Minggu, 28 Oktober 2012

soalmen1



1.      Variabel paling penting dalam produktivitas dan loyalitas karyawan adalah...
a.       Gaji
b.      Kualitas hubungan antara karyawan dan atasan
c.       Popularitas perusahaan di mata masyarakat
d.      Reward dan punishment yang diterapkan perusahaan

2.      Manajer adalah seseorang yang bekerja melalui orang lain dengan ... kegiatan-kegiatan pekerjaan mereka guna mencapai sasaran ...
a.       Mengordinasikan, organisasi
b.      Mengordinasikan, prestasi pribadi
c.       Menyusun, organisasi
d.      Menyusun, prestasi pribadi

3.      Tugas manajer ... memadukan pekerjaan organisasi ... memproses klaim dari klien.
a.       Hanya, tetapi tidak
b.      Tidak hanya, tetapi juga
c.       Bukan, melainkan
d.      Hanya, tetapi suatu waktu bisa

4.      Orang yang mengelola karyawan non-manajerial disebut...
a.       Manajer puncak
b.      Manajer lini pertama
c.       Manajer menengah
d.      Manajer pengawas

5.      Padanan yang tepat bagi hubungan manajer dengan pendekatan skill adalah...
a.       Top manager-teknis, middle manager-human, low manager-konseptual
b.      Top manager-human, middle manager-teknis, low manager-konseptual
c.       Top manager-konseptual, middle manager-teknis, low manager-human
d.      Top manager-konseptual, middle manager-human, low manager- teknis

6.      Organisasi yang lebih efektif dan efisien adalah yang menggunakan...
a.       Organisasi piramida tradisional tanpa teknologi
b.      Manajerial modern tanpa teknologi
c.       Organisasi piramida tradisional dengan teknologi
d.      Manajerial modern dengan teknologi

7.      Supervisor adalah bagian dari peran...
a.       Manajer lini pertama
b.      Manajer mengengah
c.       Manajer puncak
d.      Manajer puncak dan menengah


8.      Manager mengengah berperan dalam...
a.       Penyedia, area director, mandor, manajer departemen
b.      Mengelola pekerjaan karyawan non-manajerial
c.       Memimpin proyek, manajer pabrik, manajer divisi
d.      Menciptakan dan merancang perubahan organisasi

9.      Menurut Marjorie Scardino, perangkat manajemen adalah..
a.       Strategi, pelaksanaan, budaya dan orang
b.      Strategi, pengarahan, norma organisasi
c.       Rancangan, pelaksanaan, normas organisasi
d.      Rancangan, pengarahan, budaya dan orang

10.  Urgensi manajer bagi organisasi adalah...
a.       Memberikan contoh, memimpin secara otoriter, menginspirasi
b.      Memberikan perintah, memimpin secara demokratis, berbagi prestasi dan keluhan
c.       Memberikan contoh, memimpin secara demokratis, menginspirasi
d.      Memberikan perintah, memimpin secara otoriter, berbagi prestasi dan keluhan

1.        Orang yang merencanakan pekerjaan apa yang akan diselesaikan, menata orang-orang dan bahan baku, memimpin dan mengarahkan para pekerja, dan menerapkan suatu bentuk kontrol untuk memastikan segala sesuatunya berjalan sesuai rencana adalah ...
a.       Manajer                                                                c. Lurah
b.      Presiden                                                               d. RT
2.        Contoh dari manajemen dimasa lampau dapat dijumpai pada era 1400-an di kota Venesia, Italia yang pada saat itu merupakan sebuah pusat ...
a.       Judi                                                                      c. Sepak bola
b.      Perdagangan                                                        d. Ilmu pengetahuan
3.        Orang-orang Venesia telah mengembangkan sebuah bentuk awal perusahaan bisnis dan menjalankan berbagai kegiatan yang umum dijumpai di dalam organisasi masa kini, sebagai contoh gudang senjata yang bernama ...
a.       Persib                                                                   c. Arsenal
b.      Barcelona                                                             d. Juventus
4.        Pada tahun 1776, Adam Smith menerbitkan karya tentang manajemen pada masanya yang berjudul ...
a.       Aj-jurumiyah                                                        c. The world of nations
b.      My love                                                                d. The wealth of nations
5.        Prinsip Adam Smith di dalam menjalankan fungsi manajerial yang paling populer adalah ...
a.       Bekerja secara bersaing                                        c. Bekerja cepat
b.      Pekerja ditutut untuk bisa dalam segala hal         d. Pembagian tugas
6.        Revolusi industri terjadi pada abad ...
a.       16                                                                         c. 18
b.      17                                                                         d. 19
7.        Prinsip dasar revolusi industri adalah ...
a.       Tenaga mesin digantikan manusia                       c. Tenaga manusia digantikan hewan
b.      Tenaga manusia digantikan mesin                       d. Tenaga hewan digantikan mesin
8.        Empat pendekatan utama dalam ilmu manajemen teoritis adalah, kecuali ...
a.       Modern                                                                c. Kuantitatif
b.      Klasik                                                                   d. Perilaku
9.        Pendekatan klasik dalam ilmu manajemen teoritis dapat dibagi ke dalam dua pembagian yang utama, yaitu ...
a.       Manajemen ilmiah dan Adm. Umum                   c. Manajemen alami dan Adm. Umum
b.      Manajemen alami dan Adm. Khusus                   d. Manajemen ilmiah dan Adm. Khusus
10.    Bapak manajemen ilmiah adalah ...
a.       Adam Smith                                                         c. Soekarno
b.      Frederick Winslow Taylor                                   d. Hitler
11.  Salah satu orang pertama yang menyadari bahwa organisasi dapat dipandang dari prespektif perilaku individu dan kelompok orang adalah…..
a.       Chester Barnand
b.      Robert Owen
c.       Hugo Munsterberg
d.      Mary Parker Follet
12.  Manajemen mutu yang memanfaatkan teknik-teknik statistik untuk mengukur setiap variable ktritis yang ada pada proses-proses kerja organisasi termasuk ke dalam manajemen mutu….
a.       Berfokus pada proses
b.      Pemberdayaan karyawan
c.       Pengukuran yang akurat
d.      Perbaikan mutu
13.  Penggunaan teknik-teknik sains manajemen untuk membantu proses pengambilan keputusan disebut…..
a.       Pendekatan Klasik
b.      Pendekatan Kuantitatif
c.       Pendekatan Perilaku
d.      Pendekatan Kontemporer
14.  Seorang manajer sesungguhnya yang berpendapat bahwa organisasi adalah sustu bentuk sistem sosial yang memerlukan kerjasama antar sesama manusia merupakan teori dari…
a.       Hugo Munsterberg
b.      Chester Barnand
c.       Robert Owen
d.      Mary Parker Follet
15.  Yang bukan termasuk kedalam teori pendekatan OB Robert Owen pada akhir 1700-an adalah..
a.       Merasa prihatin atas kondisi kerja manusia
b.      Menggagas sebuah tempat tinggal yang ideal
c.       Menggagas penggunaan uji-uji psikologi
d.      Berpendapat bahwa uang yang dikeluarkan untuk memperbaiki kondisi buruh merupakan investai yang cerdas
16.  Kesisteman dan situasional termasuk kedalam pendekatan manajemen..
a.                   Klasik
b.                   Kontemporer
c.                   Kuantitatif
d.                  Perilaku

17.  Kajian Hawthrone telah dijadikan fondasi bagi perkembangan teori-teori dibawah ini kecuali,…
a.       Motivasi
b.      Kepemimpinan
c.       Perilaku
d.      Analisis
18.  Manajemen mutu total sepenuhnya focus pada upaya-upaya di bawah ini kecuali,,,
a.       Perbaikan secara terus-menerus
b.      Kemampuan menjawab dengan cepat harapan pelanggan
c.       Melayani setiap kebutuhan
d.      Penekanan biaya
19.  Manajemen mutu yang melibatkan orang didalam proses perbaikan adalah…
a.       Berfokus pada proses
b.      Pemberdayaan karyawan
c.       Pengukuran yang akurat
d.      Perbaikan mutu
20.  Dibawah ini yang termasuk kedalam hasil eksperimen sebuah kolaborasi yang berlangsung hingga tahun 1932 adalah…
a.       Perubahan panjang  workday dan workweek
b.      Penetapan waktu istirahat kerja
c.       Penghapusan desain pekerjaan
d.      Perancangan skema upah
21.  Siapa yang dikenal sebagai “bapak” manajemen ilmiah?
a.                   Federick W. Taylor
b.                   Frank
c.                   Lilian
d.                  Weber
22.  Weber menggagas tentang sebuah tipe organisasi ideal yang dinamakan..
a.                   Administrasi
b.                   Registrasi
c.                   Birokrasi
d.                  Legislasi
23.  Pendekatan kuntitatif bagi bidang manajemen melibatkan penggunaan, kecuali...
a.                   Statistika
b.                   Strategi manajemen
c.                   Model-model optimasi
d.                  Simulasi komputer
24.  Para pendukung awal ilmu perilaku organisasi meyakini bahwa kekayaan terpenting organisasi yang harus dikelola sebagaimana mestinya adalah...
a.                   SDM
b.                   SDA
c.                   SDC
d.                  SDK
25.  Sebuah organisasi menerima/mengambil input dari lingkungannya dan mengubah, atau memroses sumber-sumber daya tersebut menjadi output yang kemudian disebar kembali ke lingkungannya merupakan pemahaman dari pendekatan......
a.                   Perilaku
b.                   Kuantitatif
c.                   Klasik
d.                  Sistem
26.  Manajemen mutu total (total quality management) adalah sebuah manajemen yang sepenuhnya berfokus pada..
a.                   Perbaikan secara terus menerus
b.                   Kemampuan menjawab cepat berbagai kebutuhan dan harapan manajer
c.                   Pilihan a dan b benar
d.                  tidak ada pilihan yang benar
27.  Buku Wealth of Nations karya Adam Smith menggagas tentang...
a.                   Strategi pemasaran
b.                   Perilaku konsumen
c.                   Pembagian kerja
d.                  Sejarah manajemen
28.  Yang termasuk peristiwa penting dalam sejarah mejemen adalah..
a.                   Revolusi Prancis
b.                   Terbentuknya PBB
c.                   Perang dunia kedua
d.                  Revolusi industri
29.  Kontribusi terbesar suami-istri Gilbreth dalam dunia manajemen adalah..
a.                   Menemukan gerakan-gerakan tangan dan tubuh yang paling efisien dan merancang berbagai peralatan tepat guna
b.                   Menemukan pola birokrasi yang mengefisienkan kenerja dan produktifitas perusahaan.
c.                   Menjadi penggagas awal teori administrasi umum dan mensosilisasikannya ke masyarakat luas
d.                  Mengemukakan pendapat bahwa organsasi bergantung kepada lingkungan untuk mendapatkan input yang dibutuhkan
30.  Sumbangsih Fayol di bidang manajemen teoritis adalah...
a.                   Menerbitkan buku mengenai konsep manajemen modern
b.                   Mengembangkan teori manajemen mutu total
c.                   Melakukan pendekatan situasional untuk menyelesaikan masalah-masalah manajemen
d.                  Mengembangkan 14 prinsip manajemen

