meningkatkan perilaku etis
7.
Jika organisasi
menginginkan karyawannya untuk menjujung tinggi standar etika, maka organisasi
harus menyertakan dimensi tersebut ke dalam proses penilaian kinerjanya
8.
Agar sasaran
tersebut dapat mengurangi ketidakjelasannya bagi para karyawan dan memberi
motivasi maka sasarannya harus jelas dan realistis
Tiara
Suciaty (Bab 5: 145-148)
1. Sebuah
pendekatan untuk mengelola di mana manajer membangun, mempromosikan,
dan mempraktekkan nilai-nilai organisasi bersama adalah
.......... nilai
berbasis manajemen
2. hal yang harus dilakukan untuk mengembangkan pernyataan
perusahaan yang baik diantaranya adalah........
melibatkan semua orang di perusahaan dan menyesuaikan nilai-nilai oleh masing-masing departemen atau unit.
melibatkan semua orang di perusahaan dan menyesuaikan nilai-nilai oleh masing-masing departemen atau unit.
3. dalam
hal mengejar tujuan-tujuan sosial perusahaan, seorang manager akan
mempromosikan kepentingan pemegang saham dengan berusaha meminimalkan biaya dan
memaksimalkan keuntungan dengan mengikuti semua hukum dan peraturan yang
berlaku dan manajer tidak merasa berkewajiban untuk memenuhi kebutuhan
masyarakat lainnya. Hal ini konsisten dengan pandangan........ tanggung jawab sosial klasik
Friedman
4. pandangan
utilitarian, pandangan hak, teori pandang keadilan, dan kontrak sosial
adalah.... empat
perspektif etika bisnis
5. etika
mengatakan bahwa keputusan etis yang dibuat semata-mata atas dasar hasil atau
konsekuensi adalah definisi dari..... Pandangan utilitarian
6. kelemahan dari Utilitarianisme adalah... bisa mengakibatkan hak-hak dari beberapa stakeholder
diabaikan.
7. teori
yang akan digunakan oleh seorang manajer ketika memutuskan untuk memberikan
tingkat yang sama dari membayar untuk individu yang serupa di tingkat mereka
keterampilan, kinerja tanggung jawab, atau dan tidak mendasarkan keputusan itu
pada perbedaan sewenang-wenang seperti jenis kelamin, kepribadian, ras, atau
favorit pribadi adalah........teori perspektif keadilan
8. Pandangan
etika didasarkan pada integrasi dari dua "kontrak": kontrak sosial
umum yang memungkinkan perusahaan untuk beroperasi dan mendefinisikan
aturan-aturan dasar dapat diterima, dan kontrak yang lebih spesifik di antara
anggota komunitas yang membahas cara-cara berperilaku yang dapat diterima adalah
definisi dari................. teori kontak integratif sosial
9. Sisi negatif
dari perspektif hak
asasi adalah dapat menyajikan hambatan
untuk produktivitas dan
efisiensi yang tinggi dengan
menciptakan iklim kerja yang
lebih peduli dengan melindungi hak-hak
individu dibandingkan dengan
mendapatkan pekerjaan yang dilakukan. Namun disisi
lain, perspektif hak
asasi dapat mendatangkan hal positif yaitu dengan…… melindungi hak-hak dasar individu, tetapi memiliki sisi
10. melindungi hak-hak kebebasan
berbicara karyawan yang melaporkan pelanggaran hukum oleh
majikan mereka berkaitan dengan menghormati dan
melindungi kebebasan individu dan hak-hak
istimewa seperti hak atas
privasi, kebebasan hati nurani, kebebasan
berbicara, kehidupan dan keselamatan, dan
proses hukum merupakan contoh penerapan perspektif lain etika yaitu……
pandangan hak etika
11.
Seorang manajer di Amerika Utara
mengambil suatu keputusan secara ..(intuitif)..
12.
Pengambilan keputusan para manajer
Jepang lebih berorientasi ..(kelompok)..
13.
Tiga kriteria keputusan etis yaitu ..(utilitarian).., ..(hak).., dan ...(keadilan)...
14.
(Dalam kriteria....(utilitarian)...keputusan
– keputusan diambil semata – mata atas dasar hasil atau konskuensi.
15.
Seorang tokoh yang mengambil keputusan
berdasarkan pembangunan prinsip laba berimbang dari perusahaan dan tanggung
jawab sosial...(Robert
Holland)..
16.
Pengambilan keputusan, dalam organisasi
yang mengejar laba cenderung merasa aman dan nyaman bila menggunakan ...(utilitarianisme)..
17.
Tahap ..(perkembangan moral).. merupakan suatu penilaian terhadap
kapasitas seseorang untuk menimbang secara moral yang benar.
18.
Orang – orang dengan tempat kedudukan
..(kendali eksternal)..
lebih kecil kemungkinannya untuk memikul tanggung jawab atas konsekuensi
perilaku mereka.
19.
..(lingkungan organisasional).. merupakan faktor yang
mempengaruhi perilaku pengambilan keputusan etis yang merujuk pada persepsi
karyawan mengenai pengharapan organisasional.
20.
Orang – orang yang ..(kekurangan).. rasa moral
yang kuat akan jauh lebih kecil kemungkinannya untuk mengambil keputusan tak
etis.
21.
Para individu mengambil keputusan dengan
merancang bangun model-model yang disederhanakan yang menyuling ciri-ciri
hakiki dari masalah tanpa mengangkat semua kerumitannya adalah..(rasioanlitas terbatas)..
22.
Suatu proses tak sadar yang ciptakan
dari dalam pengalaman yang terasing adalah pengambilan keputusan..(intuitif)..
23.
Jalan pintas penilaiaan dalam
pengambilan keputusan adalah..(heuristik)..
24.