1.      Terdapat dua pandangan yang dikenal terhadap manajemen. Kedua pandangan tersebut adalah
a.       Pandangan obyeketif dan subyektif
b.      Pandangan mahakuasa dan simbolis
c.       Pandangan semu dan nyata
d.      Pandangan kontemporer dan tradisional

2.      Pandangan bahwa para manajer bertanggungjawab secara langsung atas keberhasilan atau kegagalan organisasi merupakan pengertian dari pandangan
a.       Manusiawi
b.      Simbolis
c.       Obyektif
d.      Mahakuasa

3.      Pandangan bahwa para manajer hanya memiliki akibat yang terbatas pada hasil organisasi merupakan sudut pandang dari pandangan
a.       Simbolik
b.      Manusiawi
c.       Mahakuasa
d.      Kontemporer

4.      Bahwa para manajer itu mempunyai pengaruh terbatas (kecil) pada hasil-hasil organisasi merupakan sekelumit dari pandangan
a.       Simbolik
b.      Manusiawi
c.       Mahakuasa
d.      Kontemporer

5.      Berikut ini faktor-faktor yang menentukan apakah budaya sebuah organisasi itu kuat, lemah atau di antara keduanya, kecuali
a.       Ukuran organisasi
b.      Umur organisasi
c.       Turnover karyawan
d.      Birokrasi sensitif

6.      Formal, kausal, gembira, serius digolongkan ke dalam
a.       Simbol materi
b.      Cerita
c.       Upacara
d.      Kaidah struktural

7.      Serangkaian kegiatan yang berulang-ulang yang mengungkapkan dan meneguhkan dalam ilmu pengantar manajemen, disebut sebagai
a.       Upacara
b.      Cerita
c.       Kebiasaan
d.      Tingkatan formal

8.      Berikut ini sumber asli budaya organisasi, kecuali
a.       Para pendiri perusahaan itu
b.      Praktek-praktek organisasi di masa lalu
c.       Perilaku dari manajemen tingkat atas
d.      Peraturan pemerintah

9.      Hubungan antara budaya organisasi dengan komitmen karyawan bersifat
a.       Berbanding lurus
b.      Berbanding terbalik
c.       Tak tentu
d.      Konstan

10.  Individu-individu mempersepsikan budaya organisasi berdasarkan apa yang mereka lihat, dengar, dan alami di dalam organisasi tersebut. Pernyataan ini menunjukkan bahwa budaya itu adalah
a.       Persepsi
b.      Deskriptif
c.       Manipulatif
d.      Absurd
11.  Organisasi dimana nilai-nilai kunci dipegang teguh dan diikuti secara luas adalah
a.       Budaya Modern
b.      Budaya tradisional
c.       Budaya kuat
d.      Budaya lemah
12.  Ada beberapa faktor yang mempengaruhi budaya kuat, kecuali
a.       Ukuran organisasi
b.      Besaran organisasi
c.       Berapa lama organisasi itu berdiri
d.      Berapa banyak angka keluar masuk karyawan
13.  Kelemahan budaya kuat adalah
a.       Karyawan lebih berkomitmen terhadap perusahaan
b.      Menghalangi pekerja untuk mencoba berbagai pendekatan baru
c.       Kurangnya sosialisasi dengan manajer
d.      Kineja organisasi yang tinggi
14.  Sumber budaya asli lazimnya mencerminkan
a.       Visi atau misi pendiri organisasi itu sendiri
b.      Kinerja karyawan
c.       Alasan didirikannya organisasi
d.      Semagat para manajer
15.  Sumber budaya organisasi terdiri dari
a.       Pendiri organisasi
b.      Praktek masa lampau yang menyangkut organisasi
c.       Pemikiran yang tidak biasa
d.      Perilaku top manajemen
16.  Yvon Chouninard mendekati para karyawan dengan cara yang
a.       Amat santai
b.      Amat sedih
c.       Selalu bermain-main
d.      Mengancam para karyawan
17.  Cara-cara para karyawan mempelajari budaya, kecuali
a.       Simbol
b.      Bahasa
c.       Memaksa karyawan
d.      cerita
18.  Dibawah ini adalah batasan budaya pada manajer, kecuali
a.       Menunjukkan bahwa manajer selalu sibuk
b.      Apapun tindakan managerial adalah organisasi mengenali ketika tidak pantas atau sesuai padanya. Apa yang harus dilakukan dan tidak bolek dilakukan dalam organisasi mereka.
c.       Keseluruhan kelemahan atau kekuatan dari budaya organisasi.
d.      Apapun aktivitas organisatoris adalah organisasi menilai dan mendorong.
19.  Berikut, pernyataan yang termasuk budaya yang tanggap terhadap kosumen adalah?
a.       Peranan yang jelas
b.      Keahlian mendengarkan yang baik
c.       Peraturan yang mengikat konsumen
d.      A dan B benar
20.  Konsekuensi yang harus ditanggung oleh karyawan dalam memenuhi kriteria budaya tanggap konsumen
a.       Mengikuti s pelatihan yang diberikan oleh perusahaan
b.      Mampu mengambil inisiatif dalam pelayanan sekalipun berada diluar persyaratan kerja
c.       Membangun karakter yang disiplin dalam pelayanan
d.      Mengusulkan inovasi produk sesuai keinginan konsumen
21.  Orang yang mempunyai kepribadian yang berkembang dan terus berkembang dengan pekerjaan yang dilakukan dalam komunitas merupakan gambaran dari,
a.       Spiritualitas
b.      Kepercayaan
c.       Tujuan yang kuat
d.      Orientasi yang benar
22.  Manakah yang tidak termasuk alasan pentingnya spiritualitas tempat kerja ,
a.       Keinginan untuk memadukan nilai-nilai kehidupan pribadi dengan kehidupan profesional
b.      Cara untuk menyeimabangkan stres dan tekanan arus kehidupan
c.       Mengatasi kerusakan hubungan sosial
d.      Generasu baby  boomer yang sedang mencapai usia setengah baya
23.  Karakteristik budaya  dalam organisasi spiritual, kecuali :
a.       Tujuan yang kuat
b.      Fokus pada pengembangan individual
c.       Kepercayaan dan kekuatan kedisiplinan
d.      Toleransi terhadap pendapat karyawan
24.  Organisai spiritual memperkenalkan harga dan nilai seseorang, tidak hanya menyediakan pekerjaan, tapi berusaha untuk menciptakan budaya yang memungkinakan karyawan untuk dapat terus berkembang dan belajar. Pernyataan tersebut termasuk:
a.       Fokus pada pengembangan individu
b.      Kepercayaan dan keterbukaan
c.       Tujuan yang kuat
d.      Spiritualitas tinggi
25.  Budaya inovatif memiliki karakteristik, kebebasan, yaitu :
a.       Seberapa besar spontanitas, kegembiraan dan kemudahan di tempat kerja
b.      Keinginan untuk memadukan nilai-nilai kehidupan pribadi dengan kehidupan profesional
c.       tingkat dimana karyawan dapat mendefinisikan pekerjaan mereka sendiri, melatih kebikaksanaan, dan mengambil inisiatif
d.      memungkinakan karyawan untuk dapat terus berkembang dan belajar
26.  Tingkat dimana seseorang membuat keputusan dan memecahkan permsalahan berdasarkan pada apa yang terbaik bagi organisasi dibanding kepentingan pribadi, hal ini merupakan karakteristik budaya inovatif, yaitu:
a.       Kepercayaan dan keterbukaan
b.      Waktu dan ide
c.       Tantangan dan keterlibatab
d.      Pemecahan konflik
27.  Salah satu dampak positif dari budaya tanggap konsumen adalah,
a.       Meminimalisir ketidakpastian tentang peranan mereka dan cara terbaik untuk melakukan pekerjaan
b.      Membangun pribadi yang ulet dan siap melayani
c.       Membangun kepercayaan diri karyawan
d.      Jawaban b dan a benar
28.  Dasar seorang manajer memberi kewenangan adalah..
a.       Membentuk kepercayaan terhadap karyawan
b.      Ingin memberikan pembelajaran terhadap karyawan
c.       Ingin mempromosikan pertumbuhan
d.      Ingin karyawan yang mengambil keputusan
e.       A, b, c benar
29.  Hal-hal yang tidak sejalan dari pembentukan sebuah organisasi spiritual..
a.       Hak menanamkan nilai-nilai spirittual terhadap karyawan
b.      Pencapaian profit
c.       Ketidaknyamanan karyawan
d.      A,b benar
e.       A,c benar
30.  Spiritualisme dalam sebuah organisasi menimbulkan dapak positif seperti..
a.       Kreativitas
b.      Kepuasan
c.       Keinginan
d.      Kinerja
e.       komitmen
31.  Hal utama yang menjadi pertimbangan seorang manajer dalam mengambil tindakan berhubungan dengan lingkungan adalah..
a.       Investor
b.      Konsumen
c.       Karyawan
d.      Pesaing
e.       pemerintah
32.  Dalam mengambil tindakan, manajer memperhatika tentang lingkungan. Lingkungan  eksternal mencakup lingkunan khusus dan umum. Unsur utama dalam dalam lingkungan khusus adalah kecuali..
a.       Pemasok
b.      Pedagang
c.       Pesaing
d.      Konsumen
e.       Kelompok penekan
33.  Konsumen yang menyerap hasil dari perusahaan adalah..
a.       Nirlaba
b.      Pesaing
c.       Pemerintah
d.       A,b benar
e.       A, c benar
34.  Potensi ketidakpastian dari sebah organisasi adalah ..
a.       Investor
b.      Konsumen
c.       Pemasok
d.      Kelompok penekan
e.       pesaing
35.  Pesaing mempengaruhi sikap manajer dalam hal-hal seperti..
a.       Penetapan harga
b.      Pengembangan karyawan
c.       Pengembangan teknologi
d.      A.b benar
e.       A,c benar
36.  Hal-hal yang diperhatikan oelh manajer menyangkut lingkungan lingkungan umum adalah..
a.       Kondisi ekonomi
b.      Politik atau hukum
c.       Sosial budaya
d.      A, b, c benar
e.       A, b,c salah
37.  Suatu manajerial yang berfungsi menyuburkan buadaya belajar dimana anggota organisasi secara sistematis mengumpulkan pengetahuan dan berbagi dengan yang lain dalam organisasi itu sehingga dapat mencapai kinerja yang lebih baik yaitu disebut sebagai?
A.    Manajemen waktu
B.     Manajemen Fungsional
C.     Manajemen Pengetahuan
D.    Manajemen Mutu

38.  Total Quality Management (TQM) disebut juga sebagai?
A.    Manajemen Kelayakan Sosial
B.     Manajemen Terpadu
C.     Manajemen Pengetahuan
D.    Manajemen Mutu

39.  Berikut ini manakah yang merupakan pakar dari manajemen mutu?
A.    Henry Purcell
B.     W. Erdwards Deming
C.     Stephen P. Robbins
D.    Mandelson Barthody

40.  Semua unsur dalam lingkungan yang dipengaruhi oleh keputusan dan kebijakan organisasi yang dapat memengaruhi organisasi yaitu disebut?
A.    Breakholder
B.     Steakholder
C.     Manajer
D.    Stakeholder
41.  Sasaran dari manajemen mutu mengenai hasil dari produksi suatu manajemen yaitu ?
A.    Pelanggan
B.     Mesin
C.     Produksi
D.    Karyawan

42.  Derajat ketidak pastian lingkungan ditentukan oleh dua dimensi, salah satunya adalah...
a.         Derajat perubahan dalam komponen lingkungan
b.         Derajat kemudahan lingkungan
c.         Derajat banyaknya jumlah pekerja
d.        Derajat iklim di sekitar perusahaan

43.  Fokus manajemen mutu pada suatu proses kerja karena mutu barang dan jaasa diperbaiki secara berkelanjutan yaitu manajemen mutu yang berfokus pada?
A.    Proses
B.     Hasil
C.     Pelanggan
D.    Karyawan
44.  Lingkungan yang stabil dicirikan oleh, kecuali....
a.         Jumlah perubahan minim
b.         Tidak terobosan teknologi baru oleh pesaing
c.         Sedikit kegiatan oleh kelompok penekan
d.        Jumlah anggota orgnisasi relatif tetap
45.  Manajemen mutu merupakan komitmen untuk tidak merasa puas dan mutu senantiasa diperbaiki yaitu fungsi manajemen mutu sebagai?
A.    Pengukuran yang tepat
B.     Perbaikan yang berkelanjutan
C.     Perbaikan mutu segala sesuatu
D.    Memberdayakan para karyawan

46.  Yang merupakan stakeholder internal adalah?
A.    Karyawan
B.     Pesaing
C.     Pemerintah
D.    Serikat Buruh
47.  Salah satu cara lingkungan mempengaruhi manajer yaitu melalui hubungan pemercaya yang disebut....
a.         Stakeholder
b.         Relasi kerja
c.         Investor
d.        Guide
48.  Benchmarks diperlukan dalam suatu manajemen mutu dalam hal?
A.    Fokus pada pelanggan
B.     Perbaikan berkelanjutan
C.     Pemberdayaan para karyawan
D.    Pengukuran yang tepat
49.  Yang dimaksud roda organisasi dalam dunia manajemen yaitu....
a.         Karyawan
b.         Perusahaan
c.         Manajer
d.        Struktur perusahaan
50.  Pakar manajemen mutu dari Amerika yang secara antusias menerapkan TQM pada organisasi di Jepang yaitu?
A.    Alexander Taylor
B.     Claudio Monteverdi
C.     Joseph M. Juran
D.    Erick Withacker


1.      Satu-satunya tanggung jawab sosial manajemen adalah memaksimalkan laba. Pernyataan pandangan berikut adalah pengertian dari tanggung jawab sosial bersifat..
a.       Sosial Ekonomi
b.      Budaya
c.       Klasik
d.      Sosial

2.      .... mengacu pada kapasitas suatu perusahaan untuk menyesuaikan diri terhadap perubahan kondisi sosial.
a.       Tanggapan sosial
b.      Kewajiban Sosial
c.       Tanggung jawab sosial
d.      Organisasi sosial

3.      Kerangka kerja keputusan kecepat-tanggapan sosial adalah
a.       Tanggapan
b.      Sarana
c.       Pragmatis
d.      Jangka menengah dan pendek

4.      Pertimbangan utama dalam tanggung jawab sosial adalah..
a.       Tujuan
b.      Etis
c.       Kewajiban
d.      Jangka panjang

5.      Fokus kecepat-tanggapan sosial dan tanggung jawab sosial adalah..
a.       Sarana dan tujuan
b.      Etis dan pragmatis
c.       Jangka panjang dan jangka pendek
d.      Tanggapan dan kewajiban

6.      Memenuhi tanggung jawab ekonomi dan hukumnya merupakan pengertian dari..
a.       Tanggapan sosial
b.      Hak sosial
c.       Tanggung Jawab Sosial
d.      Etika Sosial

7.      Kepada siapa saja manajemen bertanggung jawab?
a.       Diri sendiri, pemegang kuasa, pemasok dan karyawan
b.      Pemegang kuasa, karyawan, anggota lingkungan tertentu, dan masyarakat luas
c.       Masyarakat luas, anggota lingkungan tertentu, karyawan, pemilik dan manajemen
d.      Anggota lingkungan tertentu saja

8.      Tujuan dari tanggung jawab sosial seorang manajemen terhadap pemegang kekuasaan lain adalah berikut, kecuali
a.       Menyeimbangkan tanggung jawab dan kekuasaan
b.      Memberikan harga yang adil
c.       Mengeluarkan produk dan jasa yang bermutu tinggi
d.      Mengeluarkan produk yang aman dan baik

9.      Kewajiban bisnis diluar yang dituntut oleh hukum dan pertimbangan ekonomi untuk mengejar berbagai sasaran jangka panjang yang baik bagi masyarakat adalah pengertian dari
a.       Kewajiban sosial
b.      Tanggung jawab sosial
c.       Ketanggapan sosial
d.      Kecepat-tanggapan sosial

10.  Penekanan dalam tanggung jawab sosial adalah..
a.       Kewajiban
b.      Tanggapan
c.       Tujuan
d.      Sarana

Etika Manajerial
1.      Etika yang menyatakan bahwa keputusan-keputusan etika yang dibuat semata-mata berdasarkan hasil atau akibat keputusan tersebut adalah etika
a.       Etika teoti keadilan           c.         etika teori kontrak social terpadu
b.      Etika utilitarian                 d.         etika hak
2.      Deskripsi dari tahap perkembangan moral tingkat konvensional adalah
a.       Menghayati apa yang diharapkan oleh orang – orang yang ada di dekat anda
b.      Menaati peraturan untuk menghindari hukuman fisik
c.       Menghargai hak – hak orang lain dan mempertahankan nilai – nilai tanpa mempedulikan pendapat mayoritas
d.      Menaati peraturan hanya ketika berbuat
3.      Proses seleksi karyawan yang dilakukan sekaligus digunakan untuk mempelajari..,,kecuali
a.       Nilai pribadi                      c.         kekuatan ego
b.      Perkembangan moral         d.         kecerdasan kognitif
4.      Terdapat 3 kelompok variable yang dijumpai pada etika bisnis perusahaan, yang termasuk dalam kelompok kedua adalah……………………
a.       Jalankan bisnis sesuai dengan segala perundang – undangan
b.      Berpakaian dengan pakaian bisnis
c.       Menyampaikan pernyataan – pernyataan yang benar dalam mengiklankan produk
d.      Jangan menggunakan kata – kata kasar
5.      “Seberapa seringkah tindakan ini menyebabkan kerugian” pernyataan ini termasuk dalam penentu intensitas……………..
a.       Besarnya kerusakan                      c.         kecepatan akibatnya
b.      Kemungkinan kerugian                 d.         kosentrasi akibat
6.      Yang termasuk kesepakatan yang dibuat pada Forum Ekonomi Dunia 1999 adalah
a.       Jarak terhadap korban                   c.         standar buruh
b.      Seleksi kaeryawan                         d.         jonsensus tentang kesalah
7.      Kebebasan asosiasi dan pengakuan yang efektif atas hak tawar menawar secara kolektif termasuk dalam kesepakatan global…………….
a.       Lingkungan                                   c.         Hak Asasi Manusia
b.      Hak Asasi Kelompok                    d.         Standar Buruh
8.      Pernyataan formal mengenai nilai utama dan peraturan etika organisasiyang diharapkan akan diikuti oleh para karyawan termasuk dalam pengertian……………
a.       Nilai                                              c.         etika keadilan
b.      Kode etik                                      d.         etika
9.      Yang termasuk tahap – tahap perkembangan moral adalah……………………..
a.       Prinsip                                           c.         ego
b.      Nilai                                              d.         modern
10.  Yang bertugas mengevaluasi keputusan dan praktik manajemen adalah…………..
a.       Karyawan                                c.         Audit Sosial Independen
b.      Kepala Bagian                         d.         tim independen




Tanggung Jawab Sosial dan Kinerja Ekonomi

1.      Yang termasuk ke dalam kinerja ekonomi kecuali. . .
a.          Pendapatan Kotor
b.         Pendapatan Bersih
c.          Pengembalian atas modal
d.         Harga saham per lot

2.      Biasanya reksadana itu menggunakan jenis . . . . . yang menerapkan kriteria sosial ke keputusan investasi.
a.       Metode lingkungan
b.      Investasi sosial
c.       Penyaringan sosial
d.      Pengendalian lingkungan

3.      Yang termasuk reksadana kecuali. . . .
a.       Ekuitas
b.      Surat berharga
c.       Pasar uang
d.      Kwitansi