Kecenderungan bagi orang-orang untuk
mendasarkan penilaian pada informasi yang sudah ada di tanagan mereka adalah
heuristrik..(ketersediaan)..
25.
Menilai kemungkinan dari suatu kejadian
dengan menarik analogi dan meliaht situasi identik dimana sebenarnya tidak
identik adalah heuristik..(representatif)..
26.
Suatu peningkatan komitmen pada suatu
keputusan sebelumnya meskipun ada informasi negatif adalah..(peningkatan komitmen)..
27.
Pengakuan bahwa orang-orang itu berbeda
sepanjang dua dimensi adalah..(fondasi dasar modal)..
28.
Cara berfikir ada yang logis dan..(rasional)..
29.
Ada pula cara berfikir yang..(intuitif)..dan kreatif
30.
Orang yang memiliki toleransi yangb
rendah atas ambiguitas dan mencari rasionalitas orang yang menggunakan gaya..(direktif)..
31.
Memiliki toleransi yang jauh lebih besar
terhadap ambiguitas termasuk tipe..(analitik)..
32.
Individu yang menjadi sangant luas dalam
pandangan mereka dan mempertimbangkan banyak alternatif adalah gaya..(konseptual)..
33.
Gaya yang dicirikan pengambil keputusan
yang bisa bekerja baik dengan yang lain adalah gaya..(prilaku)..
34.
Membentuk keputusan-keputusan, memasuki
peraturan-peraturan formal dan untuk memenuhi batas waktu yang ditetapkan
organisasi adalah hambatan..(organisasional)..
35.
Pengambilan keputusan kriteria yang
mereka gunakan untuk mengevaluasi adalah..(evaluasi kerja)..
36.
..(sistem imbalan)..yang mempengaruhi keputusan
dengan mengemukakan terhadap mereka pilihan apa yang mereka suaki mengenai
upah.
37.
Dengan memprogramkan keputusan mencapai
level kinerja yang tinggi adalah..(rutinitas terprogram)..
38.
Organisasi menetukan batas waktu atas
keputusan-keputusan disebut..(pembatasan waktu yang menentukan sistem)..
39.
Model rasional mengabaikan realitas
bahwa..(keputusan datang
dengan pembatasn waktu)..
40.
Memandang keputusan peristiwa independen
adalah..(keputusan
rasional)..
41.
Agar mampu mempengaruhi produktivitas,
diperlukan untuk..(mempersepsikan)..pekerjaan
mereka.
42.
Sedikit keputusan penting bersifat cukup
sederahan dan ambigius untuk dapat diterapkannya asumsi..(pengandaian model rasional)..
43. Sebuah
halangan yang membuat pencapaian tujuan atau sasaran yang diinginkan menjadi
sulit disebut..(masalah)..
44. Sebuah
pilihan dari dua atau lebih alternatif disebut..(keputusan)..
45. Langkah
awal dalam proses pembuatan keputusan adalah..(mengidentifikasi masalah)..
46. Setiap
pembuat keputusan memiliki..(kriteria)..
yang memandu keputusannya
47. Jenis
pengambilan keputusan dimana pilihan bersifat logis dan konsisten serta
memaksimalkan nilai disebut..(pengambilan keputusan rasional)..
48. Pengambilan
keputusan yang rasional tetapi terbatas (terikat) oleh kemampuan individu untuk
memproses informasi disebut..(rasionalitas terikat)..
49. Peningkatan
komitmen terhadap keputusan sebelumnya walaupun ada bukti bahwa hal tersebut
akan menjadi keputusan yang buruk disebut..(eskalasi komitmen)..
50. Pembuatan
keputusan berdasarkan pengalaman, perasaan, dan akumulasi pertimbangan
disebut..(pembuatan
keputusan intuitif)..
51. Langkah
ke tiga proses pembuatan keputusan adalah..(mengalokasikan bobot pada kriteria)..
52. Langkah
ke empat dalam proses pembuatan keputusan
adalah..(mengembangkan
alternatif)..
Kapan
orang paling besar kemungkinannya untuk menggunakan pengambilan keputusan
intuitif? Diidentifikasikan delapan kondisi(43)..(bila ada ketidak pastian dalam tingkat yang tinggi)..,(44)..(bila hanya sedikit preseden
untuk diikuti)..,(45)..(bila variabel-variabel kurang dapat diramalkan secara ilmiah)..,(46)..(bila fakta terbatas)..,(47)..(bila fakta tidak dengan jelas
menunjukan jalan untuk dituruti)..,(48)..(bila data analitis kurang berguna)..,(49)..(bila ada beberapa penyelesaian
alternatif)..,(50)..(bila
waktu terbatas)..