4.      Kesadaran akan eratnya kaitan antara keputusan dan kegiatan organisasi dengan dampaknya terhadap lingkungan di sebut sebagai. . . .
a.       Menejemen sosial
b.      Menejemen ramah lingkungan
c.       Menejemen organisasi
d.      Menejemen

5.      Sebuah organisasi yang mewakili beberapa perusahan terbesar Amerika dan telah lama menentang sains dibalik pemanasan global adalah. . . .
a.       The Business Roundtabel
b.      Dupon
c.       CFC
d.      3Ps

6.      CFC kependekan dari . . . .
a.       Carbonfluorocloro
b.      Clorofilcarbon
c.       Cloudfilcarbon
d.      Clorofluorocarbon

7.      Ada beberapa tipe pendekatan organisasi dalam tanggungjawab lingkungan antara lain. . . . kecuali
a.       Pendekatan sosial
b.      Pendekatan hukum
c.       Pedekatan pasar
d.      Pendekatan pemercaya


8.      Pendekatan dimana organisasi menanggapi preferensi (kelebih-sukaan) lingkungan para pelanggannya disebut pendekatan. . . .
a.       Hukum
b.      Pasar
c.       Pemercaya
d.      Aktivis 

9.      Pedekatan dimana organisasi lebih memilih untuk menanggapi banyak tuntutan yang dibuat oleh para pemercaya seperti karyawan disebut pendekatan. . . .
a.       Pasar
b.      Hukum
c.       Aktivis
d.      Pemercaya

10.  Perusahaan yang menganut pendekatan pasar adalah. . . .
a.       Hawlett-Packard Corporation
b.      Dupon
c.       The Business Roundtabel
d.      Ecover

manajemen berbasis nilai
  1. Pendekatan terhadap pengelolaan dimana para manajer menetapkam, memajukan, dan mempraktikkan nilai-nilai bersama sebuag organisasi adalah pengertian
a.       Etika manajerial
b.      Tanggung jawab sosial
c.       Tanggung jawab manajerial
d.      manajemen berbasis nilai
  1. tujuan nilai bersama adalah, kecuali..
a.       menentukan keputusan dan tindakan para manajer
b.      membentuk perilaku karyawan
c.       mempengaruhi upaya pemasaran
d.      mendorong perselisihan
  1. tujuan lain nilai bersama yang diharapkan organisasi adalah
a.       komunikasi antar anggota
b.      individualisme yang tinggi antar anggota
c.       membentuk semangat individu
d.      menolak upaya pemasaran
  1. nilai yang harus ditetapkan oleh organisasi harus, kecuali
a.       inovatif
b.      ber-etika
c.       dapat dipercaya
d.      memanfaatkan karyawan lain
  1. inovatif adalah
a.       membuat perubahan
b.      bertanggung jawab
c.       ber-etika
d.      integritas yang tinggi
  1. nilai inti yang utama dari manajemen berbasis nilai adalah
a.       kepuasan konsumen
b.      kepuasan produsen
c.       kepuasan perusahaan
d.      kepuasaan pemegang kekuasaan
  1. yang bertanggung jawab dalam nmenetapkan dan memelihara nilai-nilai yang ingin ditanamkan pada karyawan adalahsesama karyawan
a.       sesama karyawan
b.      manajer organisasi
c.       keamanan organisasi
d.      pemilik perusahaan
  1. nilai suatu organisasi dapat dicerminkan dalam
a.       keputusan dan tindakan karyawan
b.      masalah karyawan
c.       metode penerimaan karyawan
d.      kesejahteraan karyawan
  1. nilai-nilai bersama merupakan cara untuk
a.       membina semangat tim dalam organisasi
b.      memecah belah tim dalam organisasi
c.       mengambil keuntungan bersama
d.      memperlemah semangat tim dalam organisasi
  1. apa yang terjadi jika tidak ada nilai bersama dalam sebuah organisasi
a.       organisasi akan maju dengan pesat
b.      organisasi akan mendapatkan keuntungan yang banyak
c.       akan terjalin nilai bersama dan tanggung jawab sosial dalam diri karyawan
d.      organisasi akan cenderung mementingkan kepentingan pribadi dan sulit berkembang


1.      Tanggung jawab sosial memiliki Pertimbangan secara etis dan fokusnya terhadap tujuan sebagaimana yang dikatakan dari buku “The evolution of the corporate social performance model” karangan:
  1. S.L. Wartick
  2. Pat O” Donell
  3. Aspen Skiing
  4. Sandy River
Jawab: b

2.      Ada banyak hal yang menjadi pertimbangan suatu organisasi melindungi dan melestarikan lingkungan, sejumlah organisasi juga hanya melakukan dari salah satu tuntutan dari:
  1. Pemerintah
  2. Undang-Undang
  3. Masyarakat
  4. Konsumen
Jawab: b

3.      Beberapa masalah utama dalam lingkungan global kecuali:
  1. Menipisnya SDA
  2. Kecelakaan Industri
  3. Pemanasan Global
  4. Menurunnya kualitas Produk
Jawab: d

4.      Argumen yang mendukung tanggung jawab sosial kecuali
  1. Biaya
  2. Kepemilikan sumberdaya
  3. Citra masyarakat
  4. Kewajiban etis
Jawab: a

5.      Perusahaan menggunakan berbagai cara untuk menghormati dan melestarikan bumi serta sumber alamnya merupakan satu dari berbagai pendekatan pada cara organisasi menjadi ramah lingkungan tepatnya dengan pendekatan:
  1. Pendekatan hukum
  2. Pendekatan pasar
  3. Pendekatan stakeholder
  4. Pendekatan aktivis
Jawab: d

6.      Teori Pandangan etika utilitarian selalu mengatakan bahwa keputusan etika dibuat berdasarkan:
  1. Peraturan
  2. Norma masyarakat
  3. Hasil Keputusan
  4. Tindakan
Jawab: c

7.      Intensitas masalah selalu dikaitkan dengan faktor penentu kecuali:
  1. Tingginya Intervensi
  2. Kemungkinan kerugian
  3. Konsensus tentang kesalahan
  4. Besarnya kerusakan
Jawab: a

8.      Merendahkan martabat seorang karyawan dalam suatu perusahaan merupakan hal yang sebaiknya dihindari seperti, kecuali:
  1. Memanggil “sayang” kepada setiap karyawan wanita di perusahaan
  2. Menawarkan rokok ke teman karyawan.
  3. Berbicara dengan rekan kerja dengan sikap yang tenang tentang dirinya
  4. Membuang kertas kerja ke meja rekan anda karena frustasi dengan pekerjaan
Jawab: c

9.      Pandangan sosial ekonomi menekankan bahwa tanggung jawab sosial manajemen bukan sekedar menghasilkan laba tetapi juga:
  1. Melindungi kesejahteraan sosial
  2. Mempertahankan visi perusahaan
  3. Menjalankan misi perusahaan
  4. Semua jawaban salah
Jawab: a

10.  Tanggung jawab sosial adalah lebih menekankan pada:
  1. Prioritas utama
  2. Keputusan utama
  3. Hubungan utama
  4. Semua jawaban salah
Jawab: d

1.      Dibawah ini adalah Penerapan Khusus dalam organisasi, kecuali…
a.       Wawancara Karyawan
b.      Penghargaan Kinerja
c.       Kejelasan Masalah
d.      Evaluasi Kinerja

2.      Salah satu metode untuk merangsang kreativitas individu
a.      Instruksi langsung
b.      Persaingan
c.       Pilihan yang terbatas
d.      Pengawasan

3.      Siapakah yang melakukan penelitian dan konsultansi tentang kreativitas dalam organisasi bisnis selama 20 tahun?
a.       Du Pont
b.      Dow
c.       Exxon
d.      Teresa Amabile

4.      Pemikiran vertikal sering tampak sebagai?
a.       Pemikiran irasional
b.      Pemikiran rasional
c.       Pemikiran lateral
d.      Pemikiran zig-zag

5.      Menggunakan analogi dan dasar pemikiran yang dibalikkan untuk membuat keakraban yang asing atau keasingan yang akrab disebut…
a.       Instruksi langsung
b.      Penyusunan atribut
c.       Synetik
d.      Pemikiran lateral

6.      Siapa yang memberikan layanan sosial residensial untuk para penyandang cacat?
a.      Mary Tjosvold
b.      Alexander
c.       J.C. Penney
d.      T. Steven


7.      Suatu masukan utama dalam masalah siapa dipekerjakan dan siapa ditolak dalam setiap organisai disebut..
a.      Wawancara karyawan
b.      Pengharapan kinerja
c.       Evaluasi kinerja
d.      Synetik

8.      Dibawah ini adalah faktor untuk membendung kreativitas seorang manajer atau karyawan, kecuali…
a.       Evaluasi yang diharapkan
b.      Pengawasan
c.       Motivator eksternal
d.      Potensial kreativitas

9.      Individu-individu yang melaporkan praktik-praktik tak etis majikan mereka kepada otoritas di dalam dan/atau di luar organisasi itu disebut…
a.      Peniup pluit
b.      Nujuman memenuhi diri-sendiri
c.       Talking box
d.      Ekspektasi

10.  Anda dapat menangani suatu masalah dari sisi pemecahan dan bukannya dari sisi awal dan kembali ke beragai keadaan awal
a.       Pemikiran irasional
b.      Pemikiran rasional
c.       Pemikiran lateral
d.      Pemikiran verikal
1.      Jalan pintas yang sering digunakan dalam menilai orang lain, kecuali...
a.       Bersterotipe
b.      Efek bias
c.       Efek halo
d.      Efek kontras
2.      Setiap karakteristik yang membuat seseorang, suatu objek, atau peristiwa menyolok akan meningkatkan kemungkinan bahwa karakteristik itu akan dipersepsikan. Termasuk dalam jalan pintas...
a.       Berstereotipe
b.      Efek bias
c.       Efek halo
d.      Efek selektif
3.      Bagaimana selektivitas bekerja sebagai suatu jalan pintas dalam menilai orang lain?
a.       Dipengaruhi oleh basis penafsiran
b.      Kita tidak dapat mengasimilasikan semua yang kita amati, kita mencernakan sedikit demi sedikit dan sepotong demi sepotong
c.       Berkaitan dengan kegiatan dan tujuan
d.      Terdapat rangsangan membingungkan [ambiguous]
4.      Bila kita menarik suatu kesan umum mengenai seorang individu berdasarkan suatu karakteristik tunggal. Termasuk dalam jalan pintas...
a.       Berstereotipe
b.      Efek bias
c.       Efek halo
d.      Efek kontras
5.      Riset menyatakan bahwa kemungkinan besar efek halo akan menjadi ekstrim bila ciri-ciri yang dipersepsikan, kecuali...
a.       Cenderung mempersepsikan orang lain menurut yang mereka anggap serupa
b.      Bersifat membingungkan [ambiguous] dalam makana perilaku
c.       Mempunyai nada tambahan [overtone] moral
d.      Pemersepsi menilai ciri-ciri di mana pengalamannya terbatas
6.      Saya memperhitungkan bahwa sang dosen akan menaikkan evaluasi saya setelah membandingkan pidato saya dengan pidato dari mereka yang baru saja berpidato secara tergagap-gagap dan lupa akan baris kata-katanya.
Ilustrasi tersebut menunjukkan jalan pintas...
a.       Berstereotipe
b.      Efek bias
c.       Efek kontras
d.      Efek selektif
7.      Kecenderungan untuk menghubungkan karakteristik sendiri kepada orang lain.
a.       Kontras
b.      Proyeksi
c.       Strereotipe
d.      Selektif
8.      Di masa lalu Anda telah memperoleh sukses besar dengan mempekerjakan individu-individu yang ikut serta dalam atletik ketika menjadi mahasiswa. Jadi Anda memfokuskan pencarian Anda dengan mencari calon-calon yang berpatisipasi dalam atletik universistas. Ilustrasi tersebut menunjukkan jalan pintas...
a.       Berstereotipe
b.      Efek bias
c.       Efek kontras
d.      Efek selektif
9.      Evaluasi atas karakteristik seseorang yang dipengaruhi oleh pembandingan dengan orang lain yang baru saja dijumpai yang berperingkat lebih tinggi atau lebih rendah pada karakteristik-karrakteristik.
a.       Berstereotipe
b.      Efek bias
c.       Efek kontras
d.      Efek selektif
10.  Menilai seseorang atas dasar persepsi kita terhadap kelompok orang tersebut.
a.       Berstereotipe
b.      Efek bias
c.       Efek kontras
d.      Efek selektif

Latihan soal Pengantar Manajemen

1.)atribut-atribut yang akan membentuk kita memandang apa yang akan kita amati yakni di bawah ini, kecuali…
a.       Gerakan
b.      Bunyi
c.       Ukuran
d.      Sepatu


2.)obyek-obyek yang berdekatan satu samalain akan cenderung dipersepsikan dengan…
a.       Mirip
b.      Dekat
c.       Berkaitan
d.      Bersama-sama

3.)penentuan waktu dapat menyiratkan…
a.       Peningkatan
b.      Penurunan
c.       Pembelian
d.      Ketergantungan

4.)orang, obyek, atau peristiwa yang serupa satu samalain cenderung dikelompokkan bersama-sama. Makin besar kemiripan itu, makin besar kemungkinan cenderung mempersepsikan mereka sebagai suatu…
a.       Organisasi
b.      Departemen
c.       Lembaga
d.      Kelompok bersama

5.)dari faktor-faktor yang memengaruhi persepsi, dibawah ini faktor yang memengaruhi dalam situasi yakni…
a.       Ukuran
b.      Bunyi
c.       Latar belakang
d.      Waktu

6.)dari penentuan untuk menilai seseorang, sebagian besar bergantung pada faktor-faktor dibawah ini, kecuali…
a.       Kekhususan
b.      konsensus
c.       Konsistensi
d.      Pengandaian

7.)perilaku yang diyakini berada dibawah kendali pribadi dari individu tersebut yakni perilaku yang disebabkan oleh faktor dibawah ini yakni…
a.       Waktu
b.      Bunyi
c.       Ukuran
d.      Internal


8.)bila salahsatu dari karyawan anda terlambat masuk kerja, mungkin akan menghubungkan perilaku karyawan tersebut dengan pesta sampai larut malam dan kemudian ketiduran. Persepsi seperti demikian akan masuk dalam…
a.       Atribusi bunyi
b.      Atribusi ukuran
c.       Atribusi eksternal
d.      Atribusi internal


9.)bila kita cenderung meremehkan pengaruh faktor luar dan melebih-lebihkan pengaruh faktor internal dalam menilai perilaku seseorang hal ini dikarenakan adanya…
a.       Tanggung jawab
b.      Berlebih-lebihan
c.       Berpikir yang negatif
d.      Kekeliruan


10.)seseorang akan cenderung menghubungkan kegagalan dengan hal dibwah ini yakni…
a.       Bunyi
b.      Ukuran
c.       Kerja yang bagus
d.      Eksternal

Pertanyaan      :
1.      Jelaskan apa yang di maksud dengan komunikasi!
2.      Jelaskan fungsi dari komunikasi!
3.      Jelaskan beberapa metode komunikasi antar personal!
4.      Jelaskan bagaimana berkomunikasi antar personal yang efektif!
5.      Jelaskan apa yang di maksud dengan komunikasi organisasi!
6.      Jelaskan apa yang dimaksud dengan tekhnologi, informasi, dan komunikasi!
7.      Jelaskan bagaimana tekhnologi mempengaruhi komunikasi menejerial!
8.      Jelaskan bagaimana tekhnologi informasi mempengaruhi organisasi!
9.      Jelaskan beberapa isu komunikasi dalam organisasi perusahaan masa kini!
Jawaban          :
1.      Komunikasi adalah penyampaian dan pemahaman suatu maksud harus ditekankan artinya, jika tidak ada informasi atau ide yang di sampaikan maka tidak ada komunikasi.
2.      a.    Komunikasi sebagai kontrol prilaku anggota dalam berbagai cara
contoh : karyawan pertama kali harus mengkomunikasikan segala keluhan mengenai pekerjaan pada menejer.
b.      motivasi
komunikasi mendorong motivasi dengan menjelaskan pada karyawan apa yang harus diseesaikan, seberapa baik mereka melakukan pekerjaan, dan apa yang dilakukan untuk meningkatkan kinerja
c.       ekspresi emosional
komunikasi sebagai wadah penyaluran perasaan bagi ekspresi emosional untuk memperoleh kebutuhan sosial
d.      informasi
individu dan kelompok memerlukan informasi untuk menyelesaikan permasalahan sehingga komunikasi dapat menyediakan informasi tersebut.
3.      Metode komunikasi antar personal
a.       Tatap muka
b.      Telepon
c.       Rapat kelompok
d.      Presentasi resmi
e.       Memo
f.       Media tradisional
g.      Mesin fax
h.      Majalah karyawan
i.        Bulletin board
j.        Terbitan perusahaan
k.      Kaset dan video
l.        Hot line
m.    Surat elektronik
n.      Konferensi komputer
o.      Voice mail
p.      Telekonfrerensis
q.      Video konferensis

4.      Bagi penyampai pesan :
a. menggunakan umpan balik
Adanya interaksi antara penanya dan penjawab, sehinggapenanya dapat menentukan apakah pesan itu diterima dan di mengerti seperti yang dimaksudkan, bukan hanya sekedar jawaban iya dan tidak
b. menyederhanakan bahasa
   Bahasa dapat menjadi penghalang maka menejer harus memilih kata dan menyusun pesannya dengan cara yang membuat pesan tersebut menjadi jelas dan di pahami oleh yang menerima pesan
c. menyimak dengan aktif
     menyimak secara aktif merupakan menyimak untuk mendapatkan maksud yang lengkap tanpa melakukan penilaian atau penafsiran dini, menunjukan konsentrasi total. Menyimak adalah pencarian maksud secara aktif sedangkan mendengar pasif
e.       kendala emosi
emosi dapat benar-benar menghalangi dan menggangu penyampaian maksud ketika menejer sedang emosi atas suatu hal lebih cenderung untuk salah menafsirkan pesan yang datang dan gagal mengkomunikasikan pesan yang ingin dikeluarkannya secara jelas dan akurat.
f.       perhatikan isyarat non verbal
tindakan dapat berbicara lebih keras disbanding dengan perkataan, sehingga menjaga tindakan penting untuk memastikan tindakan itu sejalan dan memperkuat kata-kata yang keluar bersama dengan tindakan.
           



            Bagi penerima pesan:
a.       jangan berbicara berlebihan
b.      berusaha menjadi empatik
c.       lakukan kontak mata
d.      tunjukan anggukan kepala setuju dan ekspresi wajah yang sesuai
e.       ajukan pertanyaan
f.       hindari tindakan atau gerak yang menggangu
g.      hindari memutus percakapan pembicara
h.      uraikan dengan kata-kata sendiri


5.      Komunikasi Organisasi
Komunikasi dalam organisasi meliputi komunikasi formal dan informal. Komunikasi formal mengacu pada komunikasi yang mengikuti rantai komando resmi atau bagian dari komunikasi yang dibutuhkan untuk melakukan suatu pekerjaan (contoh: menejer meminta karyawan untuk menyelesaikan suatu tugas). Komunikasi informal adalah komunikasi organisasi yang tidak didefinisikan oleh hierarkhi dan struktur organisasi (contoh: percakapan sesama karyawan)

6.      Jelaskan apa yang dimaksud teknologi informasi dan komunikasi
Teknologi informasi merupakan aspek yang menyentuh hampir semua bisnis perusahaan. Teknologi informasi mampu mempermudah dalam mengoordinasikan usaha kerja karyawan melalui berbagai cara yang dapat menghasilkan peningkatan efisiensi dan keefektifan.

7.      Jelaskan bagaimana teknologi mempengaruhi komunikasi manajerial
Teknologi mempengaruhi komunikasi manajerial dalam hal meningkatknan kemampuan menajer untuk memantau kinerja individu atau tim, teknologi juga membuat karyawan dapat memperoleh informasi yang lebih lengkap untuk membuat keputusan yang lebih cepat, dan teknologi meberikan lebih banyak peluang kepada karyawan untuk bekerjasama menyelesaikan tugas tertentu dan berbagi informasi. Teknologi informasi memungkinkan orang-orang dalam organisasi untuk berkomunikasi, berbagi informasi, serta melakukan pekerjaan mereka kapanpun dan dimanapun.