Pengantar Menejemen ( halaman 191-196) Sutarjo
1. Jalan
yang ingin ditempuh suatu organisasi atau suatu unit kerja untuk mencapai
tujuan organisasi tersebut disebut.......(Perencanaan menejerial )
2. Dua
jenis perencanaan manejerial dalam perusahaan atau suatu unit adalah.....(perencanaan formal dan
perencanaan informal)
3. Jenis
perencanaan yang dipakai oleh perusahaan skala kecil adalah......(Perencanaan informal)
4. Hubungan
perencanaan dipengaruhi oleh......(Kerangka waktu perencanaan)
5. Dua
elemen penting dalam perencanaan adalah (Sasaran dan rencana)
6. Dokumen
yang merangkum cara mencapai sasaran dan biasanya menggambarkan alokasi sumber
daya, penyusunan jadwal dan tindakan lain untuk mencapai sasaran itu
disebut......(Rencana)
7. Istilah
laba pada suatu organisasi disebut..... (Nirlaba)
8. Dua
jenis sasaran dalam suatu perusahaan .......( Sasaran keuangan dan sasaran
stratejik)
9. Pelaku
dalam pembuat perencanaan disebut......(Stakeholder)
10. Tujuan
Nike adalah ........(Membawa
dan inovasi pada setiap atlit)
11. Sasaran
yang sebenarnya yang harus dicapai oleh suatu perusahaan disebut.....(Sasaran nyata)
12. Penilaian
perencanaan yang dilakukan oleh stakeholder adalah.....(kriteria perencanaan)
13. Tindakan merupakan definisi dari……..(Prioritas)
Pengantar Menejemen ( halaman 197-202) Imam Purnama
1. Jenis- jenis rencana dibagi kedalam empat unsur yaitu
……luasnya,……kerangka waktu, ……kekhususan,dan
……frekuensi penggunaan
2. Perencanaan berdasarkan kerangka waktunya dibagi
menjadi dua yaitu……Jangka panjang dan
……..jangka pendek
3. Rencana yang
berlaku bagi organisasi secara keseluruhan dan menjadikan sasaran umum
organisasi tersebut dan berusaha menempatkan organisasi tersebut ke dalam
lingkungannya adalah rencana…….Stratejik
4. Perencanaan yang periode waktunya berada di antara
jangka panjang dan jangka pendek adalah rencana……jangka menengah
5. Rencana yang digunakan satu kali saja yang secara
khusus dirancang untuk memenuhi kebutuhan situasi unik adalah……rencana sekali pakai
6. Manajemen berdasarkan tujuan terdiri dari empat unsur
yaitu……kerincian sasaran,……pengambilan
keputusan,…….periode waktu,dan ……umpan
balik kinerja
7. Fleksibilitas yang melekat pada rencana pengarah harus
lebih besar daripada hilangnya kejelasan yang diberikan oleh……rencana spesifik
8. Penetapan sasaran tradisional adalah ……sebuah pendekatan untuk menetapkan sasaran
dimana sasaran ditempatkan ditingkat atas organisasi dan kemudian dipecah
menjadi sub sasaran untuk masing-masing tingkat organisasi.
9. Pada sudut pandang tradisional mengasumsikan bahwa
para ……manajer puncak mengetahui apa
yang terbaik karena mereka mengetahui “gambar besarnya”.
10. Salah satu masalah program MBO (Management by
Objectives) adalah bahwa program tersebut bisa sia-sia ketika ada perubahan
lingkungan yang ……dinamis
11. Penekanan yang berlebihan oleh karyawan dalam rangka
mencapai sasaran tanpa menghiraukan orang lain di unit kerjanya dapat menjadi
kontra-prodiktif, yang merupakan salah satu masalah dari program ……MBO (Management by Objectives)
12. Mengkaji misi organisasi yang akan menjadi tujuan
organisasi, merupakan salah satu langkah dari…….penetapan sasaran
Pengantar Menejemen ( halaman 203-208) Yuyun Andriani
Tiga
faktor kontingensi memengaruhi perencanaan (1) Tingkatan
dalam organisasai, (2) derajat
ketidakpastian lingkungan, (3) lamanya
komitmen masa datang.
Untuk
sebagian besar perencanaan operasinal mendominasi kegiatan perencanaan manajer
tingkat rendah. Pada tingkat organisasi tinggi perencanaan semakin berorientasi
pada (4) strategi. Ketika ketidakpastian
lingkungan tinggi maka rencana haruslah (5) terperinci
tapi (6) fleksibel. Perencanaan untuk jangka
waktu yang terlampau panjang atau terlampau pendek akan (7) tidak efisien dan (8) tidak
efektif.
Dalam
pendekatan tradisional, perencanaan dilakukan sepenuhnya oleh para (9) manajer tingkat atas, yang sering dibantu oleh
(10) departemen perencanaan formal.
Masalah
kontemporer dalam perencanaan adalah kritik terhadap perencanaan yaitu (11) perencanaan dapat menciptakan
kekakuan, (12) rencana tidak dapat disusun dalam lingkungan yang dinamis, (13)
rencana formal tidak dapat menggantikan intuisi dan kreativitas.
Pengantar Menejemen ( halaman 209-214) Syifa Febrina
1.
Tipe rencana
yang berkesinambungan yang menjadi pedoman untuk kegiatan yang berulang-ulang
disebut... rencana terus menerus
2.
Faktor-faktor
yang mempengaruhi dalam perencanaan yaitu tingkatan manajer dalam Organisasi , Tingkat ketidakpastian lingkungan dan ... konsep komitmen
3.
Salah satu
masalah kontemporer dalam perencanaan yaitu perencanaan efektif dalam
lingkungan yang dinamis dimana harus menyusun rencana yang.. spesifik tetapi fleksibel
4.
Alasan untuk
kesuksesan MBO (Management By Objectives) adalah.. komitmen
dan keterlibatan manajemen puncak
5.
Salah satu
karakteristik sasaran yang dirancang dengan baik yaitu Ditulis berdasarkan hasil bukan tindakan maksudnya adalah.. fokus
pada hasil, bukan sarana.
6.
Perencanaan yang
efektif dalam lingkungan yang dinamis berarti .. meratakan hierarki organisasional sebagai tanggung jawab untuk
menetapkan tujuan
7.
Salah satu faktor-faktor yang mempengaruhi dalam perencanaan adalah tingkat ketidakpastian lingkungan yaitu salah satunya Lingkungan
yang stabil, maksud dari lingkungan yang stabil adalah.. rencana spesifik
8.
Pendekatan terhadap Perencanaan ada dua yaitu Melibatkan anggota organisasi dalam proses dan ... Penyusunan rencana formal departemen
9.