8.      Jelaskan bagaimana teknologi informasi mempengaruhi organisasi
  Teknologi informasi berkembang dalam suatu organisasi berpengaruh dalam membantu karyawan yang bekerja dalam tim maupun secara individu dapat memperoleh informasi secara cepat guna membuat keputusan dan melakukan pekerjaannya. Teknologi informasi mempermudah komunikasi dan pertukaran informasi di antara anggota organisasi tanpa menghadapi kendala geografi atau waktu. Usaha kerja yang bekerja sama untuk menyelesaikan tugas tertentu diantara individu dan tim yang tersebar luas, berbagi informasi, dan integrasi keputusan serta pekerjaan diseluruh organisasi mempunyai potensi meningkatkan efisiensi dan keefektifan organisasi.

9.      Jelaskan beberapa isu komunikasi dalam organisasi perusahaan masa kini
  Peran manajer dalam suatu organisasi tidak hanya sebagai pengatur, pengawas, atau pun pengambil keputusan namun juga dituntut untuk dapat menjadi seorang komunikator yang  efektif bagi karyawan maupun konsumen. Terdapat empat hal tentang komunikasi yang mempunyai arti penting bagi manajer sekarang ini, yaitu
Ø  Mengelola situs keluhan
Manajer memiliki fungsi mengelola dan memonitor situs web dengan tujuan mampu menanggapi dan mengambil tindakan untuk memperbaiki masalah apapun yang telah dituliskan. Selain itu, manajer dapat membentuk forum internal yang mendorong karyawan untuk mengirimkan keluhan karyawan ke forum organisasi tersebut daripada di internet umum.
Ø  Mengelola sumber daya pengetahuan organisasi
Manajer kini mengembangkan sumber daya pengetahuan untuk mempermudah karyawan untuk berkomunikasi dan berbagi pengetahuan sehingga mampu mengerjakan pekerjaan dengan lebih efektif dan efisien. Pengelolaan sumber daya pengetahuan organisasi penting bagi manajer untuk dapat memelihara komunikasi yang kuat terhadap karyawan, agen penjualan, atau konsumen dengan menggunakan alat komunikasi maupun membentuk suatu komunitas, yang dapat memecahkan berbagai masalah-masalah.
Ø  Berkomunikasi dengan konsumen
Manajer kini harus mampu menyadari tiga komponen penting dalam semua proses pemberian jasa, yaitu konsumen, organisasi jasa, dan penyedia jasa individual. Komunikasi merupakan bagian penting dari strategi layanan konsumen. Mutu interaksi interpersonal antara konsumen dan karyawan kontak mempengaruhi kepuasan konsumen secara efisien dan efektif.
Ø  Menggunakan komunikasi yang benar secara politik
Perhatian terhadap pemilihan kosa kata dalam berkomunikasi adalah sesuatu yang tidak dapat diperhatikan oleh manajer. Manajer diharapkan lebih sensitif tentang pemilihan kata bahasa yang benar secara politik sebagai bentuk kejelasan informasi.


1.      Rencana yang berlaku bagi organisasi secara keseluruhan, menjadi sasaran umum organisasi tersebut, dan berusaha menempatkan organisasi tersebut ke dalam lingkungannya adalah…..
A.    Rencana stratejik
B.     Rencana operasional
C.     Rencana jangka panjang
D.    Rencana jangka pendek
2.      Rencana yang merinci detail cara mencapai sasaran menyeluruh disebut…..
A.    Rencana stratejik
B.     Rencana operasional
C.     Rencana jangka panjang
D.    Rencana jangka pendek
3.      Berikut adalah pernyataan yang benar tentang rencana stratejik dan operasional…
A.    Rencana stratejik cenderung  mencakup kerangka waktu yang lebih panjang
B.     Rencana stratejik mencakup perumusan sasaran
C.     Rencana operasional mendefinisikan berbagai cara untuk mencapai saaran itu
D.    Semua jawaban benar
4.      Rencana dengan kerangka waktu diatas 3 tahun adalah….
A.    Rencana jangka pendek
B.     Rencana jangka menengah
C.    Rencana jangka panjang
D.    Rencana operasional
5.      Rencana dengan kerangka waktu 1 tahun atau kurang adalah….
A.    Rencana jangka pendek
B.     Rencana jangka panjang
C.     Rencana jangka menengah
D.    Rencana stratejik
6.      Rencana yang didefinisikan dengan jelas dan tidak memberi ruang untuk penafsiran adalah….
A.    Rencana pengarah
B.     Rencana spesifik
C.     Rencana sekali pakai
D.    Rencana terus menerus
7.      Rencana yang fleksibel dan menjadi pedoman umum adalah…
A.    Rencana pengarah
B.     Rencana spesifik
C.     Rencana sekali pakai
D.    Rencana terus menerus
8.      Rencana yang digunakan satu kali saja yang secara khusus dirancang untuk memenuhi kebutuhan situasi yang unik adalah….
A.    Rencana pengarah
B.     Rencana spesifik
C.    Rencana sekali pakai
D.    Rencana terus menerus
9.      Rencana yang berkesinambungan yang menjadi pedoman bagi kegiatan-kegiatan yang dilakukan secara berulang-ulang disebut….
A.    Rencana pengarah
B.     Rencana spesifik
C.     Rencana sekali pakai
D.    Rencana terus-menerus
10.  Sebuah pendekatan untuk menetapkan sasaran di mana sasaran ditempatkan di tingkat atas organisasi dan kemudian dipecah menjadi sub-sasaran untuk masing-masing organisasi adalah…..
A.    Penetapan sasaran tradisional
B.     Penetapan sasaran modern
C.     Penetapan sasaran primitif
D.    Penetapan  sasaran semi-modern

Daftar pertanyaan halaman 200-203
1.       Persaratan karakterisasi sasaran yang terancang dengan baik antara lain, Kecuali :
a.       Ditulis berdasarkan hasil, bukan tindakan
b.      Dapat diukur dan di hitung
c.       Menantang sekaligus dapat di capai
d.      Di komunikasikan hanya kepada menejer

2.       Beberapa  masalah program MBO (Manipulating by Objectives) antara lain:
a.       Perubahan lingkungan yang dinamis
b.      Penekanan  berlebihan karyawan
c.       Jawaban a dan b benar
d.      Jawaban a dan b salah

3.       Menentukan jumlah produk yang harus dijual dalam kurun waktu 6 bulan kedepan, adalah salah satu jenis-jenis perencanaan berdasarkan:
a.       kerangka waktu
b.      kehkususan
c.       luasan
d.      frekuensi penggunaan

4.       mengadakan rapat perencanaan kepada seluruh pimpinan perusahaan, termasuk kedalam syarat karakterisasi sasaran yang terancang dengan baik yaitu:
a.  Tertulis
b.  Ditulis berdasarkan hasil bukan tindakan
c.  Dapat diukur dan dihitung
d.  mengkomunikasikan kepada seluruh anggota organisasi yang perlu

5.       pernyataan yang luas mengenai tujuan organisasi berupa hal-hal yang ingin di capai merupakan salah satu langkah penetapan sasaran yaitu:
a.       menentukan sasaran secara individu dengan masukan dari orang lain
b.      mengkaji misi organisasi
c.       mengevaluasi sumber daya yang tersedia
d.      menuliskan sasaran

6.       keahlian yang di perlukan seorang menejer menurut Rodney :
a.       cepat mengatasi masalah sumber daya
b.      bersedia mendelegasikan tugas
c.       beroprasi dengan integritas dan keadilan
d.      jawaban a,b,dan c benar

7.       manfaat menetapkan sasaran
a.       mempermudah penetapan angaran
b.      mempermudah alokasi sumber daya
c.       jawaban a dan b benar
d.      tidak ada jawaban yang benar

8.       berikut ini karakteristik sasaran yang terancang dengan baik
a.       jelas kerangka waktunya
b.      menantang sekaligus dapat di capai
c.       tertulis
d.      semua jawaban benar

9.       menetapkan kerangka waktu pencapaian tujuan tergolong ke dalam
a.       menantang sekaligus dapat di capai
b.      dapat diukur dan di hitung
c.       tertulis
d.      ditulis berdasarkan hasil bukan tindakan

10.   jenis-jenis perencanaan
a.       berdasarkan waktu
b.      frekuensi penggunaan
c.       kekhususan
d.      semua jawaban benar
1.       Faktor yang tidak termasuk kedalam faktor kontingensi adalah:
a.       Tingkatan dalam organisasi
b.      Perencanaan sosial
c.       Ketidakpastian lingkungan
d.      Kerangka waktu perencanaan
2.        Apakah yang dimaksud dengan konsep komitmen:
a.       Rencana harus cukup jauh membentang supaya dapat mencapai komitmen ketika rencana disusun
b.      Rencana harus dibuat dalam waktu sepanjang mungkin agar dapat memenuhi segala komitmen yang telah disusun
c.       Rencana harus dibuat dalam waktu sependek mungkin agar dapat memnuhi segala komitme yang telah disusun
d.      Rencana yang disusun harus dibuat sesuai dengan kebutuhan komitmen yang telah kita sepakati
3.       Pada pendekatan perencanaan tradisional, pihak yang terlibat dalam merencanakan sesuatu, yaitu:
a.       Konsumen
b.      Direktur perusahaan
c.       Pihak ke-tiga
d.      Depertemen perencanaan formal
4.       Pada pendekatan perencanaan, melibatkan struktur keanggotaan yang berada di bawah bertujuan untuk:
a.       Melibatkan anggota sebagai syarat perencanaan perusahaan
b.      Menjadikan sebuah perencanaan sebagai pengarah dan pengoordinasi dalam bekerja
c.       Menjadikan sebuah perencanaan sebagai peraturan pekerjaan
d.      Melibatkan anggota agar perencanaan yang dibuat manajer menjadi berkesan
5.       Pernyataan-pernyataan yang sering menjadikan permasalahan dalam pembuatan perencanaan diantaranya, kecuali:
a.       Perencanaan dapat menciptakan kekakuan
b.      Rencana tidak dapat disusun dalam lingkungan yang dinamis
c.       Rencana tidak dapat dilakukan oleh semua kalangan
d.      Rencana formal tidak dapat menggantikan intuisi dan kreatifitas
6.       Manakah pernyataan berikut yang benar
a.       Manajer harus berfokus pada persaingan antar perusahaan
b.      Manajer harus selalu menciptakan kreatifitas baru di perusahaannya
c.       Manajer harus dapat mempertimbangkan penciptaan atau penemuan kembali industri
d.      Manajer harus selalu fokus terhadap memanfaatkan peluang bisnis yang ada dalam industri
7.       Kritik dalam pembuatan perencanaan dan keefektifan manajer dalam membuat perencanaan di lingkungan dinamis merupakan:
a.       Beberapa permasalahan kontemporer dalam perencanaan
b.      Beberapa permasalahan sosial dalam perencanaan
c.       Beberapa pemasalahan perencanaan oleh manajer
d.      Beberapa permasalahan manajer dalam membuat perencanaan
8.       Fasilitas server Dell Computer Corporation di Austin, Texas merupakan salah satu perencanaan dengan memanfaatkan pendekatan:
a.       Pendekatan tradisional
b.      Pendekatan konvensional
c.       Pendekatan yang melibatkan orang banyak
d.      Pendekatan kontemporer
9.       Ketidakpastian lingkungan dapat dimanfaatkan sebagai:
a.       Identifikasi rencana untuk tujuan sehingga dapat berubah untuk mencapai sasaran yang tepat
b.      Klasifikasi rencana untuk menentukan rencana apa saja yang dapat dilakukan manajer
c.       Identifikasi permasalahan yang sering dihadapi oleh pembuat rencana
d.      Identifikasi permasalahan yang bersifat umum di kalangan manajer perusahaan

10.   Salah satu kritik yang sering diungkapkan pada proses pembuatan perencanaan adalah:
a.       Rencana digunakan hanya dalam penyelesaian suatu permasalahan di perusahaan
b.      Rencana dibuat berdasarkan kemampuan manajer saja
c.       Rencana dapat dimanfaatkan sebagai alternatif untuk menentukan tujuan perusahaan
d.      Rencana memusatkan perhatian manajer pada persaingan sekarang bukan kelangsungan hidup masa mendatang
1.       Berikut ini termasuk cakupan dalam melakukan perencanaan kerja, kecuali….
a.       Menetapkan strategi menyeluruh mencapai sasaran
b.      Menyusun serangkaian rencana yang menyeluruh
c.       Tindakan mentargetkan sasaran dan menetapkan strategi
d.      Melakukan survey terhadap perusahaan lain untuk mencapai sasaran
2.       Perencanaan yang tidak tertulis dan sedikit disampaikan kepada orang lain dalam organisasi disebut…
a.       Perencanaan formal
b.      Perencanaan informal
c.       Perencanaan tertulis
d.      Perencanaan tidak tertulis
3.       Dalam suatu perusahaan, jika pemilik sekaligus manager perusahaan tersebut menentukan sendiri ke arah mana perusahaan akan melangkah dan tidak mengutarakan strateginya kepada orang lain disebut…
a.       Perencanaan formal
b.      Perencanaan informal
c.       Perencanaan tertulis
d.      Perencanaan tidak tertulis
4.       Di bawah ini termasuk alasan manajer membuat perencanaan, kecuali…
a.       Meminimalkan pemborosan dan kegiatan rangkap
b.      Memberikan panduan kepada karyawan
c.       Mengurangi dampak perubahan
d.      Mengatur perusahaan sesuai kemauan pemilik perusahaan
5.       Sebuah organisasi secara teori dapat melakukan perncanaan formal sebelum melihat dampaknya selama kurun waktu…
a.       4 tahun
b.      3 tahun
c.       2 tahun
d.      1 tahun
6.       Dokumen yang merangkum cara mencapai sasaran yang mencakup alokasi sumber daya, penyusunan jadwal, dan tindakan yang diperlukan lainnya untuk mencapai sasaran disebut…
a.       Rundown
b.      Rencana
c.       Jadwal
d.      Arsip
7.       Perencanaan mencakup dua elemen penting yaitu…
a.       Rencana dan pelaksanaan
b.      Sasaran dan pelaksanaan
c.       Rencana dan sasaran
d.      Pelaksanaan dan kerjasama
8.       Dasar dari sebuah perencanaan adalah…
a.       Rencana
b.      Kerjasama
c.       Sasaran
d.      Pelaksanaan
9.       Perusahaan besar Amerika Serikat membagi sasaran dalam dua kriteria yaitu…
a.       Sasaran keuangan dan strategik
b.      Sasaran penguasaan daerah dan kepemimpinan
c.       Sasaran penguasaan daerah dan keuangan
d.      Sasaran kepemimpinan dan strategik
10.   Di bawah ini yang termasuk ke dalam sasaran keuangan yang ditetapkan perusahaan besar amerika Serikat, kecuali…
a.       Pertumbuhan pendapatan yang lebih cepat
b.      Pangsa pasar yang lebih besar
c.       Margin laba yang lebih luas
d.      Pengakuan sebagai perusahaan “blue chip”
1.    Salah satu kisah bisnis sukses Autralia dan dipandang sebagai tempat kerja paling menarik di Australia yaitu
a.    Lend Lease                                                c. Real Estat
b.    Sydney Opera                          d. Matrix and mission impossible

2.    CEO Lend Lease Corporation yang memhami pentingnya perencanaan manajerial dengan mendirikan salah satu proyeknya kompleks Bluewater di Kent, Inggris adalah
a.    Lee Jae Ha                                 c. Gary Oldman
b.    Greg Clarke                               d. Dustin Hoffman

3.    Proyek yang di rintis oleh dua orang eksekutif Lend Lease, Stuart Hornery dan direktur proyek khusus, Malcouim Latham adalah
a.    Tambang batu kapur             c. Bluewater
b.     Blue circle industries            d. Restoran Waralaba

4.    Lend Lease membentuk kelompok pengendali proyek yang berfungsi
a.    Menyatukan visi dsan misi  c. Inovasi produk yang dipasarkan
b.    Dinamisasi perencanaan      d. Menggabungkan kreativitas dan kehandalan

5.    Tema yang diusung oleh tim karyawan dalam membangun proyek Bluewater Lend Lease yaitu
a.   Rencana inovativ dan           c. Rencana spesifik dan oprasional
 mendobrak tradisi
b.   Rencana jangka panjang      d. Rencan stratejik dan jangka pendek

6.    Tiga sasaran yang perlu diperhatiakn dalam menjalankan suatu proyek, kecuali
a.       Meriset kebutuhan              c. Meriset Internet sebagai sumber informasi
Pelanggan
b.      Pendekatan organisasi       d. Merancang dan menuliskan modul pelatihan

7.    Menejer keuangan senior International Network Services yang berhasil menggunakan teknologi untuk meningkatka produktivitas adalah
a.       Victor Garber                          c. Daniel Borden
b.      Kim Hang Ah                           d. David Cross

8.    Direktur Layanan Klien, Corporate information Systems yang mampu menggabungkan teknologi dengan teknologi pemasaran yaitu
a.   Shane Glick                               c. Eun Si Kyoung
b.   Lena Golia                                 d. Steve`Hidy

9.    Pendekatan perencanaan suatu proyek yang didasari oleh Lend Lease Corporation Kecuali
a.     Minimilisasi anggaran         c. Pelestarian lingkungan
b.    Inovasi pembangunan          d. Kreativitas dan kehandalan

10.     Pembuatan proyek kompleks Bluewater yang dilakuakan oleh Lend Lease Corporation terletak di
a.    Sydney, Australia                    c. Munich, Jerman
b.    Kent, Inggris                             d. Instanbul, Turkey
                                                           
SOAL-SOAL BAB 8 MANAJEMEN STRATEGIK

1.        “Apa yang telah dilakukan manajer untuk mengembangkan strategi organisasi” adalah pengertian dari ...
A.      Manajemen strategik
B.       Manajemen
C.       Perencanaan manajemen
D.      Etika manajer
2.        Berikut adalah fungsi manajemen dasar, kecuali ...
A.      Perencanaan
B.       Kepemimpinan
C.       Pengorganisasian
D.      Pengambil kebijakan
3.        Yang perlu dilakukan sebuah organisasi agar memenangkan persaingan, menarik dan memuaskan pelanggan, dan menentukan pergerakan bisnisnya adalah ...
A.      Menyusun rencana anggaran
B.       Membuat bussines plan
C.      Menyusun strategi organisasi
D.      Membuat media advertising
4.        Desain bagaimana perusahaan akan menghasilkan uang adalah ...
A.      Model bisnis
B.       Blue print
C.       Master plan
D.      Strategi
5.        Pentingnya seorang manajer menguasai manajemen strategik karena hal berikut, kecuali...
A.      Membedakan seberapa baik kinerja organisasi
B.       Membantu mengooordinasikan dan memfokuskan upaya karyawan pada hal yang penting
C.       Membantu manager menghadapi keadaan yang terus berubah
D.      Mempermudah kerja manajer
6.        Strategi yang efektif akan berdampak pada ...
A.      Semangat kerja karyawan
B.       Kinerja organisasi yang tinggi
C.       Citra organisasi menjadi lebih baik
D.      Efisiensi sumberdaya
7.        Hal penting yang harus dimiliki suatu organisasi kompleks dan beragam adalah tercapainya semua tujuan pada setiap bagian kerjanya. Untuk mencapai hal tersebut maka seorang manajer organisasi harus menguasai...
A.      Manajemen strategik
B.       Manajemen aplikatif
C.       Manajemen oportunistik
D.      Manajemen edukatif
8.        Syarat untuk menentukan faktor-faktor yang dibutuhkan dalam memutuskan suatu tindakan adalah ...
A.      Masuk akal
B.       Mudah diimplementasikan
C.      Relevan
D.      Logis
9.        Hal yang membedakan kemampuan dua organisasi yang bersaing adalah ...
A.      Modal dan pangsa pasar
B.       Gagasan dan kemampuan manajerial
C.       Inovasi dan investasi
D.      Strategi dan kapabilitas kompetitif
10.    Model bisnis adalah ..
A.      Desain bagaimana perusahaan akan menghasilkan uang
B.       Rencana pengembangan perusahaan
C.       Rancangan anggaran perusahaan
D.      Desain kerja perusahaan