Tipe rencana
yang fleksibel yang menjadi pedoman umum, memberikan fokus, tetapi memberikan
keleluasaan dalam implementasi yaitu .. rencana
pengarah
10. Tipe sasaran yang berkaitan dengan kinerja keuangan
internal yang diharapkan organisasi adalah.. sasaran keuangan
11. Perencanaan formal terkait dengan laba yang lebih
tinggi dan pengembalian modal yang lebih tinggi serta.. hasil – hasil keuangan yang positif
12. Rencana jangka panjang adalah.. rencana
dengan jangka waktu lebih dari tiga tahun
13. Rencana harus cukup jauh jangka waktunya (tidak
terlalu panjang atau terlalu pendek) supaya.. dapat mencapai komitmen yang dibuat ketika rencana tersebut disusun.
Soal – soal Isian Singkat
Pengantar Manajemen dari Kelompok 16
1.
Dua pesaing di industry pengenceran diskon pada
tahun 1962 yaitu ….. dan …. (Wal Mart , Kmart)
2.
…………. adalah sekelompok keputusan dan tindakan
manajerial yang menentukan kinerja jangka panjang organisasi (Manajemen
Strategik)
3.
Faktor yang mendukung kinerja organisasional
akan menunjukkan hubungan yang positif antara …….. dan …….. (perencanaan
streategik dan kinerja)
4.
Ketika manajer menggunakan proses manajemen
strategik lebih baik dalam menghadapi lingkungan ….. (yang tidak pasti)
5.
Manajemen strategic mencangkup semua dasar funsi
manajemen yakni ………, diorganisasi, dilaksanakan, dan dikendalikan
(direncanakan)
6.
Baik tidak nya kinerja dalam organisasi di
tentukan oleh ……. dan ……. (perbedaan strategi dan perbedaan kemampuan bersaing)
7.
Alasan manajemen strategic itu penting adalah
berhubungan dengan kenyataan bahwa …….. dan ……… yang terus berubah (organisasi
dan lingkungan)
8.
…………….. merupakan proses enam langkah yang mencangkup perencanaan,
implementasi, dan evaluasi strategic (Proses manajemen strategic)
9.
Pasar online yang sangat terkenal saat ini
adalah …… yang mempunyai misi ‘‘membangun pasar online yang memungkinkan setiap
orang berdagang secara praktis di hampir semua tempat di dunia. (e- Bay)
10.
……. menjadi target kinerja yang dapat diukur
yang secara keras diusahakan untuk dicapai para karyawan (Sasaran perusahaan)
11.
Proses manajemen strategic yang paling awal
adalah ……. (Identifiksasi organisasi dan
lingkungan)
12.
SWOT kepanjangan dari ………,……., …….. dan ……
(Strengths, Weaknesses, Opportunities, Treats)
13.
Proses manajemen yang termasuk analisis
eksternal yaitu ……. dan …. (peluang dan ancaman)
14.
Proses manajemen yang termasuk analisis internal
yaitu ….. dan ….. (kekuatan dan kelemahan)
15.
….. adalah kecenderungan positif factor – factor
lingkungan eksternal (peluang)
16.
….. adalah kecenderungan negative factor factor
lingkungan eksternal (ancaman)
17.
…… adalah kegiatan yang dilakukan secara berbeda
atau sumber daya yang unik dimiliki oleh organisasi (kekuatan)
18.
……. adalah kegiatan yang tidak dapat
dilakukanoleh suatu organisasi atau sumber daya yang dibutuhkan tetapi tidak
dimilikinya (kelemahan)
19.
Kompetensi inti merupakan keterampilan,
kemampuan, dan…… organisasi untuk menentukan nilai dan senjata persaingan
(sumber daya utama)
20.
Budaya organisasi dapat pula ……… atau ……..
tindakan – tindakan strategic organisasi (memajukan dan menghambat)
21.
Langkah sesudah SWOT dalam proses manajemen
strategic adalah adalah …….. (merumuskan strategi)
22.
Tindakan membuat atau mengevaluasi alternative strategi dan
menekankan pada kekuatan atau
memperbaiki kelemahan organisasi dengan melihat peluang dan ancaman lingkungan
yang ada disebut ……. (Merumuskan strategi)
23.
Rumusan strategi hanya bagus jika ……
(implementasi /penerapannya bagus)
24.
Langkah terakhir dalam proses manajemen yaitu
…….. (mengevaluasi hasilnya)
25.
……… adalah strategi organisasi yang berusaha
menentukan bisnis apakah yang seharusnya dimasuki atau yang ingin dimasuki
perusahaan (strategi tingkatan korporasi)
26.
Ada tiga strategi tingkat perusahaan yang utama
yaitu ………, …….., dan ……… (pertumbuhan,
stabilitas, dan pembaharuan)
27.
Strategi pertumbuhan merupakan strategi tingkat
perusahaan yang berusaha untuk meningkatkan operasi organisasi dengan ……. yang
ditawarkan atau pasar yang dilayani (memperluas jumlah produk)
28.
………. adalah integrasi perusahaan yang tumbuh
dengan bergabung perusahaan lain di industry yang sama termasuk para pesaingnya
(integrasi horizontal)
29.
Integrasi vertical ke belakang merupakan usaha
untuk memperoleh kendali atas … (input)
30.
Integrasi
vertical ……. merupakan usaha untuk
memperoleh kendali atas output ( ke depan)
31.
…….. adalah strategi tingkatan korporasi yang
dicirikan oleh tiadanya perubahan yang berarti
(strategi stabilitas)
32.
Diversifikasi yang tidak berkaitan adalah ketika perusahaan bertumbuh dengan
melakukan merger atau mengambil alih perusahaan
dalam industry yang ……. dan
…… (berbeda dan tidak terkait )
33.
Manajer …….. sering sengaja memilih untuk
mengikuti strategi stabilitas (usaha kecil)
34.