11.  Proses manajemen strategik terdiri dari...
a. 4 langkah           b. 5 langkah           c. 6 langkah            d. 7 langkah
12.  Di bawah ini merupakan perencanaan dalam proses manajemen strategik, kecuali...
a.       Identifikasi visi, misi, dan strategi organisasi
b.      Melakukan analisis eksternal
c.       Memformulasikan strategi
d.      Mengimplementasikan strategi
13.  Kapasitas menciptakan nilai yang utama bagi organisasi yang menentukan senjata kompetitifnya disebut...
a. Kapabilitas                                 c. Misi
b. Peluang                                      d. Kompetensi inti
14.  SWOT merupakan hasil dari...
a.       Identifikasi strategi dan analisis eksternal
b.      Analisis eksternal dan analisis internal
c.       Analisis internal dan formulasi strategi
d.      Analisis internal dan implementasi
15.  Apa yang harus dipertimbangkan manager saat proses formulasi strategi?
a. Lingkungan eksternal             c. Kekuatan eksternal
b. Lingkungan internal                  d. Kekuatan internal
16.  Keterampilan dan kemampuan organisasi dalam melakukan aktivitas kerja yang diperlukan dalam bisnis termasuk kedalam...
a.       Identifikasi visi, misi, dan strategi organisasi
b.      Analisis eksternal
c.       Analisis internal
d.      Memformulasikan strategi
17.  Langkah terakhir dalam proses managemen strategik adalah...
a. Evaluasi strategi                      c. Formulasi strategi
b. Implementasi strategi                d. Analisis internal
18.  Tiga jenis utama strategi yang diformulasikan manaejer, kecuali...
a. korporasi                                    c. kompetensi
b. bisnis                                         d. Fungsional
19.  Tidak peduli seberapa efektif sebuah organisasi merencanakan strategi merupakan...
a. Formulasi strategi                      c. Identifikasi strategi
b. Implementasi strategi              d. Analisis internal
20.  Peluang merupakan...
a. Tren positif lingkungan internal   c. Tren negatif lingkungan interanal
b. Tran positif lingkungan eksternal     d. Tren negatif lingkungan eksternal
21.  Spesifikasi yang akan dimasuki atau yang ingin dimasuki dan apa yang ingin dikerjakan oleh perusahaan dengan bisnis disebut …
a.      Strategi Korporasi
b.      Strategi Kompetitif
c.       Strategi Manajerial
d.      Strategi Fungsional
22.  Dalam jenis strategi organisasi yang bertanggung jawab dalam Strategi Korporasi adalah…
a.       Manajer tingkat bawah
b.      Manajer tingkat menengah
c.       Manajer tingkat atas
d.      Manajer tingkat ganda
23.  Tiga jenis utama dalam Strategi Korporasi adalah …
a.       Perkembangan, stabilitas, dan  pembaharuan
b.      Sustainability, pertumbuhan, dan pemrakarsa
c.       Perkembangan, pemrakarsa, fungsional
d.      Pertumbuhan, stabilitas, dan pembaharuan
24.  Strategi korporasi yang digunakan ketika sebuah organisasi ingin mengembangkan jumlah pasar yang dilayani atau produk yang ditawarkan, baik dengan bisnis yang sudah ada saat ini atau melalui bisnis baru dinamakan …
a.      Strategi pertumbuhan
b.      Strategi stabilitas
c.       Strategi perkembangan
d.      Strategi pembaharuan
25.  Strategi perusahaan dimana organisasi terus melakukan apa yang sedang dilakukan, dinamakan...
a.       Strategi pertumbuhan
b.      Strategi stabilitas
c.       Strategi perkembangan
d.      Strategi pembaharuan
26.  Dalam integrasi vertical forward, sebuah organisasi berperan menjadi...
a.       Produsen
b.      Distributor
c.       Marketing
d.      Competitor
27.  Dalam integrasi horizontal, sebuah organisasi dikatakan sebagai ...
a.       Konsumen
b.      Distributor
c.       Marketing
d.      Competitor
28.  Dua jenis utama dalam strategi pembaharuan adalah...
a.      Strategi pengurangan biaya dan Strategi pemutar balikan
b.      Strategi penambahan biaya dan strategi pemutar balikan
c.       Strategi pengurangan biaya dan Strategi tetap
d.      Strategi penambahan biaya dan Strategi tetap
29.  Sejumlah bisnis manajer yang mengelola kumpulan disebut dengan matriks...
a.       Matriks Words
b.      Matriks Fortopolio
c.       Matriks Polio bergaris
d.      Tidak ada pilihan jawaban yang benar
30.  Alat yang memandu keputusan alokasi sumberdaya berdasarkan pangsa pasar dan tingkat pertumbuhan SBU adalah...
a.       Matriks Fortopolio
b.      Matriks BGC
c.       Matriks BCG
d.      Matriks Time Organization  
31.  Strategi tentang bagaimana organisasi akan bersaing dalam bisnisnya disebut…
a.       Strategi bisnis                                            c. Strategi kompetitif
b.      Strategis koperatif                                     d. Strategi manajemen
32.  Contoh perusahaan yang telah menciptakan merek produknya paling kuat di dunia dengan menggunakan kapabilitas pemasaran dan dagang barang khusus adalah…
a.       Coca Cola                                                            c. Sugar Group
b.      Indofood                                                   d. Aqua
33.  Sistem informasi  yang memungkinkan untuk memantau dan mengendalikan persediaaan serta hubungan pemasokan lebih efisien dimiliki oleh…
a.       Ryanair                                                      c. Guerlain
b.      Wal-Mart                                                 d. Louis Vuitton
34.  Salah satu tujuan pembuatan keripik jagung pada tahun 1906 adalah, kecuali…
a.       Bergizi                                                       c. Mahal
b.      Bermutu tinggi                                          d. Enak
35.  Dalam strategi manajemen terdapat lima model kekuatan, diantaranya kecuali…
a.       Ancaman pendatang baru                         c. Ancaman pengganti
b.      Ancaman penjual                                                d. Daya tawar pembeli
36.  Ide dari strategi manajemen banyak berasal dari hasil pemikiran…
a.       Michael porter                                         c. Walt-Mart
b.      A.S.W.K. Kellogg                                                d. Ryanair
37.  Bagian terpenting dari dari pelaksanaan keunggulan kompetitif adalah…
a.       Analisis produksi                                      c. Analisis industri
b.      Analisis konsumsi                                     d. Analisi strategi
38.  Perusahaan yang bersaing dengan menawarkan produk yang unik yang dinilai secara luas oleh pelanggan mengikuti…
a.       Strategi informatif                                                c. Startegi polemik
b.      Strategi sistemik                                        d. Strategi diferensiasi
39.  Perbedaan dari sebuah produk yang baik dapat berasal dari, kecuali
a.       Kualitas tinggi                                           c. Mudah rusak
b.      Desain yang inovatif                                 d. Kapabilitas teknologi
40.  Strategi yang digunakan oleh berbagai departemen fungsional organisasi untuk mendukung strategi kompetitif adalah…
a.       Strategi fungsional                                              c. Strategi diferensiasi
b.      Strategi oraganisasi                                               d. Strategi informatif
41.  Manajer memerlukan fleksibilitas strategik.  Fleksibilitas strategik adalah...
a.       kemampuan untuk menyadari perubahan eksternal utama
b.      kemampuan untuk mengalokasikan sumber daya secara cepat
c.       menyadari kapan keputusan strategik tidak berhasil
d.      jawaban a,b, dan c benar
42.  Organisasi yang pertama kali membawa inovasi produk ke pasar atau menggunakan inovasi proses yang baru disebut...
a.      (first mover)
b.      penggerak inovasi
c.       penggerak fungsional
d.      provokator
43.  Perusahaan ESPN.com menggunakan strategi-strategi yang penting dalam mengelola industri dunia hiburan saat ini. Strategi-strategi itu adalah...
a.      e-business
b.      layanan pelanggan
c.       inovasi
d.      jawaban a, b, dan c benar
44.  Menjadi penggerak pertama (first mover) mempunyai keunggulan dan kelemahan strategi tertentu. Adapun keunggulan itu adalah seperti berikut ini kecuali...
a.       peluang untuk mulai menbangun hubungan pelanggan dan loyalitas pelanggan
b.      pengendalian terhadap sumber daya yang langka dan membuat pesaing tidak dapat mengaksesnya
c.       ketidakpastian atas arah teknologi dan pasar yang pasti
d.      reputasi menjadi inovatif dan pemimpin inovasi
45.  Strategi inovasi yang digunakan oleh sebuah organisasi harus mencerminkan filosofi inovasi organisasi tersebut, yang dibentuk oleh dua keputusan strategik yaitu...
a.       penekanan inovasi dan pengembangan proses
b.      penekanan inovasi dan penetapan waktu inovasi
c.       penetapan waktu inovasi dan pengembangan proses
d.      penetapan waktu inovasi dan inovasi proses baru
46.  Keterampilan yang diperlukan oleh pemimpin strategis yang baik adalah sebagai berikut kecuali...
a.       pengetahuan tentang pasar yang dilayani perusahaan
b.      pengetahuan tentang persaingan
c.       memahamni isu yang dialami pelanggan
d.      pengetahuan tentang kondisi pasar secara sebagian
47.  Mengetahui apa yang terjadi dengan strategi yang digunakan saat ini melalui pemantauan dan pengukuran hasil adalah salah satu saran dari pengembangan...
a.       keputusan strategik
b.      strategi fungsional
c.       fleksibilitas strategik
d.      strategi inovasi
48.  Singapore Airlines dikenal dengan perlakuan istimewa kepada para penumpangnya. Perlakuan isimewa ini adalah strategi...
a.      layanan pelanggan
b.      inovasi
c.       e-business
d.      fungsional
49.  Perusahaan memberikan apa yang diinginkan pelanggan, berkomunikasi secara efektif dengan pelanggan, dan memberikan pelatihan layanan pelanggan kepada karyawannya merupakan strategi...
a.       inovasi
b.      layanan pelanggan
c.       e-business
d.      fungsional
50.  Di Amerika Serikat, Walgreen’s menetapkan situs online untuk memesan resep, tetapi sekitar 90%  pelanggannya yang melakukan pesanan di Web lebih suka mengambil resepnya di toko terdekat dibandingkan meminta resepnya itu dikirim ke rumahnya.  Ini  merupakan salah salah contoh perusahaan yang menggunakan strategi... yang merupakan bagian penting dari strategi e-business.
a.      clicks-and-bricks
b.      layanan pelanggan
c.       inovasi
d.      fleksibel

Tidak ada komentar:

Posting Komentar