…….. adalah strategi tingkat perusahaan yang
dirancang untuk mengatasi kelemahan organisasional yang menyebabkan penurunan
kerja (streategi pembaharuan)
35.
Strategi pengurangan adalah strategi pembaharuan
……. (jangka pendek)
36.
………. adalah strategi pembaharuan untuk saat
dimana masalah kinerja organisasi menjadi lebih kritis (strategi perubahan
haluan)
37.
………. merupakan alat strategi yang menuntun
keputusan pengalokasian sumber daya berdasarkanpangsa pasar dan tingkat
pertumbuhan SBU ‘’Strategic business
unit’’ (Matriks BCG ‘’Boston Consulting Group’’)
38.
Bisnis - bisnis yang pertumbuhannya rendah
tetapi pangsa pasarnya tinggi disebut ……. (Sapi Perah atau cash cow)
39.
Bisnis - bisnis yang pertumbuhannya tinggi dan
pangsa pasarnya tinggi disebut …….. (Bintang atau Stars)
40.
Bisnis - bisnis yang pertumbuhannya tinggi
tetapi pangsa pasarnya rendah disebut ….. (question marks atau tanda tanya)
41.
Bisnis -
bisnis yang pertumbuhannya rendah dan pangsa pasarnya rendah juga disebut ….. (mutu buruk atau Dogs)
42.
Apabila organisasi berberada dalam sejumlah
bisnis yang berbeda - beda , bisnis
tunggal yang idependen dan yang merumuskan strateginya sendiri sering disebut
……… (unit bisnis stratejik ‘’SBU’’)
43.
…….. berpendapat bahwa beberapa industry
ditakdirkan lebih menguntungkan dan oleh karena itu lebih menarik untuk
dimasuki dan dihuni daripada industry lain (Porter)
44.
Lima kekuatan persaingan yang mendiktekan peraturan persaingan yaitu
ancaman pemain baru, ancaman produk subtitusi, pesaing yang ada sekarang ,………… dan ……………. (kekuatan tawar – menawar
pembeli dan kekuatan tawar – menawar
pemasok)
45.
Strategi kepemimpinan biaya merupakan strategi
tingkatan bisnis satu perusahaan atau divisi tertentu yang membuat organisasi
itu menjadi produsen berbiaya paling ………. Di dalam industry (rendah)
46.
………… adalah stretegi tingkatan bisnis satu
perusahaan atau divisi tertentu yang membuat perusahaan tertentu yang mampu
menawarkan produk unik yang dihargai secara luas oleh para pelanggannya
(strategi diferensiasi)
47.
………. adalah strategi tingkatan bisnis perusahaan
yang membuat perusahaan tertentu mampu mengejar keunggulan biaya atau
keunggulan differensiasi dalam segmen industry sempit (strategi focus )
48.
Porter menggunakan istilah …………. untuk
menggambarkan organisasi yang mengalami kesulitan yang sangat besar untuk
meraih kesuksesan jangka panjang atau organisasi tidak mampu mengembangkan
keunggulan bersaing biaya rendah sekaligus keunggulan bersaing diferensiasi
(‘’terjebak di tengah – tengah ‘’ stuck in the middle)
49.
Strategi tingkat fungsional merupakan strategi
organisasi yang berusaha menentukan cara mendukung strategi ………. (tingkatan
bisnis atau tingkatan perusahaan)
50.
Kekuatan bersaing dalam sebuah industry, bila
dijaga tetap bebas dari campur tangan pemerintah atau situasi dimana tiga
perusahaan akan mendominasi pasar disebut ……
(aturan tiga)
1. Organisasi
produksi yang menggunakan pemasok dari luar untuk menyediakan komponen produk
atau modul yang kemudian dirakit menjadi produk jadi adalah ......( Organisasi
Modular)
2. Organisasi
pembelajar disebut juga ....(Learning Organization)
3. Organisasi
yang telah mengembangkan kemampuan untuk terus-menerus beradaptasi dan berubah
disebut .........(Organisasi pemb elajar)
4. Ciri
penting dari desain struktur organisasi pembelajar adalah .....(Kerja-sama)
5. Visi bersama dan Kerja bersama merupakan
salah satu prinsip dari ....(Kepemimpinan)
6. Terbuka,
tepat waktu, dan akurat adalah merupakan kegiatan dalam berbagi
.....(Informasi)
7. Hubungan
timbal balik merupakan salah satu ciri dalam budaya….( Organisasi)
8. Cara
yang diterapkan agar kinerja karyawan dapat menjadi maksimal dan optimal adalah
cara yang….(Efektif dan Efisien)
9. “Persamaan
dalam membangun sebuah rumah” disebut juga sebagai….(Analogi)
10. GM
adalah kepanjangan dari ....(General Manager)
11. Visual
struktur organisasi digambarkan dalam…(Grafik Organisasi)
12. Pusat
dari Perusahaan Ericsson terletak di negara….(Swedia)
13. Pimpinan
tertinggi dalam suatu perusahan adalah ....( Presiden Direktur)
14. Suatu
standar apakah pekerjaan-pekerjaan organisasi dan taraf dimana perilaku bekerja
dipandu oleh beragam aturan dan prosedur disebut.... (Formalisasi)
15. Formalisasi
diperlukan untuk...( Mencapai konsistensi dan pengendalian)
16. Formalisasi
sangat terkait dengan ....( Aturan dan standardisasi organisasi)
17. Adanya
aturan dan standardisasi yang ketat dalam perusahaan yang terformalisasi tinggi
adalah untuk ..... perilaku pekerja
(Memandu dan mengatur)
18. Semakin
tinggi tingkat formalisi perusahaan semakin
..... keluluasaan pekerja terhadap cara dan prosedur penyelesaian
pekerjaan mereka.( Sedikit / lemah)
19. Model
desain organisasi dibedakan menjadi ...... dan ..... (Organisasi mekanistik,
organisasi organik)
20. Organisasi dengan struktur yang kaku dan
terkontrol ketat merupakan organisasi dengan model desain ....( Mekanistik)
21. Model
organisasi yang memiliki struktur yang sangat adapdif dan fleksibel disebut
sebagai organisasi .... (Organik Tinggi)
22. Organisasi mekanistik dicirikan dengan tingkat
formalisasi yang .... sedangkan organisasi organik memiliki tingkat formalisasi
yang .....( Tinggi , rendah)
23. Untuk memfasilitasi pencapaian sasaran
organisasi diperlukan ..... yang baik.( Strategi dan struktur
organisasi)
24. Perusahaan menggunakan teknologi untuk
membantu mengubah .... menjadi ....(Input, output)
25. Semakin rutin teknologi digunakann oleh suatu
perusahaan semakin .... struktur organisasinya.( Mekanistik)
26. Dalam kondisi lingkungan yang stabil model
desain yang efektif untuk digunakan perusahaan adalah model desain organisasi
yang ...( Mekanistik)
27. Semakin tinggi, maka organisasi tersebut
semakin membutuhkan model desain
organisasi yang organis, agar dapat lebih fleksibel menghadapi perubahan
lingkungan. (Ketidakpastian lingkungan)
28. ........
akan lebih kesulitan dalam menghadapi ketidakpastian lingkungan, karena
memiliki tingkat formalisasi yang tinggi. (Organisasi mekanistik)
29. Desain
organisasi tradisional terdiri atas 3 struktur, yakni...... ( struktur
sederhana, struktur fungsional, dan struktur divisional)
30. Struktur
dengan ciri departementalisasi rendah, rentang kendali luas, wewenang terpusat
pada seseorang, dan formalisasi rendah disebut struktur ...... (sederhana)
31. Sruktur
yang disebut di nomor dua banyak digunakan oleh ......(pengusaha kecil)
32. Struktur
yang dicirikan dengan desain organisasi yang ranah pekerjaanya terspesialisasi
disebut .....(struktur fungsional)
33. perusahaan
yang menggunakan struktur nomor 4 adalah ............ dan .......... (Revlon
dan Unilever)
34. Kelemahan
struktur yang dicirikan struktur organisasi dengan sejumlah unit dan divisi
yang terpisah adalah ............... dan............... (sumber daya yang
rangkap meningkatkan biaya, mengurangi esifiensi)
35. Kelebihan
desain struktur organisasi nomor dua adalah.....dan.....(fleksibel, cepat)
36. Desain organisasi kontemporer adalah...... (
struktur organisasi di mana keseluruhan organisasi tersusun oleh sejumlah
kelompok kerja atau tim)
37. Struktur
matrik adalah.........(struktur organisasi yang menugaskan para spesialis dari
departemen fungsional yang berbeda-beda untuk bekerja pada satu proyek atau
lebih yang dipimpin oleh para manajer proyek )
38. Kelebihan
organisasi pembelajar adalah..... (para karyawan dapat terus menerus berbagi
dan menerapkan pengetahuan)
39. Perbedaan
struktur proyek jika dibanding dengan dengan struktur matrik yakni..... (
karyawan struktur proyek tidak memiliki departemen formal untuk kembali setelah
proyek selesai)
40. Kekurangan
struktur organisasi tanpa batas yakni ..........(kurangnya kendali dan sulitnya
komunikasi)
41. ……………di
definisikan sebagai proses penciptaan struktur organisasi. (pengorganisasian)
42. Kerangka
kerja formal suatu organisasi yang dengan kerangka kerja tersebut tugas-tugas
pekerjaan dibagi-bagi , dikelompokan dan dikoordinasikan, merupakan definisi
dari…………..(struktur organisasi)
43. Ketika
para manajer menyusun atau mengubah struktur organisasi, mereka terlibat
dalam…………….., proses yang melibatkan keputusan-keputusan mengenai keenam unsur
penting. (desain organisasi)
44. ………………tingkat
dimana tugas dalam sebuah organisasi dibagi menjadi pekerjaan yang berbeda juga
dikenal sebagai divisi pekerja. (spesialisasi kerja)
45. …………………mengelompokan
pekerjaan berdasar fungsi yang dilakukan. (departementalisasi fungsional)
46. …………………mengelompokan
pekerjaan berdasarkan lini produk. (departementalisasi produk)
47. ………………..mengelompkan
pekerjaan berdasar wilayah geografi. (departementlisasi geografis)
48. …………………mengelompokan
pekerjaan berdasarkan arus produk atau pelanggan. (departemtalisasi proses)
49. ………………..mengelompokan
pekerjaan berdasarkan kelompok pelanggan yang mempunyai kebutuhan atau masalah
bersaing yang dapat sangat baik dipenuhi dengan mempunyai tenaga spesialis pada
masing-masing pelanggan itu. (departementalisasi pelanggan)
50. …………………adalah
garis wewenang yang tidak terputus yang terbentang dari tingkat atas organisasi
hingga tingkatan paling bawah dan menjelaskan siapa melapor kepada siapa.
(rantai komando)
51. …………………mengacu
pada hak-hak yang melekat pada posisi manjerial tertentu yang memberitahu orang
apa yang harus dilakukan dan mengharapkan orang itu melakukannya. (wewenang)
52. ………………….tingkat
dimana pengambilan keputusan terkonsentrasi pada satu titik dalam organisasi.
(sentralisasi)
53. …………………..tingkat
dimana karyawan tingkatan bawah memberikan masukan atau benar-benar mengambil
keputusan. (desentralisasi)
1.
System komunikasi di dalam suatu
organisasi disebut…. (Komunikasi
organisasi)
2. Control,
motivasi, ekspresi emosional dan informasi merupakan….. (fungsi komunikasi)
3. Segala
gangguan yang terjadi pada penyampain atau penerimaan pesan merupakan….. (Kegaduhan)
4. Mengubah
pesan menjadi symbol disebut….. (Encoding)
5. …………merupakan
media yang dilalui pesan. (
saluran)
6. Penggunaan
internet, telpon merupakan komunikasi berbasis…….(teknologi informasi)
7. Produk
fisik actual yang disandikan oleh sumber merupakan definisi dari…..(pesan)
8. Komunikasi
yang di sampaikan tanpa kata-kata adalah…..(komunikasi non verbal)
9. Penekanan
intonasi terhadap kalimat yang menyampaikan maksud adalan…..(intonasi verbal)
10. Penyampaian
maksud dari satu orang ke orang lain merupakan proses…..(komunikasi)
11. Komunikasi
antara dua orang atau lebih disebut…….(komunikasi interpersonal)
12. Komunikasi
bertindak sebagai………prilaku anggota dalam berbagai cara. (control)
13. Gerak
gerik, ekspresi wajah dan gerakan tubuh lainnya merupakan ……..(bahasa tubuh)
(HAL 326-333)
1.
Komunikasi dalam sebuah organisasi yang
mengikuti rantai komando dalam melakukan suatu pekerjaan disebut dengan
komunikasi......... (formal)
2.
Tujuan komunikasi yang memeberi
kesempatan pada karyawan untuk memuaskan kebutuhan mereka dalam interaksi
sosial merupakan salah satu tujuan dari
komunikasi......... (informal)
3. Komunikasi
organisasi dapat mengalir ........., ........, .......,dan......... (ke bawah, ke atas, lateral dan
diagonal)
4. Luasnya
komunikasi keatas dalam sebuah organisasi tergantung pada......... (budaya organisasi)
5.
Komunikasi yang terjadi di antara semua
karyawan di tingkatan organisasi yang sama di sebut......... ( komunikasi lateral)
6.
Jaringan komunikasi merupakan gabungan
dari komunikasi organisasi....... dan.........
(vertikal dan horizontal)
7. Pemimpin
berperan sebagai pusat jaringan komunikasi merupakan ciri dari
jaringan.......... ( Roda)
8.
Jarinagn rantai dan roda merupakan pola
jaringan yang membantu pada kriteria komunikasi ................ (akurasi)
9.
Menurut Watson Wyatt Worldwide bahwa ......................... mempunyai
dampak yang positif pada sikap karyawan (Komunikasi terbuka)
10.
...................... telah memungkinkan orang-orang dalam
organisasi untuk sepenuhnya dapat dicapai,
kapanpun dan dimanapun mereka berada. ( Teknologi
informasi)
11. Organisasi
yang disainya tidak didefinisikan oleh batas-batas horizontal, vertikal, atau
eksternal yang dipaksakan oleh struktur yang telah ditentukan sebelumnya,
merupakan pengertian dari ........... (organisasi tanpa batas)
12. Dua
perkembangan teknologi informasi yang akan berdampak paling berarti dalam
komunikasi managerial terkini yaitu................... dan ................. ( sistem komputer jaringan dan kemampuan nirkabel)
13. Cara
organisasi untuk bertukar dokumen trnsaksi bisnis standar, seperti faktur, atau
pesanan pembelian, dengan menggunakan jaringan komputer ke komputer lain secara
langsung. Uraian tersebut merupakan cara kerja dari sistem komputer jaringan
................. (Electronic Data Interchange /
EDI)
(HAL 318-325)
1.Sebutkan perbedaan
komuniksi formal dan komunikasi informal?
Jawab
Komunikasi formal
adalah komunikasi yng mengikuti rantai komando resmi atau bagian dari
komunikasi yang dibutuhkan untuk melakukan suatu pekerjaan
Komunikasi informal
adalah komunikasi yang tidak didefinisikan oleh hierarki struktur organisasi.
2.Apa yang dimaksud
dengan arah komunikasi kebawah?
Jawab
Segala komunikasi yang
mengalir ke bawah dari manajer kepara karyawan
3.sebutkan apa yang di
maksud dengan arah komunikasi keatas?
Jawab
Komuniksi yang mengalir
keatas yaitu dari karyawan kemanajer
4.Apa yang dimaksud
dengan arah komunikasi ke lateral
Jawab
Komunikasi yang terjadi
diantara semua karyawan pada tingkat organisasi yang sama.
5.pa yang dimksud
dengan arah komunikasi diagonal?
Jawab
Komunikasi yang
memotong baik bidang kerja maupun tingkat organisasi.
6.sebutkan dan jelaskan
jenis-jenis jaringan komunikasi?
Jawab
a.jaringan rantai yaitu
komunikasi mengalir dengan ranti komando formal baik kebawah maupun keatas
b.jaringn roda yaitu
komunikasi mengalir melalui pimpinan kelompok untuk seluruh anggota
kelompok tim kerja.
7.apa yang di maksud
dengan Grapevine?
Jawab
Grapevine adalah
jaringan komuniksi organisasi yang informal dan sering kali efektif dalam
setiap organisasi.
8.Sebutkan
keuntungan-keuntungn teknologi informasi
bagi suato organisasi?
Jawab
-meningkatkan kemampuan
manajer untuk memantau kerja individu
-mempunyai akses yang
lebih besar kepada karywan
-dapat memperoleh
informasi yang lebih lengkap untuk membuat keputusan yang lebih cept
-memberi banyak peluang
untuk bekerja sama dan berbvagi informsi
9.Bagaimana informsi
teknologi mempengaruhi organisasi?
Jawab
-Menghilangkan kendala
waktu dan jarak
-Memungkinkan untuk
berbagi informasi
-mengintegrasikan pengambilan
keputusan dan pekerjaan.
10.sebutkan
kompone-komponen dalam proses penyampaian pelayanan konsumen?
Jawab
-konsumen
-organissi pelaynan
-penyedian pelayanan
11.Komunikasin
mengalir sesuai dengan rantai komando formal disebut dengan jringan?
Jawab
Jaringan
formal
12.komunikasi
yang memotong bidang kerja dan tingktan organisasi agar lebih efisien dan lebih
cepat disebut ?
Jawab
Komunikasi diagonal
13.komunikasi
yang terjadi diantara semua karyawan ditingkat organisasi yng sama di sebut?
Jawab
Komuniksi
lateral
14.komunikasi
mengalir melalui pimpinan kelompok untuk seluruh anggota kelompok termasuk
kedalm jenis jaringan?
Jawab
Jaringan
roda
15.komunikasi
mengalir dengan bebas diantara semua anggota tim kerja disebut dengan jenis
jaringan?
Jawab
Jaringan
semua saluran
(334-339)
1.
Teknologi dapat mempengaruhi cara anggota
organisasi berkomunikasi, berbagi informasi dan melakukan pekerjaan.
2.
Ketika
seseorang melakukan suatu hal berdasar informasi yang diterima dalam cara yang
tradisional, seorang manajer dapat mengabaikannya atau
menanggapinya.
3.
Manajer
dapat membentuk forum internal anonim, seperti intranet
daripada di internet umum.
4.
Sumber
daya pengetahuan organisasi dapat mempermudah karyawan untuk berkomunikasi dan
melakukan pekerjaan dengan efektif
dan efisien.
5.
William
Wrigley Jr. Co meluncurkan situs web interaktif yang memudahkan para agen
penjualan untuk mengakses data pemasaran dan informasi produk
lainnya.
6.
Agen
penjualan dapat bertanya pada ahli perusahaan tentang produk atau mencarinya di
bank pengetahuan online.
7.
Pengelolaan
sumberdaya organisasi yang dilakukan oleh manajer disebut juga
dengan pengetahuan.
8.
Sekelompok
orang yang berbagi perhatian, sejumlah masalah, atau gairah tentang suatu topik
yang memperdalam pengetahuan dan keahlian mereka dengan berinteraksi secara
terus menerus disebut komunitas praktik.
9.
Tiga
komponen dalam proses pemberian jasa adalah konsumen,
organisasi jasa, dan penyedia jasa individual.
10. Komunikasi merupakan bagian dari
strategi layanan konsumen tertentu yang dilakukan oleh organisasi.
11. Strategi yang banyak digunakan
organisasi jasa adalah personalisasi.
12. Mutu interaksi interpersonal
antara konsumen dan karyawan kontak mempengaruhi kepuasan konsumen.
13. Bahasa yang benar secara politik
membatasi kejelasan dalam berkomunikasi.
Soal Pengamen, hal 52-56
1.
Siapa yang dikenal sebagai “bapak” manajemen
ilmiah?
a.
Federick W. Taylor
b.
Frank
c.
Lilian
d.
Weber
2.
Weber menggagas tentang sebuah tipe organisasi
ideal yang dinamakan..
a.
Administrasi
b.
Registrasi
c.
Birokrasi
d.
Legislasi
3.
Pendekatan kuntitatif bagi bidang manajemen
melibatkan penggunaan, kecuali...
a.
Statistika
b.
Strategi manajemen
c.
Model-model optimasi
d.
Simulasi komputer
4.
Para pendukung awal ilmu perilaku organisasi
meyakini bahwa kekayaan terpenting organisasi yang harus dikelola sebagaimana
mestinya adalah...
a.
SDM
b.
SDA
c.
SDC
d.
SDK
5.
Sebuah organisasi menerima/mengambil input dari
lingkungannya dan mengubah, atau memroses sumber-sumber daya tersebut menjadi
output yang kemudian disebar kembali ke lingkungannya merupakan pemahaman dari
pendekatan......
a.
Perilaku
b.
Kuantitatif
c.
Klasik
d.
Sistem
6.
Manajemen mutu total (total quality management) adalah sebuah manajemen yang sepenuhnya
berfokus pada..
a.
Perbaikan secara terus menerus
b.
Kemampuan menjawab cepat berbagai kebutuhan dan
harapan manajer
c.
Pilihan a dan b benar
d.
tidak ada pilihan yang benar
7.
Buku Wealth
of Nations karya Adam Smith menggagas tentang...
a.
Strategi pemasaran
b.
Perilaku konsumen
c.
Pembagian kerja
d.
Sejarah manajemen
8.
Yang termasuk peristiwa penting dalam sejarah
mejemen adalah..
a.
Revolusi Prancis
b.
Terbentuknya PBB
c.
Perang dunia kedua
d.
Revolusi industri
9.
Kontribusi terbesar suami-istri Gilbreth dalam
dunia manajemen adalah..
a.
Menemukan gerakan-gerakan tangan
dan tubuh yang paling efisien dan merancang berbagai peralatan tepat guna
b.
Menemukan pola birokrasi yang mengefisienkan
kenerja dan produktifitas perusahaan.
c.
Menjadi penggagas awal teori administrasi umum
dan mensosilisasikannya ke masyarakat luas
d.
Mengemukakan pendapat bahwa organsasi bergantung
kepada lingkungan untuk mendapatkan input yang dibutuhkan
10.
Sumbangsih Fayol di bidang manajemen teoritis
adalah...
a.
Menerbitkan buku mengenai konsep manajemen
modern
b.
Mengembangkan teori manajemen mutu total
c.
Melakukan pendekatan situasional untuk
menyelesaikan masalah-masalah manajemen
d.
Mengembangkan 14 prinsip
manajemen
Tidak ada komentar:
Posting Komentar